7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas dengan Harga Murah

7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas dengan Harga Murah


Anda sedang mencari mobil bekas yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau?. Anda perlu memperhatikan beberapa tips beli mobil yang bisa membuat Anda mendapatkan mobil bekas serasa mobil baru berikut ini. 

Tips Mendapatkan Mobil Bekas Serasa Mobil Baru dengan Harga Murah 


Yuk jeli dan teliti sebelum membeli mobil supaya tidak menyesal dikemudian hari. Simak juga tips beli mobil berikut ini:


1. Perhatikan Tempat Membeli Mobil Bekas yang Terpercaya

Tempat membeli mobil bekas terbaik dan terpercaya seperti dealer resmi. Di mana tempat-tempat resmi tersebut bisa Anda percayai menjadi tempat membeli mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah. 

Selain itu penjual juga umumnya akan menawarkan kendaraan-kendaraan yang memiliki performa dan kondisi yang baik dan bagus. Kualitasnya juga bisa dijamin untuk Anda miliki dan tidak banyak perbaikan yang harus Anda lakukan. 

Anda juga bisa mendapatkan garansi perbaikan di showroom atau dealer resmi. Selain mendapatkan kendaraan impian, Anda juga bisa mencari mobil bekas yang keren dan kece yang bisa menyesuaikan dengan budget Anda.

Jika ingin mendiskusikan harga dan kredit mobil bekas maupun mobil baru bisa melalui Maybank Finance aplikasi yang bisa Anda unduh melalui smartphone Anda. Dapatkan solusi dari setiap masalah pembelian dan kredit mobil Anda di Maybank Finance.

2. Waspada Tawaran Harga Miring

Saat membeli mobil terutama mobil bekas, yang pertama ditawarkan kepada Anda adalah harga mobil tersebut. Waspada terhadap tawaran harga miring yang sering ditawarkan sales mobil. Tidak semua jenis mobil bekas yang ditawarkan dengan harga yang jauh dari harga normalnya adalah pilihan terbaik. Anda perlu mengecek banyak hal saat diberikan tawaran harga yang melambung jauh.

Selain waspada terhadap penawaran harga yang tidak masuk akal bisa saja karena untuk menarik pelanggan dan mobil yang ditawarkan adalah mobil yang sudah cukup tua dan sudah berulang kali diperjual belikan. Hal ini bisa Anda waspadai sebelum membeli mobil bekas. 

Namun ada juga beberapa orang yang benar-benar menjual mobil bekas yang masih baru dengan harga murah memiliki beberapa alasan. Seperti sedang benar-benar membutuhkan uang, atau memang karena pemilik mobil adalah orang amanah. Sehingga Anda bisa saja mendapatkan mobil bekas dari orang-orang seperti ini.


3. Periksa Body atau Eksterior Mobil

Tampilan dan body mobil menjadi salah satu daya tarik saat membeli mobil terutama mobil bekas. Anda bisa memeriksa keseluruhan body mobil untuk memastikan mobil tersebut belum pernah terkena kecelakaan atau bencana lainnya. Tips beli mobil ini bisa Anda lakukan dengan mengecek kondisi luar dan warna cat mobil. Cat mobil yang tidak rapi atau bekas perbaikan bisa membuat body mobil jadi terlihat kurang bagus seperti cat mobil yang kurang mulus atau tidak rapi. 

Perhatikan juga bagian-bagian yang ada cacat, lecet atau goresan di bagian luar mobil. Cek kaca pintu pada mobil atau kaca lampu mobil juga harus diperhatikan, jangan sampai ada yang pecah atau retak. Terakhir yaitu periksa ban depan dan belakang mobil. Apakah ban masih layak digunakan, masih kuat atau sudah mulus. Hal tersebut bisa Anda lihat dengan mata telanjang saat survey kendaraan pilihan Anda.


4. Periksa Interior Kendaraan

Tips beli mobil berikutnya yaitu sebelum membeli mobil yaitu lakukan pemeriksaan interior kendaraan. Ada beberapa komponen-komponen yang harus Anda cek dengan teliti. Hal tersebut seperti lampu (tombol on atau off) di setiap sudut kendaraan. 

Cek lampu masih berfungsi dan menyala dengan baik dan terang atau tidak, cek juga sistem audio, AC, sabuk pengaman dan beberapa fitur keamanan lainnya. Selain itu, jangan lupa pula mengecek karpet bawah kendaraan, jok depan dan belakang, kondisi dashboard dan lainnya. 

 
7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas dengan Harga Murah


5. Cek Kondisi Mesin Kendaraan

Tips beli mobil berikutnya yang paling penting yaitu melakukan pengecekkan kondisi mesin kendaraan. Hal ini adalah tips terpenting yang harus Anda lakukan supaya tidak menyesal sebelum membeli mobil bekas. 

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mulai di starter, mencoba mengegas mesin, mencoba rem, kenyamanan kendaraan, komponen yang ada dalam mesin, dan lakukan test drive sebelum mengiyakan kendaraan tersebut. 

Perhatikan suara mesin dari kendaraan tersebut, apakah masih halus saat di starter dan di gas. Selain itu coba lakukan beberapa kali putaran, belok ke kiri dan ke kanan untuk mengetes kenyamanan kendaraan Anda. Bila perlu ajaklah teman Anda yang memiliki banyak pengetahuan tentang otomotif. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan kendaraan impian Anda dengan kualitas terbaik dan bisa melakukan penawaran harga yang terjangkau. 


6. Catatan Servis Mobil Lengkap

Selain kelengkapan body, interior, eksterior dan perlengkapan lainnya. Tips beli mobil berikutnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah catatan servis mobil. Kelengkapan catatan servis kendaraan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. 

Jika kendaraan dirawat secara rutin maka kondisi mobil dijamin memiliki kualitas yang baik dan bagus. Jika mendapatkan kondisi mobil dengan catatan servis yang lengkap seperti ini maka bisa jadi pilihan utama Anda.


7. Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Tips terakhir yang bisa Anda perhatikan yaitu kelengkapan dokumen kendaraan. Setelah kondisi mobil yang sudah baik dan bagus maka, kelengkapan surat-surat kendaraan bisa menjadi hal yang terpenting yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil. 

Surat-surat yang perlu Anda cek yaitu ada STNK, BPKP, surat pajak dan surat lainnya. selain itu cocokkan nomor surat dengan nomor mesin. Pastikan juga BPKB dan STNK kendaraan adalah nama asli pemilik kendaraan tersebut.

Tips beli mobil tersebut bisa Anda aplikasikan sebelum membeli kendaraan impian Anda. Selain untuk mengecek pembelian mobil bekas, Anda juga dapat mengaplikasikannya untuk pembelian mobil baru. 


Sumber 
https://maybankfinance.co.id/artikel/mobil-bekas-murah/
https://otospector.co.id/blog/tips-memilih-mobil-bekas-berkualitas 
https://www.cermati.com/artikel/7-tips-memilih-mobil-bekas-yang-berkualitas 

2 Komentar

  1. Terimakasih inponya om, bingung milihnya kalo liat tawaran jual beli mobil online, kudu banyak reperensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya sama-sama, terima kasih sudah mampir, selamat berburu mobil bekas, semoga mendapatkan kendaraan idaman dengan harga yang murah meriah tapi kualitas memuaskan yah :)

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama