Benarkah? You tell me

QUOTE:

BERDASARKAN penelitian arkeologis, bangsa Indonesia "kecuali sebagian besar bagian timur" adalah termasuk rumpun Melayu sebagaimana penduduk Asia Tenggara lainnya yaitu Filipina, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Laos, Thai dan Myanmar (dulu Burma). Adapun bagian timur Indonesia termasuk rumpun Melanesia atau ras Pasifik.

Rumpun adalah keluarga bangsa atau bentuk kumpulan beberapa bangsa. Rumpun Melayu berasal dari wilayah yang kini masuk Provinsi Yunnan, bagian selatan Republik Rakyat Cina. Dalam istilah lama dikenal pula dengan nama "India Belakang". Mereka mulai tersebar ke seantero Asia Tenggara sekitar 3000-2000 tahun sebelum Masehi karena didesak oleh rumpun lain yaitu Mongoloid.

Rumpun Mongoloid mencakup beberapa bangsa yang kita kenal dengan Cina, Korea, Jepang, Tibet, Manchu dan Mongolia. Suku-suku dari Rumpun Melayu yang menjadi cikal bakal bangsa Indonesia pindah ke gugusan pulau yang tersebar luas di selatan daratan Asia Tenggara, yaitu Nusantara. Diperkirakan mereka pindah karena konflik intern serumpun atau langsung setelah terdesak oleh Rumpun Mongoloid. Dengan demikian mungkin dapat dinilai bahwa bangsa Indonesia dasarnya adalah bangsa pecundang. Jarang menang jika ada pertarungan atau persaingan dengan bangsa lain karena moyangnya demikian.

Perpindahan massal tersebut dikelompokkan dengan istilah Melayu Tua. Maka, citra bangsa ini sebagai pelaut atau minimal keturunan pelaut agaknya perlu ditinjau ulang "termasuk kalimat lagu Nenek Moyangku Orang Pelaut" karena mereka mengarungi lautan bukan karena jiwa pelaut tetapi terusir dari kampung halamannya di benua Asia dan berlayar ke gugusan Nusantara.

Copypaste dari sini

-------------

Ada komentar mengenai penggalan artikel di atas???
Bisot baru mau komentar senin nanti ah. Dagh malem sih... mau bobo dulu wkkkk


salam



  Komentar: 7 
  maryo   Kamis, 10 January 2008 @ 07:53 WIB  
met bobo mas bisot!!! mimpi indah menemani malammu
  bisot   Minggu, 13 January 2008 @ 03:00 WIB
tanggung jg. mau tidur dah mau subuh. hikz
 
 
  yulianbjm   Kamis, 10 January 2008 @ 09:29 WIB   
ih...masa sih...?kalo gitu kita adlah bangsa yang terusir donk...?
orang-orang kalah atau orang sisa-sisa sih kalo kata iwan fals mah.... heeemmmmm
yakin neh.....
 
  emak_quecantik   Kamis, 10 January 2008 @ 12:47 WIB   
absen ... hadirrrr.
 
  herdiboy2   Kamis, 10 January 2008 @ 20:53 WIB   
koq sedih bener bacanya.. masa iya sih nenek moyang kita kayak gitu ?
 
  sarojini   Jumat, 11 January 2008 @ 13:15 WIB   
wah baru tahu juga nih..trus..trus gimana? jadi ga sabar nih to be continuednya..
 
  mynameisfly   Jumat, 11 January 2008 @ 15:03 WIB  
jadi, keknya melayu ma mongoloid berasal dari daerah tiongkok gitu jg bukan?
 
  khoiri_se   Jumat, 11 January 2008 @ 16:46 WIB  
wah...pengetahuan baru nih...
bos...kalo boleh aku minta tag css blog kamu bos...
buat belajar css nih...[:d]
  bisot   Sabtu, 12 January 2008 @ 11:36 WIB
ambil aja. saya jg hasil memulung disana sini kok.
  bisot   Minggu, 13 January 2008 @ 03:02 WIB
lha saya khan nanya mas. kok ditanya balik. wkkk
 

Klik untuk komentar