Cara Cepat Dan Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang di Hp Android

Perkara mengembalikan data yang hilang di HP Android ini memang masalah yang gak bisa juga dibilang gampang. Saya sudah sering menerima keluhan dari teman-teman pembaca blog soal hilangnya data-data penting seperti kontak, SMS, Call Log, Chat Whats App, Galeri Foto dan Video, dokumen serta file lainnya. Saya selalu mengingatkan untuk melakukan backup data penting HP sebelum mencoba mengikuti tutorial yang saya berikan. 

Cara Cepat Dan Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang di Hp Android

Di dalam halaman disclaimer pun saya sudah tegaskan, untuk segala macam artikel yang bersifat tutorial saya tidak bertanggungjawab atas kerusakan dan kerugian yang terjadi, risiko ditanggung sendiri alias DWYOR (do with your own risk). Namun demikian sekarang saya buat post untuk membantu teman-teman yang mengalami kehilangan data di HP. Semoga dengan artikel ini bisa membantu teman-teman dengan cepat dan mudah mengembalikan data yang hilang di HP Android teman-teman.

Smartphone Android sebenarnya sudah memudahkan cara back up dan sync dengan banyak cara. Salah satunya dengan menyediakan menu Backup & Restore, akan tetapi karena memerlukan koneksi internet dan juga alasan lainnya, kemudahan ini tidak menjadi pilihan semua orang. Kadang juga walaupun sudah kita back up, ternyata masih ada saja file yang hilang setelah kita restore, dan kita tidak tahu bagaimana lagi caranya untuk dengan cepat dan mudah mengembalikan data yang hilang tersebut.

Untuk data yang tersimpan dalam memori eksternal mungkin lebih aman, karena kita dapat mencopot dan menyalinnya (copy) di laptop atau PC secara langsung, tapi untuk data yang tersimpan dalam memori internal HP memang agak sulit untuk menyalinnya, dibutuhkan software bawaan HP ataupun software tools lainnya.

Nah untuk file-file yang tersimpan di dalam memori internal HP ataupun SD Card/Memory eksternal yang sudah terlanjur terhapus maka kita bisa mencoba mengembalikannya melalui PC/Laptop dengan menggunakan software gratis yaitu EaseUS MobiSaver for Android Free 5.0. EaseUS MobiSaver for Android Free 5.0 ini adalah salah satu produk dari EaseUS yang merupakan perusahaan software ternama dalam bidang data backup, recovery, disk manajemen dst.
Cara Cepat Dan Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang di Hp Android

Aplikasi EaseUS MobiSaver for Android ini adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk memulihkan data atau mengembalikan data yang hilang di HP Android, atau juga data yang terhapus. Ragam jenis file yang dapat dipulihkan dengan aplikasi ini juga cukup lengkap loh, mulai dari foto, kontak, video, file musik dan banyak lagi.

Ok langsung aja yah saya share bagaimana cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Hp Android.

Langkah-langkah Cara Cepat Dan Mudah mengembalikan data yang hilang di HP Android, khususnya di memory internal dengan menggunakan Software EaseUS MobiSaver:

  1. Download aplikasi EaseUS MobiSaver di situs resminya lalu instal. Terdapat 2 pilihan sesuai dengan OS yang kita gunakan, yaitu Windows dan Macintosh. Pastikan teman-teman hanya mendownload dari situs resminya agar keamanan terjamin dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan lainnya. Untuk download EaseUS MobiSaver KLIK DI SINI.
  2. Install di PC/Laptop dan jalankan aplikasi EaseUS MobiSaver.
  3. Hubungkan HP/perangkat Android yang akan di-recovery datanya ke pc/laptop.
  4. Klik tombol Start.
  5. Scan atau pindai, proses scan ini untuk menemukan kembali file yang hilang atau terhapus pada perangkat smartphone anda.
  6. Jika sudah selesai proses scan maka akan terlihat file- file dari hasil scan tersebut. Di antara file atau data tersebut teman-teman dapat memilih file-file yang sudah terhapus atau hilang yang telah berhasil ditemukan untuk di-recovery..
  7. Untuk mengambil kembali file tersebut maka pilih file yang diinginkan lalu klik tombol “Recovery”. Kemudian akan muncul menu untuk memilih lokasi folder akan kita gunakan untuk menyimpan file hasil recovery.
Cara Cepat Dan Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang di Hp Android

Aplikasi ini akan dapat bekerja maksimal pada perangkat HP/smartphone Android yang sudah di-root. Soal root HP bisa baca: Cara Cepat Root HP Android atau silahkan cari tutorial bagaimana cara root Android yang sesuai dengan HP teman-teman.

Selain kegunaan cepat dan mudah mengembalikan data yang hilang di HP Android, kita juga bisa menemukan menu dan fasilitas yang lebih banyak lagi pada aplikasi EaseUS MobiSaver versi trial dan dapat meng-upgrade ke versi full jika memang memuaskan. Atau mau coba EaseUS Data Recovery untuk mengembalikan data yang hilang pada hardisk PC/Laptop? :)

Salam.

1 komentar:

Klik untuk komentar