The New Facebook Hadirkan Tampilan Dark Mode dan Fitur Mencari Jodoh

Tahun 2020, Facebook (FB) akan menghadirkan tampilan terbarunya. Selama 16 tahun berdiri, setidaknya telah terjadi empat kali perubahan dalam desain tampilan Facebook. Untuk desain terbaru di tahun 2020 ini Facebook menyebutnya sebagai "The New Facebook" atau FB5. Desain FB5 ini mungkin perubahan yang paling drastis dalam Facebook baik untuk tampilan desktop maupun pada smartphone.

Rencana tersebut disampaikan oleh Mark Zuckerberg pada pertemuan F8 – konferensi tahunan yang kali ini diadakan di San Jose, California  di tahun 2019 lalu. CEO sekaligus pendiri Facebook – Mark Zuckerberg, memulai F8 dengan kalimat “Future is Private”. Ini menunjukkan niat Facebook untuk lebih meningkatkan hak kerahasiaan penggunanya, peningkatan privasi dan juga keamanan layanannya pasca skandal privasi yang membuat Facebook ditinggalkan banyak penggunanya.

Mengenai perubahan desain tampilan Facebook, apa saja fitur-fitur yang sudah diumumkan pada "The New Facebook" atau FB5 ini?

Tampilan desain Facebook desktop baru / FB5
Tampilan Facebook desktop baru / FB5

1. Tampilan Desain Dengan Navigasi yang Efisien


Tampilan utama The New Facebook dari segi background tidak banyak berubah, berwarna terang dengan dasar berwarna putih dan kombinasi gradasi abu-abu. Peletakan menu pada tampilan Facebook versi desktop ini memang akan mengingatkan kita akan desain Twitter, karena peletakan menu navigasi pada sisi samping kolom status terbaru. 

Desain berwarna terang ini juga dengan memperbesar huruf yang digunakan sehingga membuat tampilan Facebook menjadi lebih bersih, lebih cerah dan lebih kontemporer. Tampilan baru seperti ini juga dipamerkan CEO Facebook Mark Zuckerberg dengan desain warna putih pada konferensi F8.

2. Tampilan Mode Gelap atau Dark Mode


Ini adalah perubahan yang sudah saya tunggu sejak lama. Tampilan Facebook Dark Mode selain akan menjadi lebih nyaman juga menghemat penggunaan tenaga batre di handphone. Tapi itu juga tergantung jenis layar handphone. Dark Mode pada panel OLED tidak perlu menggunakan listrik untuk mengubah warna ke hitam, cukup dengan mematikan panel tersebut. Namun aturan tersebut tidak berlaku pada panel LCD karena masih tetap mengubah warna ke hitam.

Namun fitur dark mode juga tidak cocok bagi sebagian orang dengan Astigmatisme. Dikhawatirkan juga  bila tulisan berwarna putih dan latar berwarna hitam, maka iris mata perlu bekerja lebih keras untuk mendapatkan cahaya. Imbas iris mata yang bekerja terlalu keras tentu akan membuat kamu cepat lelah. Jika kamu merasakan gejala seperti ini, hentikan menggunakan fitur Dark Mode.

Tampilan Facebook Dark Mode sudah santer terdengar sejak akhir 2019, bahkan kabarnya pengguna Facebook di di India, Malaysia, Italia dan beberapa negara lainnya sudah menikmati fitur mode gelap ini sejak bulan November 2019. Kemungkinan hal itu adalah uji coba berskala kecil sebelum dibagikan secara global sebagaimana yang akan diterapkan pada tahun 2020 ini.

3. Tampilan Grup Facebook

Facebook juga menambahkan tab grup yang telah dirombak untuk membuat grup baru yang lebih mudah. Selain menghadirkan tampilan baru, Facebook juga memberikan kemudahan untuk beberapa komunitas seperti chat untuk grup game dan komunitas lainnya. 

Nah, untuk Anda yang secara aktif menggunakan Facebook untuk melakukan bisnis, tentu tidak perlu khawatir. Media Sosial Facebook juga memberikan penawaran baru untuk mengembangkan bisnis. Untuk meningkatkan interaksi Facebook langsung ditujukan untuk aktivitas perdagangan. Sehingga Anda akan merasa lebih mudah untuk berinteraksi dengan pembeli.

4. Facebook Dating / Kencan Facebook

Facebook Dating sebenarnya sudah dirilis sejak September 2018 lalu. Fitur kencan Facebook ini kegunaannya mirip dengan aplikasi Tinder. 


Melalui fitur Facebook Dating, pengguna dapat mencari jodoh hanya melalui genggaman tangan. 

Facebook Dating hadir di aplikasi Facebook dalam menu tab terpisah, bagi pengguna yang berumur 18 tahun ke atas. Fitur ini memungkinkan pengguna menyaring perjodohan online mereka melalui sejumlah variabel, seperti jarak, minat, atau kriteria lain. Facebook Dating mengandalkan algoritma yang didasarkan pada informasi serta aktivitas apa pun yang dibagikan oleh pengguna.


Facebook Dating hadir di aplikasi Facebook
Rencananya tahun 2020 layanan cari jodoh Facebook Dating akan terintegrasi langsung dengan Facebook dan Instagram. Hal yang baru adalah, Facebook menambah fitur baru bernama Secret CrushFitur ini memungkinkan pengguna memberi tahu penggunanya mengenai siapa yang disukai dan jika yang disukai menyukai balik, maka Facebook Dating akan mengatakan cocok. Macam Comblang Online saja ini aplikasi :D

Sementara 4 itu saja dulu yang bisa saya ungkapkan mengenai tampilan dan fitur terbaru Facebook. 

BTW, Facebook mengundang penggunanya untuk mencoba tampilan baru ini,  jika berminat kita bisa mendaftar melalui alamat https://www.facebook.com/new lalu klik tombol "Gabung Daftar Tunggu" setelah itu tunggulah jawaban dari Facebook. Saya pun masih menunggu dan akan saya kabarkan jika saya sudah tergabung dalam uji coba tampilan desain Facebook terbaru di tahun 2020 ini. :)

Untuk para jomlo, saya kira fitur nomor 4 ini patut dicoba :)

Salam.

Artikel Lainnya:

Posting Komentar

Berlangganan Via Email