-->

Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)

Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
Kingudamu / Kingdom (2019)

"Bagaimana aku bisa sampai di sini?" tanya Shin.
"Pernahkan kamu mendengar kisah tentang seorang raja menggendong budak di punggungnya?" jawab Pangeran Ei Sei sambil terus memperbaiki alas kaki Shin yang terbuat dari tali temali.
"Hah, kamu yang menggendongku?" ujar Shin kaget.

Itu percakapan setelah Shin tersadar dari pingsannya akibat terkena sumpit beracun saat ia bertarung untuk melindungi calon Raja Qin Barat, Pangeran Ei Sin (Ying Zheng/Qin Shi Huang) yang kelak mendirikan Dinasti Qin dan berhasil menyatukan 7 kerajaan lalu mengangkat dirinya menjadi kaisar pertama dari Tiongkok yang bersatu. Ia bertahta sejak dari 221 SM hingga 210 SM.

Demikian sedikit cuplikan dari film live action berjudul Kingdom (Kingudamu) yang dirilis pada 19 April 2019 lalu. Film ini adalah adaptasi dari serial Manga (komik) karya Yasuhisa Hara sejak tahun 2006. Kisah ini juga pada tahun 2012 sudah diadaptasi menjadi film animasi yang berjudul sama, minggu ini baru mulai season 3 seri animenya. Serial manganya pun minggu ini sudah mencapai chapter 638, itu pun belum selesai, entah sampai chapter berapa baru selesai menaklukan 6 kerajaan yang belum bersatu dengan Kerajaan Qin.

Plot Cerita Film Kingudamu / Kingdom (2019)

Film dibuka dengan kisah perjalanan Shin kecil yang yatim piatu akibat perang, Shin dijual untuk menjadi budak. Pada perjalanan itu rombongannya berpapasan dengan  Jendral Aoki  (Wang Qi/Ou Ki) yang sedang memimpin pasukannya. Kekaguman Shin membuat ia berangan-angan untuk menjadi jendral dan memiliki banyak pasukan seperti Jendral Aoki. Sebuah cita-cita yang kemudian menuntunnya pada banyak petualangan.

Jenderal Aoki Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
  Jenderal Aoki bersama bala tentaranya  

Kisah selanjutnya ia bertemu dengan Hyou, seorang budak yang lebih dahulu dipekerjakan di sebuah keluarga petani. Dari Hyou kemudian Shin banyak mendapat pelajaran. Hyou pernah berkata bahwa sekali menjadi budak maka selamanya akan menjadi budak. Namun ada satu cara untuk keluar dari nasib yaitu terampil menggunakan pedang. Sejak itu Shin (Kento Yamazaki) dan Hyou (Ryo Yoshizawa) sepakat untuk bertanding pedang sebanyak 10.000 kali agar bisa terampil menguasai pedang dan kelak menjadi Jendral Agung di Dunia. 

Kisah hidup mereka berubah ketika Hyo yang memiliki wajah mirip dengan Pangeran Ei Sei terbunuh dalam pemberontakan memperebutkan tahta. Hyo sebelumnya direkrut oleh salah seorang  pejabat kerajaan dan memberi tugas kepada Hyo untuk menyamar sebagai Pangeran Ei Sei, Ei Sei sendiri disembunyikan di sebuah tempat rahasia. 

Sebelum tewas Hyo berhasil mendatangi Shin dan memberikan peta lokasi Ei Sei. Hyo meminta Shin untuk membantu Pangeran Ei Sei.

Yotanwa Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
 Yotanwa dari suku pegunungan 

Singkat cerita Pangeran Ei Sei berhasil memadamkan pemberontakan perebutan tahta kerajaan Qin dengan cara menghidupkan kembali aliansi Kerajaan Qin dengan suku pegunungan yang dipimpin oleh Yotanwa. Bersama dengan pasukan suku pegunungan, sisa-sisa prajurit loyalis Ei Sei serta Shin dan Ten datang ke istana dan  berjuang melawan kaki tangan Pangeran Seikyo (Cheng Jiao) yang merupakan adik Pangeran Ei Sei namun berbeda ibu.

Yotanwa beraksi Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
Yotanwa beraksi


Shin Budak Keras Kepala Yang Sukses Menjadi Jenderal

Kembali kepada Shin, perjuangannya bersama Ei Sei membuktikan keterampilannya bertarung menggunakan pedang tidak bisa dianggap enteng. Shin berhasil mengalahkan banyak kaki tangan musuh yang ditugaskan untuk membunuh Pangeran Ei Sei, sebagian dari mereka adalah para pembunuh bayaran legendaris. Hal yang menguntungkan Shin adalah umurnya yang masih muda dan berasal dari budak, sehingga musuh-musuhnya terlalu menganggap enteng dirinya. Selain itu, Shin memiliki mental dan semangat juang yang kuat sehingga tidak pernah sekalipun menyerah walau sudah berkali-kali hampir terbunuh oleh musuhnya.

Shin Budak Keras Kepala Yang Sukses Menjadi Jenderal Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
 Shin 

Film Kingdom mendapat apresiasi tinggi dengan mendapat rating 6,7/10 di IMDb dan 93% di Rotten Tomatoes. Namun demikian film ini belum tuntas, Shin belum berhasil menjadi jenderal dan Pangeran Ei Sei belum lagi dilantik menjadi raja yang berhasil menyatukan 7 negara di Tiongkok kuno. Jangan-jangan film ini akan ada sekuel berikutnya? :)

Jika ingin mengetahui kisah selanjutnya, tidak ada salahnya kita menonton film anime atau membaca komiknya, di sana kita akan menyaksikan bagaimana Shin meraih keberhasilan-keberhasilan karir militernya hingga menjadi salah satu jendral yang tercatat dalam sejarah China bernama Li Xin.

Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)

Film ini mengajarkan arti perjuangan melalui tokoh utamanya, Shin. Kisah perjuangan seorang budak yatim piatu dari sebuah desa akhirnya menjadi jenderal besar yang dicatat sejarah China sesuai cita-citanya.

Ia selalu terbentur, jatuh kemudian bangkit lagi tanpa menyerah, semua ujian ia lalui dengan perjuangan dan pengorbanan yang mempertaruhkan nyawanya. Ia mendaki sukses dengan sengaja menantang kesulitan-kesulitan besar. Shin terus mengejar prestasi-prestasi tinggi dalam peperangan. Misinya untuk menjadi jenderal secepat mungkin mewajibkan ia untuk cepat belajar dan meningkatkan kualitas serta kapasitas dirinya untuk memenuhi janjinya kepada Hyo, menjadi seorang jendral agung dunia. 


Jenderal Aoki / Ou ki / Wang Qi Review Film Kingudamu / Kingdom (2019)
Jenderal Aoki / Ou ki / Wang Qi

Sttt... spoiler dari anime dan komiknya, Shin yang mengagumi Jenderal Aoki akhirnya mewarisi tongkat pedang panjang milik Jenderal Aoki, lebih dari itu Jenderal Aoki sendiri yang memberi nama pasukan Shin menjadi Fe Xin/He Shin unit sebagai penghargaan atas prestasi dan keterlibatan unitnya dalam medan perang yang dipimpin Aoki.

Filmnya ok banget deh, yah saya rating 8/10, saya gak sabar menunggu kelanjutan film ini, kelanjutan season animenya dan lanjutan komiknya. :) 

Rabu, 8 April 2020.

Artikel Lainnya:

Posting Komentar

Berlangganan Via Email