- BIDADARIKU - (Bagian 3)

-BIDADARIKU-

Part 3

(Sambungan dari - Bidadariku Bagian 2 - )


"Istriku penyejuk di mata dan penawar di hati"

"Jalan hidup yang terjal akan terasa mudah jika bersama teman hidup yang tepat. Khumairahku yang tak pernah menuntut tentang dunia.."

 


"Istriku penyejuk di mata dan penawar di hati"

Khumairahku, begitulah panggilan saya untuk istri, panggilan yang ternyata sangat dia sukai. Memang benar menikah adalah obat untuk hati karena di setiap saatnya mampu menenangkan hati, ibadah pun terasa lebih nikmat, bekerja lebih semangat dan hari-hari pun terasa lebih menyenangkan. 

Pantaslah rosululloh bilang menikah akan menyempurnakan separuh dari agama dan setengahnya lagi digapai bersama. Tidak tanggung-tanggung separuh dari agama guys.. cuma dengan catatan pasangan yang tepat adalah kuncinya.

Usai menikah kami sementara tinggal di rumah orang tua saya. Keunikan Khumairaku itu salah satunya ia mampu membuat orang sekitarnya itu menaruh kasih sayang dan care kepadanya. 

Seketika orang rumah dibuatnya menjadi lebih sayang kepadanya terutama bapak dan ibu yang begitu sayang kepada menantu pertamanya. Bukan hanya orang rumah, bahkan satu kampung emak-emaknya bilang "Resep bangat ama bininya si Umam, ajer ama cakep orangah." 

Sebagai suami ada rasa bangga karena tepat memilih istri seperti Khumairah yang tak hanya cantik rupa namun juga cantik akhlak.

Kami mulai merancang masa depan bersama, mulai dari rencana khumairahku yang akan melanjutkan kuliahnya dan sambil bekerja. 

Sebagai suami apapun rencananya akan saya dukung asalkan tidak bertentangan dengan syariat dan tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri. Jadi kami memutuskan untuk menunda sementara untuk memiliki momongan. 

Seminggu setelah pernikahan kami pergi berlibur bersama ke salah satu daerah di Bogor selama 2 hari bersama teman-teman kerja saya dan keluarganya. 

Khumairahku begitu bahagia terlihat jelas di matanya karena ini kali pertama kita berlibur bersama setelah halal (sebelum nikah boro-boro  jalan-jalan, bisa ketemu aja syukur bangat 😂). 


ISTRI BEKERJA

2 Minggu menikah Alhamdulilah khumairahku diterima untuk bekerja di salah satu rumah sakit sebagai admin di sana. Dia begitu bahagia dan sangat semangat karena salah satu rencananya tercapai. " A, walaupun aku kerja aku ngga akan lepas tanggung jawab aku sebagai istri, aa ridho yah sama aku.." begitu lah ucapnya, bidadariku yang selalu berharap dan meminta suaminya ridho terhadapnya. 

Hari pertama dia mulai masuk bekerja, seperti biasa saat sebelum subuh ia bangunkan saya, hanya saja kali ini saat dia bangunkan saya utk sholat subuh ternyata dia sudah selesai menyuci pakaian dan sudah menyiapkan sarapan. 

Masyaallah.. Sholehahku.. sambil kecup keningnya dan pipinya. "Bangun jam berapa kamu sayang?," tanya ku.. "Sekitar jam 03.20 A, hehe," sambil senyum manis. 

Dalam hati bicara (barakallah gadis manja mampu berubah seperti ini) setelah sholat kita sama-sama untuk sarapan. Istriku membuatkan nasi goreng spesial katanya.. " A, nasi goreng spesial buatan aku, cuma kalo ga enak maafin aku yah a, perdana soalnya.." dan saat ku makan.. masyaallah.. Alhamdulillah saya ngga punya darah tinggi hehe.. gapapalah bukan soal rasa menurutku tapi soal menghargai, dengan melihat dia buatkan makan saja sudah luar biasa. 

Masakan yang enak bisa kita beli namun kasih sayang itu tak ternilai, karena bagi saya istri itu bukan tukang masak apalagi pembantu.  Suap demi suap saya makan dengan senyuman, "Gimana A rasanya..?" Tanya nya.. "Lah emang kamu ngga cobain khumairahku?" sambil tawa.. "Hehe ngga A.." yassalam.. pantesan aja.. dia ngga tau betapa nikmatnya nasi goreng cinta ini.. 😂

"Yauddah sini aa suapin yaah.." hap.. seketika raut wajahnya berubah sedih dan air matanya jatuh.. ga kaget sih emang cetek air mata kalo kata orang muara mah hehe. 

*Saya : Loh kenapa de..  

*Khumairahku : "Aa.. maafin aku.. ga belum bisa jadi yang terbaik"

*Saya : iishh.. kamu udah jadi istri terbaik khumairahku. Karena kalo masakan kamu enak kamu bukan istri yang terbaik de.

*Khumairahku : loh.. ko gitu A..?

*Saya : Iyah.. kalo masakan kamu enak jadinya master chef.. 😂

*Khumairahku : iih.. ga lucu.. (tapi sambil tawa)

*Saya : yauddah aa abisin dulu ini nasi goreng cintanya.

*Khumairahku : jangan a.. nanti suami aku kena darah tinggi..

*Saya : tinggal pendekin de.. 

*Khumairahku : iiisssshhh..

Selesai makan sebelum berangkat saya pergi ke kamar mandi, dan saya dapati pakaian yang telah dicuci istri. Ternyata belum bersih 😅  Sambil senyum dalam hati bilang "Melihat kamu sudah berusaha aja udah seneng aa de.." cuma demi menjaga perasaannya saya ngga komentar untuk ini.

Dan kami pun berangkat bersama. Sesampainya di tempat kerjanya ia cium tangan dan saya cium kening dia. Setiap ada waktu dia selalu memberi kabar. Dan ternyata hari itu saya pulang lebih cepat dari khumairah, langsung saya bergegas pulang ke rumah untuk mencuci lagi pakaian yang tadi pagi dia cuci dan langsung menjemurnya.

Alhamdulillah semua orang rumah mengertiin istriku dan semua tetap mencintai istriku. Selesai mencuci saya istirahat sebentar dan berangkat menjemput bidadari yang sudah menunggu. 

Di perjalanan pulang saya tanyakan bagaimana hari ini dan dia ceritain semua dari baru sampai sampai dengan pulangnya. 

*Khumairahku : Tadi aku benci banget sama laki-laki a, masa godain aku terus padahal aku jutek dan ga percaya aku udah nikah.. 

*Saya : terus kamu apain de..?

*Khumairahku : yauddah aku diemin A, ngapain aku jelaskan mendetail.

*Saya :Tampol de tadi mah.. (sambil bercanda)

*khumairahku : Iish aa mah..

Sesampainya di rumah setelah salim dengan ibu bapak dan seperti biasa dia juga cerita sama ibu bapak kejadian dia hari ini 😂. Setelah selesai khumairahku langsung ambil pakaian yang ia jemur. Daaan dia kaget ko jemuran seharian ngga kering 😂 orang rumah kompak bilang kalo tadi siang mendung dan dia percaya

Keesokan harinya berjalan seperti biasanya. Sampai ketika kita dia naik motor sendiri. Dan seperti biasa saya sampai rumah duluan. Dan tiba-tiba almarhumah pulang dan liat saya sedang mencuci pakaian. Seketika dia minta maaf dan menangis.. langsung saya peluk dan bilang ke dia, " 

Khumairahku.. Aa cari istri untuk sempurnakan separuh agama aa. Bukan mencari pembantu rumah tangga yang harus bisa masak dan mencuci, dengan liat kamu sudah berusaha saja sudah bahagia khumairahku.. " dia langsung tambah nangis dong.. 😂 aduh ya udahlah peluk aja sampai diam. Sehabis puas menangis dia katakan.. "Ada ridho kan sama aku.. aku akan terus berbenah diri demi keluarga kecil kita A.. ". 

Terima kasih banyak yah sayang.. 

simak bacaan Al-Qur'an khumairahku sambil jelaskan makhroj dan tajwidnya


NGIDAM

Malam harinya seperti biasa saya simak bacaan Al-Qur'an khumairahku sambil jelaskan makhroj dan tajwidnya. 

*Saya : pakai 'ain de bukan alif.

*Khumairahku : ..an am ta..

*Saya : an 'am ta de.. (dengan nada sedikit menekan huruf 'ain )

*Khumairahku : ko aa gentak aku 😭😭

*Saya : yassalam 😂 ngga gentak de.. (sambil peluk )

Keesokan harinya khumairahku bertingkah aneh, seperti sering muntah padahal ngga masuk angin dan sering enek liat orang makan mie instan, pas curiga hamil dia langsung tespek. Tabarokalloh.. 

Alhamdulillah.. ternyata Allah berkata lain, khumairahku hamil. Dan saat itu juga saya meminta dengan lembut untuk dia berhenti bekerja. Ternyata dia mengerti dan paham akhirnya dia berhenti demi sang calon buah hati.

Fase Masa-masa ngidam yang kudu diturutin 😂

Mulai dari minta seblak yang buat harus suaminya sampe minta telur gulung dan cilor yang lagi dimakan adenya. 

"A, kita ngontrak yuk.. aku ga enak sama ibu bapak, manjain aku banget jadi rasanya aku ga bisa Mandiri.." walaupun sedikit berat karena keadaan dia sedang hamil karena liat dia bersikeras merayu akhirnya keinginannya saya turuti. 

Kita pun mulai mencari kontrakan, dan Alhamdulillah ketemu di daerah Babelan yang notabene dekat dengan guru-guru saya dan sahabat-sahabat saya. Dan itupun rekomendasi dari salah satu sahabat saya yang kebetulan istrinya kakak kelas khumairah. Jadi makin yakin dia untuk mengontrak.

Bersambung ... 

(Cila bangun ajak main, ribet ngetiknya 😂)


Bersambung ke  - BIDADARIKU - (part 4)


_____________


Penulis: KHOIRUL UMAM
Sabtu, 20 Maret 2021



komentar

Lebih baru Lebih lama