Desain Blog Tidak Penting Tapi Jangan Diabaikan

Seberapa penting desain blog?
Pertanyaan ini akan sangat tergantung kepada siapa kita bertanya. Berkaca pada kebiasaan saya dalam kegiatan blogwalking maka desain sebuah blog adalah sesuatu yang saya perhatikan lebih dahulu... seperti tagline iklan "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda".

"Kesan pertama" ini yang membuat para desainer web dan "desainer wannabe" semacam saya selalu memperhatikan perkembangan desain dari web-web ternama dan desain-desain yang sedang populer. Desain blog yang baik itu juga bukan sesuatu yang statis, percuma saja kalau desain yang menurut kita bagus tapi malah membuat pengunjung blog bingung :)
Tampilan blog akhirnya hanya berusaha mencuri perhatian di detik-detik pertama pembaca yang mengunjungi blog kita, selebihnya pengunjung akan lebih memperhatikan konten atau isi dari sebuah blog. Namun demikian soal kemudahan navigasi, menu-menu yang "user friendly" tetap wajib menjadi pertimbangan pemilik blog.

Jika ingin dirinci apa sih yang penting dari sebuah desain?, kalo menurut sotoylogi mungkin jawabnya adalah sebagai berikut:

Serasi
Dari mulai Lay Out (Tata Letak), Warna sampai huruf yang dipakai (font) ini idealnya enak dilihat dan gak bikin kepala pusing :D Warna-warni pastel saat ini banyak yang pakai, gradasi warna juga membuat pembaca nyaman, terobosan jika tidak pasti soal warna yah beralih ke style minimalis yang dominan warna putih juga bisa dipertimbangkan. Soal warna saya mengandalkan web http://www.color-hex.com/ untuk mencari kombinasi warna yang kira-kira sesuai selera.

Jangan remehkan font pada blog/web Kamu. Judul, sub judul setidaknya musti jelas dapat dibedakan dengan isi artikel, list-list dan peletakan gambar/foto pendukung juga menentukan serasi atau tidaknya sebuah komposisi perwajahan blog kita.

Lebih lanjut soal Font, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kode CSS adalah pada properties Line Height (tinggi baris), font-family, font-size dan seterusnya. Untuk line height, gunakan minimal ukuran 1,3 untuk konten (line-height:1.3;). Font family adalah jenis huruf yang kita gunakan. Dan untuk font-size, gunakan minimal ukuran 11px untuk konten (font-size:11px;). Perhatikan juga warna font. Rekomendasi saya, gunakan kode warna yang tegas kombinasi dari #333 – #777 (Hitam keabu-abuan) untuk font konten.Usahakan ada perbedaaan warna untuk judul dan sub judul. Soal font cobalah cari di https://www.google.com/fonts

http://1.bp.blogspot.com/-vIK2VGpmO7g/VPyx-uiOnoI/AAAAAAAAAlE/z3LOsfm8QyQ/s1600/website_sketch_blog.png
Picture from: https://www.graffletopia.com/stencils/459

Responsive
Secara singkat Desain Responsive adalah sifat desain sebuah situs dimana ketika diakses di perangkat apapun (PC/NoteBook/tablet/SmartPhone/HP dst), Tata letak blog akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada perangkat. Di era tablet dan SmartPhone ini, desain sebuah web yang responsive sangat diperlukan agar blog Kamu tetap menarik pada perangkat apapun yang pengunjung pakai.
Untuk Blog jenis blogspot, Desain responsive secara default sudah ada disediakan walaupun dengan tampilan yang sederhana. Sedangkan, untuk Wordpress ataupun web yang tidak memakai CMS, harus mengatur sendiri. Untuk menguji responsive dan mobile friendly kamu bisa cek di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Kecepatan Loading 
Satu hal yang menjadi permasalahan dalam template blog yaitu kecepatan loading blog. Hal inilah yang memang jadi patokan blogger untuk tetap nyaman dikunjungi dan meningkatkan SEO. Biasanya template blog dengan kecepatan loading yang baik memiliki size template tidak sampai 1mb. Lebih dari itu biasanya agak lamban. Untuk menguji kecepatan loading web, kamu bisa test secara online di http://tools.pingdom.com/fpt/

Komposisi isi
Hal pertama sebelum mendesain blog adalah mengkaji desain yang bagaimana yang paling cocok untuk diterapkan di blog kamu. Jangan sampai salah. Sebaiknya Kamu mencari referensi dulu desain yang seperti apa yang cocok dengan topik blog Kamu. Jika blog Kamu tentang travel, sebaiknya Kamu kunjungi dulu web/blog terkenal yang membahas travel, sekadar untuk referensi tata letak dan mengadaptasi yang kamu rasa bagus untuk diterapkan di blog kamu.

Terakhir, hal yang sangat perlu diperhatikan lebih dari template adalah mengenai konten alias isi blog. Ibaratnya rumah bagus tanpa ada barang sedikitpun atau kualitas barang di dalamnya kurang baik, kan jadi serem juga. So,  sebuah konten atau isi dari blog adalah hal utama dalam blog. Karena konten tersebutlah yang akan menarik pengunjung melalui google search dan pencarian lainnya.

Itu aja yang bisa saya share, sudah terlalu lama di draft :D

Artikel ini memiliki 2 Komentar

  1. Pertama ngeblog tahun 2002 itu, suka iri ngelihat blog temen-temen yang kece-kece. Sama si Phie saya disemangatin soal konten, bukan soal desain. Lha saya kan cuma bisa tinggal pakai apa yang tersedia :D
    Trus Mami Vi3 bikinkan layout untuk saya, terus si itu, si ini, sampai terakhir Om Bisot yang tangani layout blog saya hahahahahaeee.
    Setuju, pada akhirnya konten blog lah yang menjadi daya tarik dari sebuah blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah sekarang semangat ngeblognya yang susah dipelihara, yuk cemungudh :)

      Hapus