(500) Days of Summer itu...

Kemarin pulang dengan merasakan pinggang yang pegal, sampai di rumah mencoba mencari hiburan di televisi, tapi yah kalian tahu sendiri televisi kita ini rata-rata hanya ditujukan untuk orang tertentu, dan saya bukan termasuk orang yang dapat dengan mudah percaya dan mudah terhibur dengan suguhan hampir semua saluran televisi.



Film (500) Day of Summer (2009), film apasih? tidak pernah dengar, sepertinya bukan box office deh, atau saya yang kurang gaul sehingga tidak kenal film ini?.

Jeda sebentar, sebelumnya saya juga protes, mana ada musim panas (summer) sampe 500 hari, hampir 2 tahun??? setelah nonton pilemnya baru ngeh, ternyata Summer adalah nama layar si cantik Zooey Deschanel yang sempat gue kira si Katy Perry, kalo elo seide sama gue pasti lo paham betapa 2 artis ini memiliki kemiripan :)

Film dibuka dengan disclaimer bertuliskan:

Author's Note: The following is a work of fiction. Any resemblance to any persons living or dead is purely coincidental.
Especially you Jenny Beckman.
Bitch.

Kasar yah? tapi ini film komedi, jadi kalo kamu (masih) punya rasa humor, perkuat radarnya, sarkasme dalam komedi itu tidak diartikan literaly :)

Siapa yang dimaksud author? tidak lain Scott Neustadter and Michael H. Weber yang menciptakan script awal film ini. Terus kalau mau tau juga soal siapa itu Jenny Beckman? silahkan klik disini, ini artikel ditulis sendiri oleh Scott Neustadter dimana ia menjelaskan siapa itu Jenny Beckman.

5 menit pertama.... menarik, pembukaan awal yang tidak konvensional. Film ini "beda", naratornya nyeleneh, suara berat laki-laki,.... This is a story of boy meets girl. But you should know up front, this is not a love story.

Film dibuka dengan lagu dari Regina Spektor berjudul "Us" lagunya enak kok, nih cuplikan youtubenya: http://www.youtube.com/watch?v=xzrC72Xv6pE

ujug-ujug nih pilem lalu langsung loncat ke hari 290 dimana dalam dialog antara Tom (Joseph Leonard Gordon-Levitt) dan Summer sedikit menyinggung bahwa hubungan mereka seperti Sid Vicous (Pemain Bass Grup Musik Sex Pistols favortit saya) dan pacarnya Nancy Spungen yang terbunuh karena tikaman pisau oleh Sid saat dia sedang mabuk..... (baca selengkapnya di wikipedia saja yah)....

Summer: We've been like Sid and Nancy for months now.
Tom: Summer, Sid stabbed Nancy, seven times with a kitchen knife, I mean we have some disagreements but I hardly think I'm Sid Vicious.
Summer: No I'm Sid.
Tom: Oh, so I'm Nancy...


Film berdurasi  1 jam setengah ini menurut saya dari segi isi cerita tidaklah terlalu berarti, hanya kepintaran sutradara dan crew film ini yang membuatnya menjadi unik dan menarik, sutradanya si Marc Webb yang menyutradarai film The Amazing Spiderman (2012).

Tapi nonton film ini bersama istri sempat membuat saya tersenyum-senyum, ostri saya juga tersenyum-senyum sendiri sih, tapi entah saya tidak ngerti apa yang ada dalam pikirannya :D

Terus mau bahas isi filem ini? gak lah, sudah banyak resensinya kok, ini kan film tahun 2009, jadi yah yang di bahas yang detail-detail kecilnya saja, yang kadang luput dari review "normal" :D

Aktor lain yang dominan di film ini yang "nyeleneh" juga itu tokoh Rachel Hansen (diperankan oleh Chloe Moretz) adiknya si Tom, dari semua adegan yang menampilkan Rachel, situasi yang ditunjukkan adalah, Tom meminta nasehat dari Rachel yg jelas jauh lebih muda dari dia, dan Rachel pasti menasehati dengan kata-kata yang bisa membuat Tom berfikir :)

ini nasehat Rachel yang ngena buat si Tom :)
atau yang ini:

Terus bahas apa lagi yah? ini cuplikan kata-kata McKenzie dibagian akhir juga bagus :)



Saya setuju jika yang dimaksud @dreeva bagian yang menarik adalah ending film ini. Yah, punchline film ini menurut saya justru dibagian paling akhir, saat Tom bertemu dengan Minka Kelly yang juga sedang melamar pekerjaan, bla bla bla akhirnya mereka berkenalan:

Minka Kelly menjawab jabat tangan Tom sambil berkata:
- Nice to meet you. I'm Autumn.

Ada jeda yang lama, Tom tersenyum sebentar, membeku seperti kaget.... dia akhirnya percaya lagi dengan yang namanya destiny... takdir? :)

Bukankah setelah Summer (musim panas) akan datang Autumn (musim gugur)? :) nice finishing.

Karena gue stuck gak tau mau bahas apa lagi nih pilem, gue tanya Mhimi , dari hasil ngobrolnya gue akhirnya mampir ke blognya Tebeh yg juga bahas pilem ini, iya sih bener kata tebeh, gw kutipin yah:

Kesalahan pertama yang di lakukan Tom adalah dia jatuh cinta sama Summer. Kesalahan kedua adalah Tom percaya kalo Summer jatuh cinta sama dia, in fact Summer enggakKesalahan selanjutnya Tom tidak bisa menerima hal itu. - Aldila Tabah (Blogger Semarang yang jadi penyiar ganteng)
Terus kalo kata si Enyud ini pilem tentang Girl Power... what the hell is that suppose to mean?... dont know... she never explain :D

Itu saja dulu deh :)

5 komentar

avatar

hahaha ada nama gue disebut

So, the reason i said this was a girl power theme movie, was because in this movie, unlike the others, the gurl was the one who held the control
She was the one who took all the decission, on when Tom should move forward, or when they should break up

I love how Summer took all the controls and made Tom fell head out of heels over her

Thats what i call gurl power

Unlike the other gurl,she didnt do all the menye menye things for love

Go, summer!!

avatar

iya sih, di film ini sebenernya dari sisi Tom, semua yg Tom kerjakan yah reaksi ulah si Summer hehehehehe. thanx for share your thought

avatar

Belum pernah lihat sih, tpi review mopie km bagus membuatku penasaran ,

avatar

selamat berpenasaran hehehehe

avatar

I hate summer!

Klik untuk komentar