Bukber 2014

Anak jalanan... kalau kata Wikipedia "anak jalanan atau anjal adalah sebuah istilah umum yang mengacu pada anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan, namun masih memiliki hubungan dengan keluarganya. Tapi hingga kini belum ada pengertian anak jalanan yang dapat dijadikan acuan bagi semua pihak".

"Kegiatan ekonomi di jalanan" ini sepertinya termasuk mengamen, parking, mengemis, lap kaca mobil, pengatur lalu lintas non formal, polisi cepek/pak ogah dlsb. Beberapa kegiatan ekonomi tadi banyak dilakukan anak-anak dan sudah dianggap normal, jika dilakukan oleh orang dewasa mungkin akan mengundang rasa tidak aman untuk pengguna jalan :) *ngaku ajadeh*

Singkat cerita saat berbuka puasa bersama di rumah saya tanggal 6 Juli kemarin saya menyaksikan adik-adik KABASA memainkan 3 buah lagu rohani karya mereka. Seminggu kemudian, tanggal 12 Juli saya datangi markas adik-adik Kabasa di Kampung Mede Jl. KH Mas Mansyur no 123 Bekasi Timur dan berbuka puasa bersama dengan komunitas Earth Hour Bekasi, Komunitas Sahabat Anak dll yang kebetulan ada agenda bukber di sana.

buka puasa bersama KABASA Earth Hour Sahabat Anak Bekasi
Kontrakan 2 tingkat masing-masing 4 kamar dengan ruang terbuka yang ditumbuhi beberapa pohon rambutan ini menjadi tempat mereka, aslinya gedung ini adalah rumah kontrakan, sayang tidak ada penghuni yang betah karena keangkeran rumah itu. saya sendiri sepertinya lebih baik begadang di pinggir jalan daripada harus bermalam di markas ini :D *soal yang satu ini gue nyerah*

Malam itu Bang Komar memberi saya kesempatan untuk share, khususnya karena saya juga mantan pengamen jalanan yang alhamdulillah saat ini sudah mandiri. Pada kesempatan itu gak banyak yang saya ceritakan, intinya yah semua akan berpulang pada karakter masing-masing, seorang anak jalanan bukanlah orang dengan karakter lembek dan cengeng, mereka mandiri, adaptif, tahan banting (ulet) dan rajin. Dengan modal itu Insya Allah semua masalah kehidupan dapat diselesaikan.

buka puasa bersama KABASA Earth Hour Sahabat Anak Bekasi

Terlepas dari apa yang sudah saya share, adik-adik KABASA ini rentang umurnya cukup beragam, mulai SD hingga sudah ada yang tamatan SMA dan akan melanjutkan kuliahnya (insya Allah). Dari anak-anak, Remaja hingga menjelang dewasa, sebuah komunitas yang sudah menjadi keluarga besar.

buka puasa bersama KABASA Earth Hour Sahabat Anak Bekasi
Setelah temen-temen Earth Hour Bekasi, Sahabat Anak dll bubar saya dan Bang Komar masih tetap tinggal sambil menunggu gerimis reda. Kita ngobrol segala macam hingga kegiatan mereka sehari-hari selain sekolah. Saat ini mereka sudah tidak lagi turun ke jalan, saat ini kegiatan mereka fokus pada pendidikan, sesekali bermain musik dalam acara-acara/event.

Besok 19 Juli 2014 saya akan ajak adik-adik KABASA untuk mengisi acara bukber Alumni SMP 243 Cipinang Jaya, semoga dengan kegiatan mengisi acara dan event dapat menutupi kebutuhan finansial mereka dengan hasil karya mereka. 

Tanggal 20 akan dipertemukan dengan anak-anak Sekolah Alam Anak Soleh Tarumajaya, semoga dari pertemuan ini dapat tercetus ide untuk saling mengisi life skill (soft competence dan hard competence) khususnya program unggulan Fertigasi melon yang akan dipanen.

Habis lebaran sepertinya akan banyak kegiatan untuk adik-adik KABASA, lets see :)

NB: Jika ada santunan, baju layak pakai, peralatan sekolah dll untuk adik-adik KABASA bisa mention di twitter @virgi_anty dan @komarbekasi
_________________________
Itu dulu yah cuy, mau bukber sama teman-teman Alumni SMAN 54 Rawabunga di Tebet :)

Klik untuk komentar