Check-in dengan Google Maps 5.1 for Android

keluarga besar Media sosial berdasarkan tempat atau location based social media atau yang sering disebut sebagai aplikasi check in akan bertambah lagi, yup google latitude sekarang menyediakan menu check in layaknya facebook, foursquare, koprol, gowalla dan saudara-saudaranya.

Mungkin bukan berita hebat karena sudah banyak aplikasi social media yang menyediakan menu untuk memberitahukan posisi kita kepada teman, sekarang pengguna Google map dan Google latitude juga dapat melakukan check in sebagaimana aplikasi location based lainnya. Awalnya untuk aplikasi google map cukup menggunakan menu "my location" maka google latitude akan otomatis menandai lokasi terakhir kita dan akan di share secara private kepada teman-teman.

Untuk mendapatkan fasilitas check-in ini, silahkan upgrade Google Maps di handheld Android anda ke Google Maps versi: 5.1. *Saat postingan ini di buat google maps yang ada di android market masih versi 5.0, mohon di check di market apakah Google Maps ver 5.1 sudah tersedia? :) Jika belum coba install MarketEnabler dan fake provider dengan menggunakan negara lain (favorit saya pakai T-Mobile US) jika sudah maka Google Maps 5.1 pasti akan muncul dan siap di install, jika tidak mau repot, silahkan Download Google Maps ver 5.1 di SINI.


Screen capture Google maps 5.1 for android:



Ada menu apa saja di Google Maps 5.1 terkait fasilitas chek in di aplikasi google latitude?

  • Notifikasi: aktifkan "check-in notifications" di pengaturan Latitude dan dapatkan notifikasi untuk check-in di lokasi yang terdeteksi di sekitar anda berada.
  • Chek-in Otomatis (Automatic check-ins): aktifkan saja menu Automatic check-ins pada tempat-tempat tertentu, jadi tidak perlu repot untuk check-in secara manual melalui handphone, so menu ini akan membuat kita dapat tetap ngobrol dengan teman atau melakukan aktifitas kita.
  • Check out otomatis: Saat google latitude mendeteksi kita telah meninggalkan tempat tersebut, maka secara otomatis aplikasi ini akan melakukan chek-out, jadi teman akan tahu bahwa kita tidak di tempat itu lagi.


Berikut Video resmi ttg aplikasi ini dari Google mobile:

Fasilitas ini sepenuhnya opsional, tidak wajib dan bisa digunakan jika kita inginkan, jika tidak, tentunya tetap saja saya sarankan untuk mengupgrade google maps ke versi selanjutnya jika memang ada.

Salam

Sumber: Softpedia

Artikel ini memiliki 5 Komentar

  1. keren tulisannya brad.
    btw maps gw kok dah 5.1 yah.. :xixixi..

    BalasHapus
  2. @ W.jack: waduh, bagi2 tipsnya dong, saya masih 5.0 nih

    BalasHapus
  3. sudah dapat gan, nih saya upload di sini: http://www.4shared.com/file/wd0wZpO1/GoogleMaps51apk.html

    BalasHapus
  4. Makasih Gan atas infona, baru tau nih ada GOOGLE LATITUDE, segera meluncur ke Mbah Guugle.:)

    Salam super - www.lukisanminimalismurah.com ,

    BalasHapus
  5. @ Lukisan Abstrak: siiip lanjuut bro, pling nak kalo pake android.

    BalasHapus