Rumah Baca HOS Tjokroaminoto

Rumah Baca HOS Tjokroaminoto di sekolah PAUD/SD Alam Anak Soleh adalah harapan yang menjadi kenyataan. Adik-adik siswa sekolah alam dhuafa ini kini memiliki rumah baca yang dapat menambah pundi-pundi pengetahuan mereka dengan berbagai macam ilmu.

Diruang yang memiliki luas kurang lebih enam meter persegi ini buku-buku ditata apik didalam rak-rak sesuai klasifikasinya, pun dilengkapi dengan pendingin ruangan dan beralas karpet merah tua yang cukup nyaman untuk rumah baca.

Rumah Baca HOS Tjokroaminoto
Novita Anggraini saat pembukan Rumah Baca HOS Tjokroaminoto Minggu (22/02/2015)

Demikian saya baca dan rangkum sedikit dari ulasan di UrbanCikarang.com, selebihnya bisa baca sendiri di TKP :)

So saya mau share sedikit buat mengingatkan diri saya sendiri dan teman-teman yang terlibat.

LATAR BELAKANG

Rumah Baca (Rumba) HOS Tjokroaminoto merupakan sarana pembudayaan kegemaran membaca masyarakat  yang menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan. Dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, diskusi, bedah buku, menulis, dan kegiatan literasi lainnya, dan didukung oleh pengelola yang berperan sebagai motivator.

Pembangunan RUMBA  merupakan wujud dari upaya penguatan dan perluasan budaya membaca karena buku adalah salah satu cara untuk mendidik generasi berikutnya, menanamkan kepribadian, etos kerja, dan integritas diri. Bacaan yang baik akan membuka mata, dan menumbuhkan antusiasme anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh karena itu diharapkan masyarakat akan tumbuh dengan pemahaman yang baik melalui buku-buku baik tersebut. Selain itu RUMBA dapat pula dijadikan salah satu sarana edukasi informal diluar sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, oleh sebab itu berdirinya RUMBA di suatu lingkungan bermasyarakat menjadi sebuah urgensi dalam upaya menumbuhkan budaya literasi, nilai-nilai sosial, dan edukasi.

TUJUAN

Menumbuhkan budaya literasi;
Menciptakan ruang edukasi, meningkatkan kreatifitas, dan sosialisasi bagi masyarakat setempat;
Sebagai upaya mengenalkan gagasan ide HOS Tjokroaminoto dalam membangun semangat kebangsaan.

Tanggal 22 Februari 2015, akhirnya Rumba HOS Tjokroaminoto secara resmi dibuka,dirangkaikan dengan agenda Harmoni Bhakti Abang Mpok Kab. Bekasi 2015 sehingga acara menjadi luar biasa ramai dan tidak pernah saya bayangkan akan seramai itu. Saya malahan pada acara peresmian tidak bisa hadir karena mengikuti program baksos tahunan Komunitas TDA Bekasi. Padahal sampai malam H-1 saya masih sempat ikut memantau persiapan acara ini :)

Hadir dalam acara ini Yuni Tjokroaminoto (keluarga dari Tjokroaminoto), Kong Guntur (budayawan Bekasi), Ray Bachtiar Drajat (Founder KLJi), Camat Tarumajaya, Kades Setia Asih dan lainnya. (*saya gak tau karena saya gak hadir)

Pada kesempatan tersebut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Bapak Hamdan Zoelfa berkenan menghadiri dan meresmikan Rumah Baca HOS Tjokroaminoto yang berlokasi di Fasum Villa mutiara Gading blok E, Desa setia asih, Tarumajaya, kab. Bekasi.

Lalu setelah diresmikan apa? Tunggu aja yah kabarnya, yang pasti kegiatan belajar mengajar harian akan semakin berisi karena guru dan siswa kini telah memiliki perpustakaan, sawung dan berbagai fasilitas rumah baca.

Berikut pengurus rumba yang telah diresmikan:

PENGELOLA Rumah Baca HOS Tjokroaminoto

Penanggungjawab: Agustian, Aulia Tahkim, Muhammad Anwar
Ketua Pelaksana Pengelola:  Novita Anggraini
Koordinator Program:  Bisot Palawarukka
Koordinator Literasi & Dokumentasi:  Salman Fariz
Sekretaris:  Diaz Kiral
Bendahara:  Evi Yuniati

Selamat bekerja, salam kebaikan.


Artikel ini memiliki 4 Komentar

  1. wahaaah aku dokumentasi sama literasi ya hehehe, pengen main kesana, minggu depan deh main kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas, mentoring ajah, adik-adik siswa yang ditemani untuk menjadi pengurus harian, tapi nanti dibicarakan lagi deh.

      Hapus
  2. Selamat! ^_^
    Semoga membawa manfaat untuk sekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas bantuan kanaz, mohon dukungan dan sumbangan idenya Kanaz :)

      Hapus