Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi

Tulisan ini ingin ikut meramaikan acara 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ke-dua. :)
Temanya? Local Flavour. Lets rock!

Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi
Hidangan Gabus Pucung

Secara lahir dan besar di daerah Bekasi Utara, salah satu makanan khas yang terkenal di wilayah ini antara lain: Gabus Pucung. Gabus di sini maksudnya adalah Ikan Gabus yang kalo temen di Kalimantan sebut dengan Ikan Haruan. Dalam bahasa Inggris ikan gabus disebut sebaghai Snakehead (mungkin karena bentuk kepalanya yang seperti ular). Nih foto bugilnya:
Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi



Di Bekasi Utara sendiri ada nama tempat atau daerah bernama Gabus, tentu hampir gak ada kaitannya dengan yang akan saya bahas kecuali kesamaan nama saja :)

Setahu saya masyarakat sekitar tempat saya tinggal memiliki istilah beragam untuk ikan air tawar ini, kalau anak ikan gabus yang masih merah/oranye dan bergerombol itu namanya anak bayong ada juga yang menyebut Ciritan, agak besar sedikit disebut anak uceng atau ucengan, lebih besar sedikit lagi namanya jadi ikan boncel, boncelan, kocolan, setelah sebesar lengan orang dewasa barulah disebut ikan gabus.

Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi
Anak bayong (anak ikan gabus)
Jika menemukan gerombolan anak bayong ini, induk mereka berada tidak jauh disekitar situ, beri gangguan sedikit pada gerombolan anak-anak ikan ini tidak lama induknya akan muncul dipermukaan untuk melindungi anaknya dan siap menyerang sipengganggu.

Pucung, ada juga yang menyebutnya Kluwak, Kluwek, Kaloa, Picung, Kepayang, Kepahiang dlsb, yang pasti penampakannya seperti di bawah ini:

Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi

Kluwak ini sendiri juga umum dipakai dalam makanan seperti Rawon, Sop Konro dlsb.

Nah soal Gabus Pucung ini ada versi cerita bahwa konon Sayur Gabus Pucung ini versi hemat dari Rawon, konon katanya juga ceritanya warga betawi saat itu gak mampu membeli daging untuk di olah menjadi sayur rawon, karena banyak ikan gabus maka sebagai pengganti daging digunakanlah ikan gabus... ini cerita versi konon yah, gak tau bener atau gak. :)

Kalo dari segi sosial budaya, menu Gabus Pucung ini katanya sih dulu menu yang wajib ada untuk  tradisi  "Nyorog" saat silaturahmi sebelum memasuki bulan Ramadhan atau kumpul keluarga bermaaf-maafan sebelum melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kalau dari segi rasa, karena kluwek dominan akan ada rasa mirip rawon, namun karena agak asin gurih jadi inget Pallu Ce'la ala makassar. Mungkin gak salah jika ada yang memberi gambaran rasa sayur Gabus Pucung ini semacam perpaduan antara rawon dan ikan masak asin :D

Istilah sayur gabus pucung juga agak rancu, soalnya pada masakan gabus pucung ini tidak ada sayur, yah hanya masakan ikan gabus berkuah hitam pekat dengan aroma yang menggoda *ngiler*

Sementara belum dapat foto asli hasil jepretan sendiri, ini foto masakan Gabus Pucung yang sudah langka, saya hanya tau 1 warung makan gabus pucung yaitu dekat saluran Banjir Kanal Timur perumahan Harapan Indah Bekasi. Nanti sengaja kesana untuk mengambil gambarnya :)
Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi Betawi
Gambar dari Kompasiana

selamat berburu gabus pucung Bekasi *lap iler*

16 komentar

avatar

deh ikan gabus... :D
keknya saya kurang cocok sama ikan ini, rasanya ndak kayak ikan laut
hihihi

avatar

nanti kalau dihidangkan saya ndak kasih tauki ;p, ikan jilo (gabus) memang gak terlalu jadi favorit di Makassar, malah seperti dihindari :D

avatar

Rawon Ikan Gabus. Jadi penasaran mau memakannya.

avatar

lah, saya jg mo bikin postingan ttg ikan gabus tapi buat pempek sih :D

ikan gabus nya aja yg sama yah hehehe

avatar

selamat hunting yah, soalnya makanan ini sudah jarang yang jual :)

avatar

asiiik mana2 mau nyobain pempek gabus :)

avatar

Aih ngiler. Kalo bolu dibikin begini enak ndak di ....

avatar

Ikan Haruan... ikan khas indonesia ya :-)

avatar

bolu? ikan bandeng? hehehehe beda rasa jadinya, bolu dagingnya terlalu empuk

avatar

gak juga sih, di luar negeri juga banyak :) ikan air tawar

avatar

Hallo, Om Bisot
Salam kenal :)
Akhirnya sampai juga di blognya

Itu gak hanyir ya, Om? Ikan dimasak seperti itu? Jadi penasaran. Selain di Bekasi ada lagi di mana? Kalau hanya ada di Bekasi, nanti saya susulin ke Bekasi terus Om Bisot tratir boleh? :D

avatar

:) salam kenal juga hehehehe. ada yg digoreng dulu ikannya sebelum dimasak, 2 kali proses dgn berbagai bumbu. *kayak ngerti aja, padahal nyontek di buku resep*

avatar

ikan gabus itu berprotein tinggi :)
tapi hanya ada di daerah tertentu >.<
di jatim jarang saya temui, kebanyakan di jabar yaaa

avatar

iya tinggi kandungan albumin yah kak? katanya juga sih hehehe. di jatim mungkin populasinya yang sedikit aja kali, ikan begini kayaknya dimana-mana ada.

avatar

jadi penasaran sama rasanya, tapi isha gak suka ikan ;p

avatar

yah repot kalo begitu hehehehe

Klik untuk komentar