10 Fitur Facebook Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Mungkin kamu sudah mendengar bahwa Facebook telah banyak mengeluarkan fitur-fitur barunya. Dari memungkinkan pengguna untuk menonton video dalam tampilan 360 derajat sampai menggunakan video sebagai avatar di profil, intinya sih fitur-fitur baru ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Berikut ini adalah 10 fitur Facebook terbaru yang mungkin belum semua kamu tahu dan memang sebagian juga belum diaplikasikan:

1. Live video streaming

Mengikuti jejak Periscope atau tidak, yang pasti Facebook meluncurkan fitur baru yang disebut "Live," dirancang untuk memungkinkan selebriti dan tokoh masyarakat untuk melakukan streaming video ke hampir 1,5 miliar penggunanya. Layanan ini bekerja dari "Facebook Mention App", yang diluncurkan tahun lalu.

2. Mentions app, sebuah aplikasi untuk pengguna yang terverifikasi

Memperluas fungsi "Mention app", Facebook memberikan fitur baru untuk pengguna dengan akun teriverifikasi, termasuk wartawan, untuk dapat berinteraksi langsung dengan pengikut mereka dan berbagi konten. Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna yang terverifikasi harus mengisi formulir online sebelum mereka dapat men-download dan menggunakan aplikasi ini. Sampai saat ini aplikasi ini hanya dapat digunakan di lingkungan iOS.

3. Facebook Notes Dengan Fitur Baru

Facebook memang telah lama memiliki aplikasi Catatan atau Notes, namun baru beberapa waktu lalu Facebook melengkapinya dengan fitur-fitur baru layaknya sebuah blogging CMS. Fitur Notes saat ini memberikan banyak pilihan, seperti format huruf yang lebih kaya, fitur menambahkan foto sampul di bagian atas posting. Foto, header, daftar/list dan lain sebagainya.

4. Video 360 derajat

Facebook diperbarui lini masa-nya dengan mendukung postingan atau status untuk video 360 derajat. Fitur ini adalah hasil kerjasana dengan Oculus sejak tahun 2014.

5. Avatar/Foto Profil berupa video

Facebook berencana memungkinkan penggunanya untuk menggunakan video pendek sebagai avatar/foto profil. Selain itu pengguna juga dapat mengatur foto profilnya dengan kemampuan beralih ke foto lain pada waktu yang ditentukan. Fitur ini dapat digunakan untuk mengatur foto profil terkait moment tertentu atau gambar aktivitas lain seperti perayaan ulang tahun, anniversay dan hari raya.
Fitur baru ini juga memungkinkan pengguna untuk menulis "bio" dengan rincian yang lebih detail semacam pendidikan, profesi dan lain-lain untuk muncul di bagian atas profil pengguna, juga dapat memilih sampai lima Foto Pilihan yang ditampilkan di bagian atas profilnya seperti tampilan header pada Instagram.


6. Tombol 'Dislike'

Sejak diluncurkan, pengguna Facebook di seluruh dunia telah menuntut adanya tombol dislike/tidak suka sebagai lawan dari tombol like. Rencananya Facebook akan mengadaptasi permintaan ini, tapi sedikit berbeda dan variatif. Facebook rencananya akan meluncurkan serangkaian tombol ekspresi untuk menunjukkan reaksi pembaca, bukan tombol tidak suka atau dislike tetapi akan disediakan beragam emoticon seperti "Love," "Haha," "Yay," "Wow," "Sedih" dan "Marah." Kita tunggu saja sampai fitur ini benar-benar diaplikasikan. Contohnya seperti gambar di atas.

10 Fitur Facebook Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

7. Mendapat rekomendasi 'Video Yang Disarankan'

Facebook juga meluncurkan fitur 'video yang disarankan' atau video dengan kategori yang sama. Video terkait akan segera muncul di bawah video yang sedang kita tonton. Dalam pernyataannya, Facebook menerangkan, "Selain membantu pengguna menemukan lebih banyak video yang mungkin menarik, kami tahu ada juga yang ingin multitasking saat mereka menonton video. Untuk memungkinkan ini maka kami mengembangkan tampilan video yang muncul di jendela layar munculan, sehingga pengguna dapat mengerjakan hal lain di Facebook. "

8. Artikel Instan

Dengan fitur ini, Facebook ingin membuat pembaca dari perangkat ponsel dapat lebih cepat mengakses informasi di Facebook. Instant Artikel ini bukan hanya mengenai kecepatan akses, tapi ada juga ada fitur peta interaktif, gambar yang dapat di-zoom, video autoplay dan keterangan audio.

9. Pencarian Facebook yang lebih 'real-time'

Facebook memperbaharui kemampuan pencariannya agar pengguna dapat menemukan percakapan atau status yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Fitur ini nantinya akan dapat memberitahu pengguna menemukan topik-topik yang sedang hangat secara real time dan mengetahui bagaimana respon dari teman-teman si pengguna.

10. Fitur Pemberitahuan menjadi lebih personal

Facebook membuat fitur notifikasi yang lebih bersifat personal. Peringatan/notifikasi lebih difokuskan kepada jaringan teman yang sering berinteraksi, pemberitahuan hari ulang tahun, agenda atau acara mendatang dan lain-lain. Pemberitahuan Facebook ini diperluas hingga mencakup berita komunitas, agenda acara, peringatan bencana, serta informasi cuaca dan lainnya. Kedepannya notifikasi Facebook juga akan berisikan saran mengenai program televisi atau film yang disesuaikan dengan lokasi penggun.

So, dari beragam fitur itu apa yang menjadi fitur kesukaan kalian? :)

Kalo saya sih fitur Notes dan Reaksi yang beragam, tombol reaksi ini bakalan menarik, sayangnya sampai saat ini masih tombol like saja yang masih tampak di bawah status, entah kapan akan diterapkan oleh Facebook.

_____________
Sumber: Times of India

Artikel ini memiliki 9 Komentar

  1. Wah saya baru tau tuh...
    Facebook memang masih menjadi media social no.1

    Salam

    www.elmu.web.id

    BalasHapus
  2. Wah saya baru tau tuh...
    Facebook memang masih menjadi media social no.1

    Salam

    www.elmu.web.id

    BalasHapus
  3. Oh ada tombol dislike, kayakny aperlu nich di pake buat orang2 yg suka nyonyir hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thats it, itu yang saya tunggu-tunggu, kalah sama kaskus yang ada cendol sama bata hehehe

      Hapus
  4. Facebook enggak akan mati, gan.. Soalnya, gk perlu follower. Tanpa fitur baru pun, masih banyak yang eksis di facebook, malah makin bertambah.

    Tapi, lebih menarik juga fitur barunya. Apa lagi ada fitur seperti bloggingnya. Wah, lebih menarik untuk yang suka menulis..

    BalasHapus
  5. Facebook enggak akan mati, gan.. Soalnya, gk perlu follower. Tanpa fitur baru pun, masih banyak yang eksis di facebook, malah makin bertambah.

    Tapi, lebih menarik juga fitur barunya. Apa lagi ada fitur seperti bloggingnya. Wah, lebih menarik untuk yang suka menulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Facebook lagi mengumpulkan amunisi untuk melawan Google hehehe

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus