Tips Memulai Tabungan Nikah untuk Masa Depan

Tips Memulai Tabungan Nikah untuk Masa Depan

Dengan cara berikut, tabungan nikahmu bisa terkumpul hanya dalam waktu satu tahun!

Menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bukan hanya soal resepsi dan katering, tapi juga biaya hidup yang harus ditanggung setelah pesta perkawinan usai. Ketimbang berutang sana-sini yang akhirnya hanya akan memberatkan kamu dan keluarga, lebih baik mulailah menabung untuk biaya pernikahan sejak jauh-jauh hari.

Nah, berikut beberapa tips cermat mengumpulkan dana untuk persiapan pernikahanmu.

1. Sisihkan dari Gaji

Menyisihkan sebagian gaji atau penghasilan adalah hal pertama yang harus kamu lakukan kalau ingin tabungan nikah cepat terkumpul. Sebaiknya tetapkan berapa persen yang harus kamu anggarkan per bulannya (misalnya 40% dari gaji) dan konsistenlah agar target tercapai. 

2. Menabung bersama Pasangan

Selain menabung pribadi, kamu dan calon juga sangat disarankan untuk membuka rekening bersama untuk tabungan khusus biaya pernikahan. Dengan cara ini, kalian bisa saling memotivasi agar tercapai nominal yang diharapkan. Tapi ingat, jangan gunakan dana tabungan untuk keperluan selain pernikahan, ya.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Target tentu akan lebih cepat tercapai kalau jumlah uang yang ditabung makin besar. Nah, kamu bisa memenuhinya dengan cara mencari uang tambahan di luar penghasilan utama. 

Selain menjalankan bisnis, kamu atau pasangan juga bisa memanfaatkan skill yang dimiliki, misalnya menerjemah, menulis, membuat desain grafis, mengajar les, atau menjalani pekerjaan apa pun yang sesuai dengan passion-mu.

4. Bawa Bekal Makan Siang

Mungkin terlihat sepele, tapi ternyata kebiasaan makan di luar bisa membuat pengeluaranmu membengkak, lho. Akhirnya dana yang seharusnya ditabung untuk biaya pernikahan pun habis tak tersisa.

Trik menghemat yang wajib kamu lakukan adalah dengan membawa bekal makan siang tiap hari ke kantor. Kurangi juga kebiasaan membeli kopi. Selain harganya mahal, minuman semacam itu juga kurang bagus untuk kesehatan.

5. Pesta Sesuai Kemampuan

Momen spesial sekali seumur hidup seringnya membuat banyak calon pengantin jor-joran dalam membelanjakan uang, tak jarang sampai terpaksa berutang. Lebih baik adakan resepsi sesuai dengan kemampuan, ya. Buat anggaran yang jelas sehingga proses menabungmu pun lebih terarah. Yang penting kamu dan pasangan sah, kan?

6. Investasi di Qazwa

Selain kelima cara di atas, target keuangan untuk biaya pernikahan juga bisa dicapai dengan berinvestasi melalui Qazwa. Dengan keuntungan mencapai 24% per tahun, kamu bisa memulai investasi hanya dengan Rp5.000, lho. Qazwa juga merupakan platform investasi syariah yang bebas riba, aman, dan sudah terdaftar di OJK. 

Asalkan niat dan berkomitmen kuat, mengumpulkan tabungan nikah bukan hal yang sulit, kok. 

Yuk, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah, agar hidup jadi lebih berkah.



Klik untuk komentar