"5W + 1H" thing

Monday!!!, Senin brur n ses, ngapain negh senen gini, mending ngeblog aja lg.
Btw karena kegiatan blogging masih sodara deket sama kegiatan jurnalistik lainnya, maka bisot iseng2 membahas tentang kaidah baku jurnalistik yang dikenal dengan rumus 5W+H, yaitu What, Who, Where, Why, When dan How. Susunannya bisot gak hapal, pokoknya kurang lebih unsur2 itu kudu ada dalam dunia persilatan perjurnalistikan. (bahasanya ribet amat yah?)

Ok here we go.

What???
Itu yang seharusnya menjadi awal dari sebuah tulisan. Termasuk menulis atau posting di blog. So, bisot jawab dengan "Whatever!".
Kenapa "Whatever!", karena bisot menulis yah suka2nya aja.
Dari mulai tema, gaya bahasa, prolog, epilog, pilihan kata, sampai ending dan penyelesaiannya (itupun kalau semua unsur itu kebetulan ada) semua bermuara pada "Whatever!" tergantung mood, kesempatan, suasana batin yang ada.
What ini sebetulnya penting nih, ini menyangkut, apa isi, tema, topik yang kita bicarakan. Kalo isinya dumelan, yah dumelan itu bagusnya sih bisa memberi manfaat juga buat orang lain... (idealnya sih gitu wkkk).



Who???
Jawabnya "Whoever!" atau "Who else?" kalo lg "Whoever" yang maju, bisot nulis siapa aja yang kebetulan terlintas dikepala bisot, kalo "Whoelse" yang muncul, yah siapa lagi yg dibicarakan bisot kalo bukan dirinya sendiri. Namanya aja blog pribadi, masak mau ngomongin tetangga sih???



Where???
Betuuullll jawabnya "Where ever!" kejadiannya bisa dimana saja, bisa aja bener2 ada, fiktif, hayalan, terserah... mangkanya bikin blog dunk biar jago mengarang, jangan cuma jago mengarang alasan aja wkkkk.

When???
Pinteeeerrr jawabnya "Whenever!".
Bisot bisa menulis tentang kejadian kapan saja, baik yang sudah terjadi ataupun belum. (kalau mau! wkkkk emangnya mama lauren???)

Why???
Wkkkk kagak ada tuh "Why ever!!" wkkkk sudah ketularan jago ngarang nih.
Kalo ditanya "Why?" atau kenapa, pasti jawabnya becoz atau karena dung!, atau mau ngutip Tag nya Bang Enda, "You say why, I say Why not", terserah.

How???
Masih nanya "How?"... cape deeeghhh!!!
Dagh bikin blog biar tahu rasanya punya blog, dan kalo sudah punya yah diisi tuh blog jangan dibiarin rumput pada tumbuh dan karatan, dari pada jadi jerawat, mendingan ditumpahin dagh di blog. Mau yang baca muntah-muntah atau kena diare, itu urusan lain, dagh ada dokternya tuh. Buat para pemula dan amatiran kayak kita sih cukup pake niat Bismillah atau ajian Satu guru satu ilmu jangan ganggu.

--------------

Brur n Ses.... Baca2 ini dulu nih, buat merefresh otak.... tentang blog.

Nge BLOG itu untuk siapa?.

BLOG Sudimampir.

Beberapa Tips tentang isi BLOG..

--------


Happy Blogging!!!

Salam











  Komentar: 4

nandar_faiz   Senin, 7 January 2008 @ 09:19 WIB   
5w,1h, bukan saja untuk jurnalis aja, tapi dalam hal pemecahan masalah juga dibutuhkan itu,
artinya apa masalahnya,siapa yang bertanggung jawab,kapan waktunya,dimana,dan bagaimana caranya.pokonya begitulah kira-kiranya
mhimi   Senin, 7 January 2008 @ 09:25 WIB  
5w+1h pernah aku dapet pada saat ikut diklat broadcasting...!

tapi untuk nerapin itu secara sistematis dalam penulisan blog jujur aku rada kewalahan, berasa kaku dalam penyampaian...alhasil ilustrasi posting-posting aku, "seenak gue" wakkkkk...

sastrawiguna   Senin, 7 January 2008 @ 09:36 WIB   
5w+1h....
didapet kalao lagi ber "gkm" ria (gugus kendali mutu)..
btw,...jadi refreash negh.
tengkuy bro....

chot thea   Senin, 7 January 2008 @ 13:05 WIB 
seepp...
dapat kuliahan dari om dosen bisot

faham..faham..pak..!!!

2 komentar

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Klik untuk komentar