Tentang Teater Jamblang Lemahabang

Tanggal 22 Februari 2015 di Sekolah Dhuafa PAUD/SD Anak Soleh telah diresmikan perpustakaan sekaligus Rumah Baca HOS Tjokrominoto yang di buka secara resmi oleh mantan ketua MK Bapak Hamdan Zoelva.

Dalam acara pembukaan tersebut hadir Teater Jamblang kepanjangan dari Jalinan Main Bocah Lemahabang yang berasal dari Lemahabang (Cikarang Utara) Bekasi.

Teater Jamblang Lemahabang Bekasi
Teater Jamblang
Teater Jamblang adalah Teater yang menghidupkan kembali permainan-permainan tradisional Bekasi asuhan Kang Ending Hasanuddin. Kang Ending sendiri mungkin sudah cukup akrab bagi pemerhati seni dan budaya Kabupaten Bekasi. Kang Ending adalah penulis sejarah Lemahabang [sumber], selain itu beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan pelestarian seni budaya, khususnya seni budaya Bekasi sub-kultur Sunda.

Teater Jamblang Lemahabang Bekasi
Kang Ending Hasanuddin - Seniman Lemahabang Bekasi
[foto by: Bang Are - Babelaninfo.com]
Banyak hal yang telah digalinya, salah satunya dengan terus mempertahankan permainan-permainan tradisional serta mencipta lagu-lagu rakyat, saya sendiri ingin banyak mendengar langsung cerita beliau, bagaimana cara beliau menggali kisah-kisah dan sejarah Lemahabang, kearifan lokal dan budaya yang sampai saat ini beliau lestarikan sehingga generasi sekarang masih bisa mengenal permainan anak-anak tradisional Lemahabang.

Teater Jamblang Lemahabang Bekasi
Teater Jamblang
Saat ini Kang Ending dan tentunya Teater Jamblang bersama Komunitas Hampela (Himpunan Masyarakat Peduli Lemahabang) masih tetap giat melakukan banyak hal untuk melestarikan nama Lemahabang. Salah satu usaha mereka adalah memperjuangkan agar nama Kecamatan Cikarang Utara diubah kembali menjadi Kecamatan Lemahabang dengan dasar pelestarian budaya dan pengukuhan identitas. Tapi saya belum berani menulis banyak soal ini, masih banyak hal yang belum saya ketahui tentang kegiatan-kegiatan dan agenda-agenda Komunitas Hampela yang bersekretariat di Pondok Pesantren Yatim Daarul Qiro'ah jalan raya Lemahabang RT 002/004 Desa Simpangan Kecamatan Cikarang Utara Kab Bekasi ini. Untuk lirik lagu-lagu yang dibawakan oleh Teater Jamblang bisa dilihat dipostingan saya di Lagu dari Lemahabang Bekasi.

"Lemahabang merupakan daerah yang cukup kental dengan sejarah. Lemahabang dulunya merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi dikala belum mengalami pemekaran.
Berbagai peristiwa sejarah yang cukup heroik pada masa revolusi dan penjajahan terjadi di lokasi ini. Salah satunya adalah peristiwa monumental penyerangan melalui darat dan udara yang dilakukan pasukan sekutu pada 19 Desember 1945 ke daerah Bekasi dan Karawang termasuk Lemahabang. Namun kini lambat laun nama Lemahabang semakin pudar. Salah satu kecamatan yang diberi nama Lemahabang juga sudah tidak ada lagi". [sumber]

Kisah lain mengenai Kecamatan Lemahabang bisa dibaca DISINI.


Klik untuk komentar