Sukcit Stuff Dari "Bawah Tanah" Mencari Berkah

Mencari merchandise band-band Underground bukan merupakan hal yang mudah. Hanya kios-kios tertentu yang menyediakan perlengkapan Underground Fashion mulai dari T-shirt, topi, jaket hoodie hingga pernak-pernik seperti gelang dan lainnya. Masalahnya kios-kios seperti inipun sulit didapatkan kecuali jika sedang ada event konser atau perhelatan yang cukup ramai sehingga mengundang para penjual perlengkapan ini mau menggelar barang dagangannya dalam acara tersebut.
Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi
Customer setia Suckit Stuff
Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi
Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi
Untuk komunitas Underground di Bekasi nama Sukcit Stuff sudah tidak asing lagi. Berangkat dari hobi bermusik, seiring waktu berbagai karya telah dihasilkan secara independen melalui studio Suckit Records yang juga telah membantu perekaman band indie lain untuk merekam hasil karya mereka hingga akhir tahun 2006.

Musik adalah ekspresi, komunikasi dan bahasa lain yang dikemas dalam bentuk audio (suara) dengan nada dan ritme serta diperkuat lirik berisi pesan-pesan yang ingin dikomunikasikan. Musik underground memiliki karakternya sendiri, yang sulit dipahami oleh penikmat musik populer. Ritme yang umumnya cepat, suara alat musik dengan kandungan pekat "distorsi" bukanlah menu umum yang akan mudah dinikmati telinga masyarakat umum.

Jiwa kreatif muda yang masih menggebu mencari jati diri dan menolak kemapanan keadaan membuat mereka mencoba kegiatan lain selain berkecimpung dalam aktivitas bermusik. Membawakan musik bawah tanah yang anti mainstream dan sulit dinikmati oleh telinga masyarakat umum membentuk karakter mandiri yang gelisah menghadapi ketidak berdayaan dan status quo. Adrenalin dan mobilitas tinggi (jiwa muda) mengantar pemuda-pemuda mandiri ini mengembangkan banyak hal lain demi menyalurkan kreativitasnya.
Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi
Perpustakaan mini dalam distro
Tahun 2011 berawal dari studio musik rekaman indie, Suckit Stuff mulai mencoba merambah wadah kreativitas dan bidang usaha lainnya dengan menyediakan kebutuhan fashion underground. Suckit Stuff kini menjadi wadah untuk kebutuhan fashion underground dari merchandise band seperti T-shirt atau kaos band, design, percetakan, dan segala hal yang berupa dukungan kepada komunitas underground khususnya untuk Kota dan Kabupaten Bekasi.

Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi

Ditanyakan soal bisnis merchandise atau underground fashion, crew Suckit Stuff berterus terang mengenai "dapurnya".
"Sebagian item yang dijual masih bersifat titipan konsinyasi dari beberapa band atau pihak lain, Suckit Stuff hanya menjembatani penjualan produknya. Yang pasti 10% dari setiap item yang terjual dialokasikan untuk kegiatan sosial baik berupa bakti sosial ataupun aksi sosial lainnya” ungkap Bayu salah satu penggiat Suckit Stuff.
"Produk kami mengandalkan kualitas karena eksklusif dan terbatas, kami berusaha memuaskan teman-teman dan menjaga hubungan baik sesama komunitas penggiat musik underground"
Lebih lanjut Bayu juga menjelaskan bahwa komitmen Suckit Stuff bukan usaha untuk mengejar keuntungan bisnis, tapi lebih kepada misi mendukung komunitas underground Bekasi dan wadah jual beli karya teman-teman dalam mengekspresikan kreativitasnya.
Sukcit Stuff Bakti Sosial Bekasi
Bakti Sosial
"Soal keuntungan itu anggap saja bonus, kami tetap having fun, mengerjakan apa yang kami sukai, jika bisa menghasilkan dan dapat berkontribusi positif kepada masyarakat itu sudah sangat kami syukuri" tegasnya.


Dengan modal pas-pasan Suckit Stuff tetap berusaha berkreasi positif, hasil dari kreativitasnya tidak lupa disumbangkan dalam berbagai aksi sosial sebagai bukti bahwa komunitas underground tidak antipati pada keadaan sekeliling khususnya kaum marjinal yang menjadi sasaran dalam setiap aksi bakti sosial mereka bersama komunitas lain yang tergabung dalam Bekasi Collective Control Social sejak 2007 silam.

Sukcit Stuff Bakti Sosial Bekasi
Banjir Bekasi 2014
Sukcit Stuff Bakti Sosial Bekasi
Bantuan kepada SMP Terbuka Samuderajaya Tarumajaya
Sukcit Stuff Bakti Sosial Bekasi
Bantuan kepada siswa sekolah
Kemarin siang, Minggu 4 Oktober 2015 Suckit Stuff bersama komunitas lain yang tergabung dalam Bekasi Collective Control Social blusukan ke Kampung Tambun 3 bagian Desa Samuderajaya Kec. Tarumajaya Kab. Bekasi. Komunitas yang memiliki moto: Belajar Bersama Untuk Peka ini singgah ke sebuah gubug pinggir sawah untuk memberikan bantuan terkait pendidikan kepada seorang siswi kurang mampu. Alhamdulillah kini siswi tersebut sudah kembali ke sekolah.

Lanjutkan bro, saya salut dengan kreatifitas positif dan usaha kalian yang inspiratif.

Sukcit Stuff Distro Underground Fashion Bekasi

Suckit Stuff
Gang Baru Jalan H. Hamdani RT. 05/025 No. 23 Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara
CP Bayu: 0856 8123 223 / 29fd7a5f

Facebook  > Suckit Stuff 
Instagram > @suckit_stuff

Klik untuk komentar