15 Aplikasi Lite Versi Ringan Buat HP Dengan RAM Terbatas

Sejak tahun 2005 kita sudah mengenal Opera Mini, sebuah browser versi "lite" untuk berselancar di internet melalui HP baik dengan operating system Java MIDP 2.0/ Java J2ME, Android, Windows Mobile, iOS, BlackBerry OS, UIQ3, Symbian, dan Zeebo. Tidak lama kemudian sekitar tahun 2007 facebook yang sudah mulai dikenal juga membuat aplikasi "lite" kemudian disusul proyek "Facebook Zero" untuk menggaet pengguna yang lebih luas.

15 Aplikasi Lite Versi Ringan Buat HP Dengan RAM Terbatas

Apa yang dilakukan oleh 2 merek besar itu setidaknya membuat teman-teman pengguna HP Android dengan RAM terbatas atau berspesifikasi biasa-biasa saja bisa sedikit tenang dan gak perlu ikut-ikutan galau berburu gadget anyar dengan spesifikasi premium kalau budget belum memadai.

Tidak selamanya para pengembang software dan aplikasi terus menyasar HP premium zaman now, beberapa pengembang tetap mengembangkan aplikasi versi "lite" mengikuti jejak Opera dan Facebook. Siapa saja mereka dan aplikasi apa saja yang sekarang tersedia dalam bentuk versi "Lite" atau versi ringan?

Buat saya sendiri masih menggunakan beberapa aplikasi versi lite ini karena aplikasi kecil ini lebih hemat dalam penggunaan resources sehingga tidak membebani RAM dan hemat baterai.

Hal lain karena penggunaan data yang lebih irit kuota internet karena banyak hal tampilan dan menu yang sudah disederhanakan. Menu-menunya lengkap hanya ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu penting buat saya sehingga aplikasi versi lite sudah cukup memuaskan.

15 Aplikasi Lite Versi Ringan Buat HP Dengan RAM Terbatas

Ini ada beberapa aplikasi versi "lite" yang bisa saya kumpulkan dari berbagai sumber, selebihnya silakan berbagi informasi aplikasi apa saja yang belum ada dalam list saya ini.
  1.     Facebook dan Facebook Messenger – FB Lite dan FB Messenger Lite
  2.     UC Browser – UC Mini
  3.     Baidu – Baidu Mini
  4.     Line – Line Lite
  5.     Twitter – Twitter Lite
  6.     Clean Master – CM Lite
  7.     CM Security – CM Security Lite
  8.     360 Security – 360 Security Lite
  9.     360 Camera – Camera 360 Lite
  10.     Skype Android – Skype Lite
  11.     Browser Firefox Android – Firefox Focus & Firefox Rocket
  12.     Yandex Browser – Yandex Browser Lite
  13.     Shazam – Shazam Lite
  14.     Linkedin – Linkedin Lite
  15.     Youtube – Youtube Go
Oh iya, ada juga beberapa aplikasi yang menyandang nama "lite" guna membedakan versi aplikasi yang gratis dan berbayar (Pro), seperti Camera FV-5 Lite dan Internet Speed Meter Lite. Aplikasi lite ini tidak termasuk dalam bahasan kita kali ini bro :)

Baca: Apa beda Pro apps, Freemium, in-app purchase dst?

Gak perlu lagi kayaknya saya review aplikasi versi lite karena sudah banyak yang bahas, intinya jangan ragu untuk menggunakan aplikasi mini atau versi lite ini, buat saya, banyak sekali keunggulan di balik keterbatasannya.

Kalau ada aplikasi "lite" lain yang belum masuk dalam list ini tolong beritahu saya di kolom komentar yah, terima kasih.

Salam.

[Artikel merupakan kompilasi dari berbagai artikel sumber]

Artikel ini memiliki 7 Komentar

  1. Favorit aku sih yang FB lite, kalau Line Lite kurang menarik karena ga bisa buka file ataupun kiriman tertentu yang dibagiin teman di grup.

    Jangan lupa kunjungan balik ya ke blog ku di BisaHukum.blogspot.com Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah beberapa aplikasi akan hilang menu-menu/fiturnya di aplikasi versi lite. Ok gan, makasih sudah mampir.

      Hapus
  2. Meskipun yang versi Lite ini banyak fitur yang hilang, tapi buat pengguna hape spek rendah ya lebih baik pake daripada enggak sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar :) gak jauh bedanya dan menu-menu utamanya tetap ada kok walau gak selengkap aplikasi versi biasa

      Hapus
  3. pernah line lite, tapi tidak semenarik fitur line pada umumnya, mungkin lite itu apps dengan fitur terbatas yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, aplikasi lite hanya menyediakan menu dan fitur paling utama ajah, untuk HP dengan ruang penyimpanan internal yang kecil sangat terbantu dengan adanya aplikasi lite version karena ukuran file yang digunakan jauh lebih kecil dari aplikasi angroid normal :)

      Hapus
  4. Kalau saya pakai yang versi lite itu yang Messenger FB, Om. Ringan beut loadingnya ketimbang yang biasa. Kalau yang lain masih pakai yang biasa sih, meskipun pernah juga instal dua sekaligus; Facebook dan Facebbok Lite hahaha. Mau coba Twitter lite nanti.

    BalasHapus