Cari Baju Pangsi? Yuk Mampir di Distro Blarak Semplak Bekasi

Membuka peluang kerjasama usaha supplier golok, sendal, baju pangsi, anak dewasa, silat, betawi, kebaya aksesoris terkait Budaya Betawi dan Sunda khas Bekasi
distro busana tradisional budaya Bekasi
Distro Blarak Semplak

Sepasang patung manekin berbusana baju adat Betawi dengan baju pangsi berwarna ungu lengkap dengan songkok dan berkalung sarung berdampingan dengan manekin berkebaya berdiri di etalase, seakan menyambut kedatangan siapa saja yang hendak singgah. 

Begitu pula pasangan manekin di sebelahnya, berbalut baju koko berpasangan dengan pakaian kebaya warna terang yang memancarkan aura tenang dan damai wajah distro ini.

Etalase yang sekaligus menjadi pintu masuk juga dilengkapi lemari hias dari kaca yang berisi berbagai  pakaian dan busana tradisional khas adat Bekasi juga aksesorisnya. Ruko berukuran 4x3 meter ini dikenal dengan Distro Blarak Semplak Bekasi.

Terletak di seberang SMK Karya Guna, Jalan Borobudur Perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur Kotamadya Bekasi, Distro Blarak Semplak setahun belakangan ini fokus berjualan pakaian tradisional Bekasi. Saat ini distro telah pindah ke Jl. Prof. Moh. Yamin Blok Delima No.49, RT.003/RW.002, Duren Jaya, Kec. Bekasi Timur.

"Distro Blarak Semplak ini saya hadirkan untuk mempermudah warga Bekasi yang ingin mencari busana-busana tradisional budaya Bekasi, selain itu juga untuk memperkenalkan dan melestarikannya. Dari celana Batik Betawi sampai aksesoris ikat kepala blarak semplak dan amben ada di sini". ungkap Mak Lilies menjelaskan.

Mak Lilies Sri sang pemilik distro dulunya sempat mengelola salon, namun sekarang beralih ke penjualan fashion tradisional busana adat, khususnya fashion adat Betawi. 

Sebut saja Baju Pangsi berbagai warna tersedia lengkap dengan songkok/peci berwarna merah dengan pin golok dari kuningan yang tersemat, amben/ikat pinggang, di sebelahnya terdapat manekin memperagakan Kebaya Encim dengan dipermanis kerudung bermotif warna senada. Baju Koko Sadariah juga terpajang rapih pada manekin di bagian dalam ruko.


distro busana tradisional budaya baju pangsi Bekasi
Mak Lilies owner Distro Blarak Semplak

Menurut perempuan yang selalu mengenakan pakaian mode etnik ini, usaha distro pakaian tradisional ini memang tidak ramai dan merupakan peluang usaha yang masih sepi persaingan namun itu bukan berarti tidak ada kendala. 

Mak Lilies mengaku agak sulit mengumpulkan barang-barang dari berbagai pemasok untuk melengkapi distronya. Supplier kebanyakan dari luar Bekasi sehingga ada proses pengiriman dan tentunya ongkos kirim yang perlu disiasati agar tidak terlalu mahal ketika dijual kepada para pembeli.

"Saya membuka peluang kerjasama usaha kepada siapa saja, baik konsinyasi atau titip jual kepada siapa saja, sampai saat ini saya masih mencari supplier golok, sandal, baju pangsi Bekasi, baju adat betawi untuk anak, baju tradisional betawi dewasa seragam silat dan aksesoris yang terkait fashion pakaian Budaya Betawi dan Sunda khas Bekasi" tuturnya saat ditanyakan suka-duka membuka usaha distro pakaian budaya.


distro busana tradisional budaya BekasiDitanyakan mengenai tips-tips usahanya Mak Lilies hanya tersenyum.
"Tidak ada yang istimewa, intinya musti sabar, tekun dan pandai membaca peluang. Misalnya pada bulan Agustus menjelang peringatan hari Kemerdekaan RI, anak-anak usia sekolah biasanya akan ramai mencari pakaian adat betawi untuk anak, untuk karnaval ataupun lainnya, ini peluang usaha dan kesempatan untuk saya memperkenalkan budaya Bekasi melalui pakaiannya" ujarnya bersemangat. 

"Saya akan turut serta merayakan dengan memberi discount khusus Hari Kemerdekaan RI untuk baju-baju adat Betawi untuk anak-anak," lanjut Mak Lilies mempersilahkan saya mencicipi kue-kue tradisional Bekasi.


"Saya juga memanfaatkan sosial media seperti Facebook untuk memajang koleksi dagangan, tanggapan dari teman-teman dan keluarga cukup positif, itu membuat saya semakin bersemangat menjalankan usaha ini. Ke depannya saya ingin terus mengembangkan distro ini bukan hanya menjual fashion pakaian adat, tapi juga segala macam kebutuhan kesenian dan budaya Bekasi seperti alat-alat musik dan lain-lain".

Hari menjelang malam saat saya berpamitan, tanpa terasa telah 3-4 jam bersilaturahmi ngobrol ngalor-ngidul di Distro Bekasi yang lumayan ramai didatangi pembeli bahkan dari luar Bekasi. 

Sudah sekian gelas kopi tidak terasa tandas, belum lagi kue-kue dan bermacam makanan ringan. :) Sebelum pulang saya sempatkan membeli 2 celana batik Betawi panjang untuk suasana santai di rumah.


Oh iya kalo kalau mau tahu lebih lanjut mengenai Distro Blarak Semplak Bekasi dan produk-produk koleksinya, silakan hubungi Mak Lilies di nomor: 0877-8841-5261 / 0813-1042-9367 atau silahkan invite pin Blackberry Messenger: 2BB292F9 atau berteman di Facebook-nya.

Atau klik gambar whatsapp ini untuk chat langsung dengan Mak Lilis




Selamat berburu Baju Adat Betawi, Baju Pangsi Bekasi, mode kebaya Betawi, celana batik Betawi dan macam-macam :)

Update: Distro telah pindah ke alamat: Jl. Prof. Moh. Yamin Blok Delima No.49, RT.003/RW.002, Duren Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17111 



distro busana tradisional budaya betawi sunda pangsi Bekasi


Alamat Distro Bekasi Blarak Semplak Bekasi bisa cek di peta google ini.
(Cari aja di google map: Pakaian Adat Betawi Blarak Semplak Mak Lilis)




42 komentar

  1. Jadi tau kemana beli baju tradisional di sekitaran bekasi, makasih om postingannya
    1. sama-sama, terima kasih sudah mampir
  2. Oh iya ini kan yang di depan SMK Karyaguna nih.... makasih infonya bang
    1. Iya betul sekali
  3. Minta alamat lengkapnya dong
    1. Saya tambahkan tampilan peta google map aja yah, saya gak yakin alamat pastinya :)
  4. Minta alamat lengkapnya dong
    1. seberang SMK Karya Guna, Jalan Borobudur Perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur Kotamadya Bekasi
  5. Usaha yg bagus demi mempertahankan budaya yg semakin tahun semakin sirna ... Kata siapa indonesia sudah merdeka .. Ya kata siapa ya kata siapa .. Budaya sendiri hilang di jajah budaya barat ...
    1. Hehehe siap Mbah :)
  6. Ikat kepala sunda yg sering digunakan kang emil ada ga gan?
    1. Kalau kainnya ada bang, kalo yang udah siap pakai kudu mesen kayaknya, kontak ke Mak Lilis ajah di nomor 0877-8841-5261 / 0813-1042-9367
  7. Keren bang, makasih infonya 🙏🙏🙏
    1. Ya sama-sama, silakan langsung kontak nomornya yah 🙏
  8. Wah iya ituh, koleksi baju pangsi lengkap romannah itu bang, ok makasih infonya bang 🙇🙏
    1. Siiip makasih udah mampir
  9. Boleh nih kapan-kapan belanja di sini ah 😚 cari baju kebaya Betawi kali ada yang murah berkualitas. Dekat pula masih sekitaran Bekasi tokonya
    1. Ya tentu saja boleh :) silakan kontak aja dulu nomor telepon Mpok Lilis yang sudah ada dalam artikel
  10. Keren sih, kapan-kapan mampir ah, terima kasih
    1. Ya Bu Eka, silakan mampir :)
  11. Minta alamat lengakap ya dong saya lg nyari baju pangsi bt anak saya umur 8tn ada gak
    1. Baju Pangsi untuk umur 8 tahun dll ada kok, alamatnya Jl. Candi Borobudur No.3, Duren Jaya, Bekasi Timur. Itu sudah ada peta google map dan nomor telponnya kan, bisa langsung telpon ke penjualnya. Mak Lilis :)
  12. Tokonya masih aktif ga ya gan mau cari ikat pinggang betawi ada ga ya?
    1. Masih aktif kok, telp/WA aja dulu sebelum ke sana sekalian tanya2 produk ikat pinggang betawinya apa tersedia :)
    2. Harganya brp ya baju pangsi satu stel??
    3. Kalau harga saya gak mantau perkembangannya, tapi kualitas baju pangsinya lumayan baik, punya anak saya sudah 4 tahun masih bagus :) yah jarang dipakai juga sih hehehe
    4. Boleh minta kontak telp atau wA
    5. Mak Lilis: WA/telp: 0813-1042-9367
  13. Nah ini yang dicari-cari, rada susah nyari baju pangsi kualitas distro, mending rada mahalan tapi awet. makasih inponya
    1. Hahaha harga beda kualitas beda :) kalo untuk yang awet yah cari di distro, baju tradisional yang cuma dipake saat acara-acara khusus emang kudunya kualitas baik lah biar awet :)
  14. mksh inponya susah nyari baju pangsi di bekasi
    1. sama-sama terima kasih sudah mampir, kalau cari baju pangsi di bekasi kontak aja nomor di atas :)
  15. Nah ini yang kita cari-cari baju pangsi di Bekasi, makasih infonya
    1. Ashiapppp terima kasih sudah mampir, kalau cari baju pangsi di bekasi kontak aja nomor di atas bilang aja dari gue hehehe :)
  16. Mau dong baju pangsi anak anaknya 😏
    1. Baju pangsi betawi Bekasi buat anak-anak bagusnya yang warna merah biar ngejreng :)
  17. Kebetuulan saya deket dengan lokasi,mngkin nanti ketika mau mebeli baju tradisional sya bisa ke sana nih..
    1. Alhamdulillah, silakan bang, baju tradisional betawi anak, baju pangsi buat bapaknya, kebaya buat ibunya ada semua, kalau ke sana coba bilang rekomendasi dari saya, kali aja dapet diskon 😁🙏
    2. Buat baju betawi anak ready kan ya?
    3. Ya biasanya ready stock, kontak aja langsung :)
  18. Apakah toko nya skrg ini masih buka.. duren jaya itu di mana ya..? Sy di Bekasi Timur
    1. Ya masih buka, alamatnya sudah saya update, map dan tombol whatsapp juga sudah saya update. Silakan di klik aja tombol whatsapp di postingan untuk langsung chat dengan Mpok Lilis :)
No Spam, Please.