Catatan Materi Belajar Fotografi Menggunakan Kamera Handphone

Tunas Muda Babelan Belajar Fotografi Dengan Kamera Handphone
Mengenal Literasi Digital bersama Komunitas Tunas Muda Babelan 
Jika kamu aktif dalam berbagai kegiatan, suka bepergian ke berbagai tempat, atau kamu gemar memotret tapi tidak memiliki kamera, maka kamu dapat memanfaatkan kamera handphone (ponsel) yang kamu miliki dengan sebaik mungkin untuk memaksimalkan kualitas hasil foto kamera ponsel kamu.

Dengan terus berkembangnya spesifikasi dan teknologi yang ada pada kamera ponsel, jika digunakan dengan teknik dan pemahaman yang baik akan dasar-dasar fotografi, maka saya yakin hasil foto kamera ponsel pun tidak akan mengecewakan.

MEMANFAATKAN CAHAYA

Pertama yang mesti kita pahami adalah pengertian dasar istilah fotografi yang berarti melukis dengan cahaya, maka sesuai maknanya, unsur terpenting dalam fotografi adalah cahaya. Semakin baik pencahayaan pada objek foto, maka semakin jelaslah foto yang akan dihasilkan. Memotret di ruang yang pencahayaannya kurang terang maka akan menghasilkan foto yang tidak maksimal atau gelap.

Untuk memotret di dalam ruangan maka perlu dipastikan adanya pencahayaan yang cukup, baik dari sinar matahari ataupun sumber cahaya lainnya (blitz, lampu, senter dll). Tapi perlu diperhatikan, cahaya tambahan tersebut tidak berlebihan, karena cahaya yang berlebihan bisa menyilaukan hasil foto. Jika hal itu terjadi, pertimbangkanlah untuk bereksperimen dengan white balance dalam memanipulasi jumlah cahaya yang muncul pada foto anda.

Mengenali cahaya akan melatih kita peka terhadap intensitas cahaya  apakah berlebihan atau kurang, dari mana cahaya datang, ke mana bayangan jatuh dan apakah perlu sumber cahaya pembantu, dan seterusnya.
Kemah Silaturahmi Pramuka Tunas Muda Babelan
Kemah Silaturahmi Komunitas Tunas Muda Babelan 

MANFAATKAN GARIS BANTU

Setiap handphone memiliki "Garis Bantu" yang akan membagi layar menjadi beberapa bagian, ada yang menamakannya grid, garis kisi dan lain-lain. Aktifkan fitur garis bantu melalui menu setelan (setting) kamera sesuai dengan menu bawaan kamera masing-masing. 

Garis bantu paling sederhana adalah garis bantu 3x3 dimana layar tampilan kamera akan dibagi menjadi 9 ruang, 3 vertikal dan 3 horizontal. Manfaat garis bantu adalah untuk memudahkan kita memastikan bahwa gambar yang sedang kita bidik lurus dan rata baik secara vertikal ataupun horizontal. 

Kita dapat menggunakan garis-garis imajiner yang tertangkap layar saat membidik objek, baik itu garis pembatas jalan, tiang listrik, sudut dinding, garis-garis petak lantai dan lain-lain.

Selain itu kita akan belajar komposisi fotografi yang dikenal dengan istilah Rule Of Third di mana setiap foto akan terbagi menjadi 3 bagian yang memperjelas posisi objek.  3 bagian sesuai garis bantu itu adalah: latar depan (fore ground), tengah (middle) dan latar belakang (background). Kemudian secara horizontal garis bantu akan membagi foto menjadi 3 bagian pula, kanan, tengah dan kiri. Dengan pembagian ini kita akan lebih mudah menentukan  atau memposisikan objek foto kita saat membidik kamera.

2 point itu saja yang saya sampaikan pada saat diundang sharing dalam grup WhatsApp mengenai pengenalan dasar fotografi oleh Komunitas Pramuka Tunas Muda Kwartir Ranting Babelan. Grup yang hanya direncanakan untuk berumur seminggu ini (4 s/d 11 Oktober 2019) diikuti sekitar 30an anggota Tunas Muda dengan intensitas diskusi yang sedang.

Grup WhatsApp ini juga kelanjutan dari materi yang saya berikan sebelumnya pada saat Kemah Silaturahmi 3 pada perayaan ulang tahun ke-2 Komunitas Tunas Muda dimana saya menyampaikan materi literasi digital kepada anggota dan calon anggota Tunas Muda. Saya sempat menyinggung filterisasi konten di sosial media dan mendorong anggota Tunas Muda memproduksi konten positif berupa dokumentasi dan informasi seputar kegiatan-kegiatan yang banyak mereka lakukan.

Dalam grup WhatsApp itu, selain materi pencahayaan dan garis bantu, dari sesi tanya jawab sebenarnya sudah membahas materi dan juga tips-tips memotret dengan kamera ponsel lainnya. Diantaranya, gunakan resolusi tertinggi yang disediakan, selalu bersihkan lensa kamera sebelum dipakai, sebisa mungkin tidak menggunakan zoom, dekati objek, manfaatkan menu shutter/raya di layar ponsel agar tetap fokus dan tidak goyang saat memotret dan sebagainya. 

Tujuan sharing ini adalah memberikan wawasan kepada teman-teman di Komunitas Tunas Muda agar lebih sering lagi dalam mendokumentasikan kegiatan-kegiatan mereka melalui foto yang mereka ambil dari kamera handphone lalu membagikannya sebagai konten positif di media sosial. Semoga bermanfaat.

Salam.


Klik untuk komentar