Senyum Dong :)

http://1.bp.blogspot.com/-zG_VFaB8km8/T75JFtPGwhI/AAAAAAAAAQY/3NHXnSsocD4/s320/smile.jpg 
Saya suka lupa bagaimana caranya tersenyum yang baik dan benar, tapi itu gak membuat saya berhenti tersenyum, kadang mendapat kesan cengengesan tapi itu cara saya untuk menghindar dari banyak situasi yang tidak saya inginkan :)

Saya tahu manfaat senyum kok, kalau Anda belum tahu ini saya list beberapa:
1. Tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2. Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah
3. Tersenyum bisa mengusir stres
4. Tersenyum bisa membuat awet muda
5. Tersenyum adalah obat alami penyembuh sakit
7. Tersenyum dapat menghasilkan lebih banyak teman
8. Tersenyum membuat Anda lebih siap menghadapi masalah
9. Tersenyumlah karena Anda melewati nomor 6
 

Sedikit sekali orang yang hidup tanpa masalah, kebanyakan tentu mempunyai masalah, relatif sih kalau membahas masalah mana yang berat dan ringan. Intinya saat hati sedang galau menghadapi sebuah masalah yang seakan buntu dan tidak ada jalan keluarnya emosi negatif seperti marah dan stres secara alami akan muncul. Dada serasa sesak dan jantung berdebar lebih cepat. Dari pikiran yang kalut mempengaruhi fisiologi, mata memerah, tempratur tubuh naik. Tanduk mulai keluar dikepala :D

Dalam keadaan seperti ini dijamin kita akan lupa tersenyum. Padahal dengan senyum kita dapat sedikit lebih rileks, membiarkan imaji menggali jalan keluar yang mungkin terpendam dalam alam bawah sadar. Buat yang muslim coba deh istirahat sebentar lalu mengambil air wudhu untuk menenangkan emosi, jika kita sedang berdiri cobalah duduk, jika sedang duduk cobalah berbaring sejenak.  Jika sedang berbaring? cobalah bangun dan lihat sekeliling barangkali ada yang dapat membuat kita sedikit rileks.

Kalau Saya memang agak cepat emosi, karenanya saya tidak suka memasang poster, menyimpan barang-barang yang emosional, wallpaper anak kecil tersenyum cukup ampuh buat meredam emosi. Saya juga suka mendengarkan lagu-lagu melankolis semacam alunan suara Emi Fujita atau instrumentalnya Kitaro.

Kalau dulu masih muda lebih ekspresif dalam melampiaskan emosi dengan berolahraga sampai capek atau lainnya kegiatan yang mengandalkan fisik, saat ini sudah sulit :D lebih baik meredam dan mengalirkannya saat sudah agak tenang.

Senyum bisa jadi proses bisa juga akhir. Kalau sedang suntuk, gitar dan teh manis bisa menjadi teman yang enak, intinya sih mengalihkan fokus pikiran sejenak dari masalah, dipikirkan terus menerus juga hanya menambah kram otak, mumet dan bikin wajah kusut :D

Saat stres biasanya saya merasakan telapak kaki agak dingin, bagian ulu hati tegang hingga sakit, kalo kata saya sih itu semua efek dari cara berfikir yang tidak sehat, kalau kita sudah memiliki metode penyelesaian masalah saya rasa itu semua bisa diatasi, secara natural setiap manusia mengembangkan metodenya sendiri dalam berhadapan dengan stres, tapi soal senyum saya yakin semua manusia sama saja, universal sifatnya.

Abdullah bin Al-Harist Radliyallahu’anhu menuturkan, yang artinya,”Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam “. (Riwayat At-Tirmidzi)

Hadis di atas cuma mau mengingatkan diri sendiri kok, bahwa senyum adalah hal yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW. Minimal mau mengikuti seringnya beliau tersenyum :)

Oh iya, ini baru ngelantur soal senyum, ada yang pernah dengar 3s: Senyum, Salam, Sapa.
Nah next kalau mood bagus saya mau ngemeng soal salam dan sapa :)


Salam

Klik untuk komentar