Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)

Review Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022) balas dendam Kyo Kai untuk Kyou Shou yang tewas dalam ritual seleksi gelar Shiyu
Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)

Sebelum nonton film Kingdom II: Harukanaru Daichi e atau To the Distant Land, saya sarankan nonton sekuel fim sebelumnya agar bisa memahami jalan cerita dan menikmati keseruannya. Film ini lanjutan dari film Kingdom I / Kingudamu yang sudah saya ceritakan sebelumnya di Review Film Kingudamu / Kingdom (2019). <--- Klik aja kalau mau baca reviewnya.

Film Kingdom 2 ini berkisah tentang sekelompok pemuda desa yang ikut berperang bersama pasukan Negara Qin yang diserang Negara Wei.

Flashback sebentar, setelah berhasil menggagalkan pemberontakan adiknya, Pangeran Ei Sei, yang dalam film kedua ini sudah naik takhta mulai menyusun strategi untuk melancarkan impiannya menyatukan Tiongkok.

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)

Ryo Fui Musuh Dalam Selimut

Film dibuka dengan adegan percobaan pembunuhan kepada Pangeran Ei Sei di istana kerajaan pada suatu malam. Percobaan pembunuhan berhasil digagalkan karena Shin dan Ka Ryo Ten yang datang tepat pada waktunya dan berhasil menyelamatkan  Pangeran Ei Sei. 

Kejadian itu jelas menunjukkan bahwa masih ada pihak dalam istana yang menginginkan kematian Ei Sei. Diduga yang mengirim pembunuh itu adalah Kanselir Ryo Fui / Lu Buwei, namun karena kekuatan politiknya, ia tidak bisa disentuh begitu saja. 

Dalam film ini, Kanselir Ryo Fui / Lu Buwei menjadi tokoh antagonis, ia menjadi musuh dalam selimut negara Qin. Dalam film lain yang pernah saya tonton, Ryo Fui / Lu Buwei justru menjadi guru dan salah satu pemikir yang berhasil memuluskan langkah Qin mempersatukan Tiongkok melalui visi kesaudagarannya. 

Ryo Fui / Lu Buwei sebelum menjadi politikus adalah seorang saudagar kaya, atau pebisnis sukses antar negara. Jadi jangan terlalu saklek menilai tokoh cerita, menjadi pahlawan atau pengkhianat itu tergantung siapa penulis skenario filmnya :) 

Sebelum kematian para pembunuh, salah satu dari mereka sempat mengatakan,"Seandainya Shiyuu yang datang, kalian semua akan mati." Shiyuu atau Chi You adalah seorang pembunuh yang sangat ditakuti,  dikisahkan 1 orang Shiyuu pernah membantai 1 desa. Ei Sei juga menyebutkan bahwa Shiyuu berasal dari "Klan Kesedihan"

Film Kingdom 2 ini juga akan mengungkap mengenai Kyou Kai (Seino Nana) yang berasal dari klan yang sama dengan Shiyuu. Jadi mengenai apa itu Shiyuu dari Klan Kesedihan, atau dari mana Kyou Kai/Qiang Lei berasal akan banyak diungkap dalam sekuel film kedua ini.

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)
 Kyou Kai bersama kakaknya Kyou Shou (Shou Nee) 

Kyou Kai baru berumur 13 tahun saat meninggalkan perkampungan rahasia yang tersembunyi dalam pegunungan. Ia meninggalkan klan hanya dengan satu tujuan hidup, membalaskan dendam kakaknya Kyou Shou / Shou Nee yang tewas dalam ritual seleksi penobatan gelar Shiyuu

Kyou Kai secara emosional yakin bahwa kakaknya lah yang pantas mendapatkan gelar Shiyuu dan boleh meninggalkan perkampungan. Ia yakin kakaknya dikalahkan oleh Yuu Ren (Shiyuu) dengan kecurangan sehingga ia bertekad ke negara Wei di mana Shiyuu berada hanya dengan 1 tujuan, membunuh Shiyuu membalas dendam untuk kakaknya. 

Dalam perjalanannya ke negara Wei itulah ia bertemu dengan Shin, Bi Hei dan Bi Tou (kakak beradik yang sekampung dengan Shin), serta Taku Kei yang menjadi ketua tim "GO" yang beranggotakan lima orang infantri. 

Mereka berlima masuk dalam pasukan infanteri Ke-4 yang akan segera berperang melawan pasukan negara Wei di dataran Dakan.

Kyou Kai menyebut namanya setelah didesak Taku Kei, ia langsung mengaku tidak suka berbicara yang membuat tim kesal. Dengan perawakannya yang paling kecil di antara mereka awalnya diabaikan, sampai ia menunjukkan keahlian berpikir dan kemampuannya memainkan pedang yang luar biasa membuat Shin mempercayakan keselamatan anggota yang lain kepadanya. 

Kyou Kai bukan tokoh asing bagi para penggemar komik dan anime Kingdom, ia adalah orang kedua setelah Shin dalam pasukan Hi Shin Unit (HSU) kemunculannya dalam sekuel kedua sudah diprediksi dan tentu saja berharap dapat menyaksikan adegan live action Kyou Kai saat memperagakan "Tariannya" sambil mengucapkan mantra dan menggumamkan "Ton, tan-tan". 

Adegan Kyou Kai "menari" dengan pedangnya dikemas dengan baik tanpa efek-efek yang "terlalu hollywood". 

Adegan Kyou Kai menari Ton tan-tan saat membantu Shin melawan pasukan Negara Wei yang memburu mereka itu saya tonton dengan kualitas maksimal agar bisa lebih detail melihat koreografinya, karena saya biasa menurunkan kualitas gambar agar tidak putus-putus saat nonton online, maklum kualitas jaringan internet saya pas-pasan hehehe. Walau tidak sesadis di komik dan anime, versi film tarian Kyou Kay masih bisa dinikmati.

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)


Strategi VS Insting

Serangan dari Negara wei dipimpin oleh Go Kei, jenderal besar Wei yang jenius di bidang strategi militer, dia memanfaatkan kekuatan kereta kuda Wei yang kuat untuk menyapu bersih prajurit infrantri Qin di garis depan medan perang dataran Dakan. 

Di sisi Negara Qin dipimpin oleh Duke Hyou, salah seorang jenderal Qin yang lebih mengandalkan insting dalam memutuskan arah peperangan. Mendapatkan laporan kekalahan pasukan infantri yang bertubi-tubi dia belum mau memerintahkan pasukan kavaleri untuk menyerang atau membantu pasukan infanteri, ia menunggu "percikan api" untuk memulai serangan balasan kepada pasukan Negara Wei.

Infanteri Ke-1 hingga ke-3 telah terkalahkan, komandan pasukan merekomendasikan pasukan untuk mundur, namun Duke Hyou tidak mau mundur dan juga tidak mau menyerang, ia masih menunggu munculnya "percikan api" yang bisa mengubah jalannya pertempuran.

Keberhasilan kereta perang berkuda Negara Wei mengalahkan pasukan infanteri Negara Qin akhirnya berhenti saat menghadapi unit Shin dan kawan-kawan. 

Melawan rintangan yang luar biasa, Shin bertarung sendirian dengan ilmu pedangnya yang diasah, sementara rekan-rekannya dan yang lainnya berhasil bertahan dengan kecerdikan mereka sendiri. 

Setelah berhasil mematahkan serangan pasukan kereta perang berkuda Negara Wei, karena sudah malam mereka bersembunyi di hutan, dan terus menghindari patroli pasukan Negara Wei yang mengejar mereka.

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)
 Shin dan kawan-kawan 

Infanteri Ke-4, Percikan Api yang Menyulut Sumbu Duke Hyo


Shin dan kawan-kawannya di Infanteri Ke-4 berhasil lolos dan berencana terus maju menyerang ke bukit pertahanan dan pusat komando Jenderal Kyugen. Informasi ini dilaporkan ke Duke Hyou yang disambut dengan perintah meyerang dengan skala penuh

Duke Hyou merasakan percikan api yang disulut kelompok Shin akan mengubah jalannya pertempuran.

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)
 Duke Hyo - Instinctual Combat Intelligence 

Dalam pertempuran itu Pasukan Jenderal Ouki juga sempat melakukan intervensi, tapi Jenderal Ouki mengaku hanya kebetulan lewat daerah tersebut dan sedang mencari pemandangan indah dari atas bukit.

"Aku dan pasukanku sedang mencari pemandangan indah di atas bukit, namun tentu saja kami akan "meratakan" pasukan musuh yang menghalangi jalan kami," kurang lebih begitu jawaban Jenderal Ouki saat ikut menyerang pasukan Jenderal Kyugen sehingga memberi kesempatan pasukan yang dipimpin Baku Koshin (Komandan 1000 pasukan) bersama Shin berhasil mengalahkan Jenderal Kyugen.

Ouki diminta ikut bergabung dalam pertempuran lebih lanjut namun ia menolak lebih jauh, kehadiran pasukannya di tengah perang sudah cukup sebagai intervensi yang membantu pasukan Jenderal Duke Hyo. 

Sedikit Review Film Kingdom 2: To the Distant Land - Harukanaru Daichi e (2022)
 Jenderal Ou Ki "The Monstrous Bird of Qin" bersama pasukannya. 

Ia tidak ingin lebih jauh ikut campur karena menurut perhitungannya dengan bantuan yang sedikit itu saja sudah cukup untuk merusak strategi perang Gokei dan memberi kesempatan untuk Duke Hyo menyelesaikan perangnya dengan kemenangan di pihaknya.

Kehadiran Ouki diketahui oleh Gokei dan memasukkan unsur pasukan Ouki dalam strategi perangnya, sesuai perhitungan Ouki, strategi Gokei berubah hingga akhirnya ia terlibat duel langsung dengan Duke Hyo.

Sebagai catatan, menurut hukum perang di negara Qin, Jenderal Ouki dapat saja ikut serta dalam perang tersebut tanpa perlu meminta persetujuan raja karena dengan jabatannya sebagai salah satu 6 Jenderal agung Qin, ia secara independen dapat mendeklarasikan perang sebagaimana Duke Hyo dan 4 Jenderal agung lainnya. Namun ia menghormati Duke Hyo dan tidak ingin kemenangan sahabatnya itu ternoda dengan campur tangan pasukannya.

Kyou Kai yang awalnya hanya punya tujuan hidup membalas dendam kini sudah berubah. Ia berjanji jika urusan balas dendamnya selesai ia akan tetap hidup dan kembali ke kelompok Shin.

Sudah cukup banyak spoilernya. Selamat menonton aja yah, kalau dirasa gak nyambung, coba luangkan waktu untuk download atau nonton online film Kingdom sekuel pertamanya supaya lebih mengenal tokoh-tokohnya dan tahu kisah awal film ini.

------------------------

Judul Asli: キングダム2 遥かなる大地へ - Kingudamu 2: Harukanarudaichihe / Kingdom II: Harukanaru Daichi e
Judul versi Internasional: Kingdom 2: To the Distant Land 
Durasi: 2 jam 14 menit
Rating 6/6 IMDB
Sutradara: Sato Shinsuke
Screenwriter: Kuroiwa Tsutomu
Genre: Action, Historical, War
Original Story: "KINGDOM" Hara Yasuhisa
Screenplay: Kuroiwa Tsutomu, Hara Yasuhisa
Main theme song: Mr.Children "Ikiro" (TOY’S FACTORY)
Cast: Yamazaki Kento, Yoshizawa Ryo, Hashimoto Kanna, Seino Nana, Mitsushima Shinnosuke, Okayama Amane, Miura Takahiro, Hamatsu Takayuki, Makabe Togi, Yamamoto Chihiro, Toyokawa Etsushi, Takashima Masahiro, Kaname Jun, Kato Masaya, Takahashi Tsutomu, Shibukawa Kiyohiko, Hirayama Yusuke, Tamaki Hiroshi, Ozawa Yukiyoshi, Sato Koichi, Osawa Takao, dll.

Distributed by: TOHO Co. Ltd.
Kelanjutan: Kingdom 3: Flame of Destiny (2023) 



2 komentar

  1. cerita komiknya saja belum selesai, bisa berapa film live action kingdom ini gan hahahaha
    1. Iya juga sih, 5 tahun ke depan aja belum tentu selesai itu kingdom versi komik :)
      terima kasih sudah mampir
No Spam, Please.