Investasi S&P 500, Apa Saja Keunggulan dan Kelemahannya?

Investasi S&P 500, Apa Saja Keunggulan dan Kelemahannya?
 
Di Indonesia ada berbagai macam investasi yang bisa Anda miliki. Bagi Anda yang memang mengikuti dunia investasi mungkin pernah dengar tentang S&P 500. Pada dasarnya S&P 500 merupakan indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan besar. Semua perusahaan ini terdaftar di bursa Amerika Serikat. 

Anda mungkin bertanya-tanya, lalu bagaimana orang yang ada di Indonesia ikut serta dalam investasi S&P 500. Investasi S&P 500 di Pluang merupakan salah satu cara Anda bisa berpartisipasi. 

Namun sebelumnya, supaya Anda jadi lebih memahami mengenai jenis investasi ini, berikut akan dijabarkan secara sistematis. Dimulai dari pengertiannya, cara kerjanya, serta beberapa tips yang bermanfaat untuk Anda. 


Pengertian S&P 500

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya secara singkat, S&P 500 merupakan indeks yang disusun menurut nilai saham dari 500 perusahaan besar di Amerika Serikat. Kepanjangan dari S&P 500 sendiri adalah Standard & Poor’s 500. Indeks ini merupakan indeks paling terkenal yang dimiliki dan dirawat oleh Standard and Poor, sebuah divisi perusahaan perdagangan McGraw-Hill di New York. 

Adapun syarat bagi sebuah perusahaan untuk masuk dalam S&P 500 adalah memiliki kapitalisasi pasar setidaknya $3,7 miliar. Selain itu, perusahaan tersebut harus berbasis di Amerika Serikat, mampu melaporkan keuntungannya secara rutin, dan memiliki saham yang bisa diperjual belikan secara terbuka atau publik. 

500 perusahaan besar yang termasuk dalam S&P 500 di antaranya adalah Microsoft, Amazon, Facebook, Google, dan Visa. Semua perusahaan ini memiliki saham yang diperdagangkan secara publik, sehingga orang yang tidak berada di Amerika pun bisa ikut berinvestasi. 


Investasi S&P 500, Apa Saja Keunggulan dan Kelemahannya?

Cara Kerja S&P 500

Jika Anda ingin berinvestasi di saham 500 perusahaan besar ini, caranya cukup sederhana. Anda cukup menggunakan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan fintech resmi di Indonesia. 

Pluang contohnya, menyediakan kemudahan berinvestasi dengan menggunakan aplikasi. Anda cukup ke situs Pluang untuk mengunduh aplikasinya. Membeli produk investasi pun bisa langsung dari aplikasi ini. 

Setelah membeli produk investasi S&P 500 di Pluang, dana Anda akan diteruskan ke segregate PG Berjangka. Selanjutnya dana pun akan diteruskan ke PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Sehingga dana Anda sudah dijamin keamanannya. 


Apa Kelebihan S&P 500?

Tentu saja S&P 500 memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang patut Anda pertimbangkan untuk iku serta berinvestasi di S&P 500.
 

1. Isinya perusahaan besar yang mapan

Dilihat dari persyaratan untuk masuk ke dalam indeks S&P 500, sebuah perusahaan harus memiliki kapitalisasi yang besar. Ini menunjukkan bahwa 500 perusahaan yang ada dalam indeks ini adalah perusahaan yang mapan. 

Ini artinya Anda bisa terhindar dari kerugian karena membeli saham dari perusahaan kecil. Keuntungan dari investasi Anda pun bisa dipastikan adanya. Bahkan Anda dapat berinvestasi secara pasif dengan produk ini. 


2. Biaya investasinya lebih rendah

Setiap kali Anda bertransaksi untuk produk investasi ini, Pluang tidak mengenakan biaya administrasi. Selain itu, Anda sudah bisa berinvestasi dengan dana mulai dari Rp 500 ribuan atau $30.

Dengan aplikasi Pluang, Anda tidak perlu membeli saham satu per satu. Pluang menyediakan produk micro e-mini S&P index futures. Produk ini adalah produk berjangka yang diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange. Cara ini membuat investasi jadi praktis. Bahkan orang yang baru mencoba S&P 500 pun bisa berinvestasi.


3. Likuiditasnya tinggi

Perusahaan yang menjadi bagian dari S&P 500 adalah perusahaan dengan kondisi keuangan yang sehat. Perusahaan-perusahaan ini memiliki arus kas atau cashflow yang lancar.

Faktor inilah yang membuat investasi S&P 500 memiliki likuiditas tinggi atau bisa dicairkan kapan saja. Tentunya hal ini membuktikan bahwa investasi ini minim risiko.

Investasi S&P 500, Apa Saja Keunggulan dan Kelemahannya?


Tips untuk Anda


Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi S&P 500, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Semua tips ini kami rangkum untuk memastikan keamanan Anda sebagai investor. 

1. Selalu gunakan platform terpercaya

Rasanya ini adalah saran yang mutlak. Dalam artian, Anda hanya akan mendapatkan keuntungan kalau platform investasi yang Anda gunakan terpercaya. Oleh karena itu, selalu periksa legalitas perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Cara memeriksanya cukup mudah. Jika Anda ke situs platform tersebut, temukan dan klik logo OJK. Anda akan diarahkan ke halaman data perusahaan di situs OJK.  Itu artinya, perusahaan memang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


2. Pelajari terlebih dahulu

Selalu baca dan pelajari terlebih dahulu mengenai produk investasi yang Anda inginkan. Di situs Pluang, Anda bisa mendapatkan informasi sekaligus mempelajari tentang berbagai produk investasi, termasuk S&P 500 ini. 

Selain mempelajari tentang produk investasi yang ingin dimiliki, pastikan untuk pelajari juga syarat dan ketentuannya. Hal ini penting agar Anda mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban Anda saat menggunakan layanan tersebut. 


3. Diversifikasi portofolio

“Jangan taruh semua telur dalam satu keranjang.”
Anda mungkin pernah mendengar pepatah ini yang artinya jangan simpan semua dana Anda dalam satu investasi. Buat diversifikasi untuk portofolio investasi Anda. Hal ini untuk meminimalisir kerugian saat terjadi risiko. 

Salah satu jenis investasi yang sering dijadikan “bantalan” adalah emas. Hal ini karena nilai emas cenderung stabil. Anda pun bisa memilih jenis investasi lainnya yang minim resiko sebagai diversifikasi portofolio. 

Tidak sulit kan untuk mulai investasi yang melibatkan perusahaan berskala global? Dapatkan pengalaman berinvestasi yang praktis dan aman dengan menggunakan Pluang. Anda cukup unduh, register, lalu beli produk investasinya di aplikasi ini. 



comments

Lebih baru Lebih lama