tentang si sexy berdawai 6

\


Sejak SMP saya sudah jatuh hati sama si body sexy berdawai 6, chord gitar pertama yang saya tahu saat kelas 3 SMP adalah chord D, saya menyebutnya kunci D, ini karena lagu yang sedang ngetrend saat itu Sweet Child O Mine dari Guns N Roses diawali dengan chord gitar D.

Lagu pertama saya belajar gitar adalah lagunya Iklim yang berjudul Suci Dalam Debu, itu saja diulang-ulang sampai benar-benar menguasai chord Am, Dm, G, C, Em.

Saat SMA belum terlalu bisa memainkan gitar, tapi sudah ikut audisi pensi sekolah (pentas seni) tapi akhirnya grup band kelas gak diluluskan guru kesenian karena saat itu kami mencoba membawakan lagunya Misfits yang dibawakan oleh Metallica berjudul Last Cares, saya kebagian memegang Bass (saat itu baru pertama kali memegang gitar bass).

Gitar selanjutnya menjadi semakin akrab dan menjadi alasan dimana saya memutuskan menghabiskan waktu, saya lebih suka ngumpul sama teman-teman yang setidaknya ada 1 gitar, begadang tidak klop kalau tidak ada gitar.

Ikut band anak Diskum bawakan lagu-lagunya The Sex Pistols, dari gak ngerti sampe suka, mulai suka lagu-lagu punk, rock n roll sampai metal.

Gitar menjadi alat pergaulan, saya akrab dan kenal beberapa teman salah satu sebabnya adalah karena gitar.

Bermain gitar awalnya tampak seperti sulit, ganti lagu ganti chord, harus menghafal banyak kombinasi chord tergantung lagunya. Padahal pas sudah bisa main gitar tidak seperti itu, awalnya iya kita bermain gitar berdasarkan hafalan chord, namun setelah sudah bisa, bermain gitar  itu seperti mengendarai sepeda motor, kecepatan ini oper persneling gigi ini, tanjakan turun gigi, jalanan menurun, kapan mainkan kopling, jalanan rusak, kita tahu mana yang lebih pas, seperti juga bermain gitar, turun naik nada dan ketukan seakan sudah menyatu dan hanya tinggal di kombinasikan agar lagu berjalan mulus :)


Yang saya lihat sekarang untuk belajar bermain gitar sudah sangat mudah, teori banyak berserak di web, video tutorial tinggal search youtube dan layanan web video lainnya. Tinggal kemauan dan minat. Soal bakat jelas menentukan, namun kalau sedang belajar gitar lebih penting usahanya, semakin sering main gitar kita akan semakin tahu dan semakin berkembang. Saya rasa saya tidak berbakat bermain gitar, hanya suka, itu yang membuat saya kadang terkendala dengan lagu-lagu yang saya sukai tapi tidak bisa memainkannya dengan gitar. Yah ada lagu yg cukup hanya sekadar dinikmati saja hehehe *pasrah* 

Gitar juga yang mensubsidi hidup saya tahun 1997 - 2000 saat kuliah. Iseng mengisi band di kafe teman, ngamen di Pantai Losari sampai ke Pasar Senggol Pare-pare. Gak pernah bermimpi sekarang sedang duduk disebuah ruangan, bekerja dengan tenang tanpa perlu panas-panasan :)

sudah ah curhatnya.



Klik untuk komentar