Sabar

Gambar dari: http://tanbihun.com/tasawwuf/tasawuf/apa-sich-definisi-sabar-itu/#.URU0afKj046
Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada salah yang tidak bisa dimaafkan. Hidup akan menjadi indah, jika kita bisa menambahkan senyum dan kesabaran atas setiap masalah yang kita hadapi, serta mampu  memaafkan kesalahan diri dan orang lain, untuk kemudian diambil hikmah guna hasil yang lebih baik lagi.

sabar

Demikian sebuah motivasi sampai di BBM saya, kata-kata yang terangkai indah, kalau mood sedang ancur kayaknya tidak mungkin tercerna dengan baik kalimat bijak di atas.
Terlanjur kepo, duduk baik-baik saya mau uraikan sedikit apa yang saya pahami dari kalimat motivasi tersebut.

Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada salah yang tidak bisa dimaafkan. 
Karena terangkai dalam satu kalimat, mungkin juga harus dipahami secara satu kesatuan kali yah? terserah situ juga sih, iya atau tidak, kalau saya sih iya hehehe.

Semua masalah bisa diselesaikan, selesai dengan benar atau kurang benar itu yang kemudian menjadi soal, kalau benar alhamdulillah, kalau kurang benar semoga bisa perbaiki, disempurnakan atau kalau tidak juga yah dimaafkan. Jadi kalau konteknya menyelesaikan masalah, kata Bang Iwan Fals dalam syair lagu Seperti Matahari:
"Tujuan bukan utama, yang utama adalah prosesnya"
Proses menjadi utama jika kita memahami bahwa hidup adalah perjalanan panjang yang tidak akan berhenti, proses panjang untuk menjadi, mengulangi terus proses kemenjadian menuju pemahaman dan akhirnya: tujuan ideal manusia --> kesempurnaan.

Hidup akan menjadi indah, jika kita bisa menambahkan senyum dan kesabaran atas setiap masalah yang kita hadapi, serta mampu  memaafkan kesalahan diri dan orang lain, untuk kemudian diambil hikmah guna hasil yang lebih baik lagi.

Kalimatnya agak panjang :)

Menurut motivasi di atas syarat hidup menjadi indah ada 4 yaitu:

  1. Senyum
  2. Sabar
  3. Memaafkan
  4. Mengambil Hikmah

Nah sabar menjadi syarat nomor 2, sabar itu apa sih?
Apakah kalau kita dihina orang kemudian diam saja karena takut dlsb itu dapat dikatakan sabar?

Menurut saya TIDAK! karena sabar itu konteknya dengan usaha, jika kita sedang berusaha, kemudian terdapat halangan, aral dan masalah yang menghalangi, namun kemudian kita tidak berhenti dan selalu terus berusaha melewati segala halangan dan rintangan untuk mencapai TUJUAN, maka itu yang dimaksud dengan kata SABAR. Kata lain yang mirip dengan sabar yang saya maksud mungkin, ulet, tabah, bertekad baja, bersemangat, pantang menyerah. Ya itu dia!.

Sengaja kata TUJUAN tadi saya tulis dengan huruf besar, soalnya kadang saya lupa tujuan, [pokoknya berusaha, usaha terus tapi tujuannya tidak ada :)

Semoga dengan saya tulis disini saya gak lupa lagi, menurut teman-teman bagaimana? perlukah tujuan di pertegas sebelum berusaha, atau mengalir saja dulu sambil jalan barulah menetapkan tujuan? :)
Jawab yah :)

salam
_________________________
Gambar dari:
http://mobavatar.com/muslim/dan-mintalah-pertolongan-dengan-sabar-dan-sholat.html

Artikel ini memiliki 17 Komentar

  1. Kayak sifatku itu, om. Sabaaaar banget. Saking sabarnya, jadi sering dibully. hehehe *curcol*

    BalasHapus
  2. @ Riu: Kamu mah bukan sabar itu namanya, tapi telmi. Huahahahaha..
    Kalau di-bully, bales! Huakakakakaka.. *provokatif*

    BalasHapus
  3. @ RIU: yeee itu sih bukan sabar, tapi nrimo hehehehe, gak lah konteksnya beda *sok bijak mode on*

    @ N-ormous: buahahahah terjadi pem-bully-an pula disini :D

    BalasHapus
  4. kaya lagi denger saran dari bokap, adem #ehemanglagiujan :p

    BalasHapus
  5. @ Tebeh: duduk yang bener beh, jangan ngalingin yg dibelakang huehehehe #ancur

    BalasHapus
  6. Om Icoooot.. N-ormous itu Ninaaaaa... :D

    BalasHapus
  7. *mangut2seolahpaham* hihihi

    nice post daeng, sy share di FB gang.. ^^

    BalasHapus
  8. @ N-ormous: yah tahu setelah berkunjung ke blog :D sudah say afollow untuk saya pantau :)
    @ Mhimi: asiiik di share, tadi sebelum posting mondar-mandir blog lo mhi hahaha, ok deh, ayo semangat, di tunggu tema hari kamis yah :)

    BalasHapus
  9. Aseeeeekkk di-follow om Icot. Switswiw.. Saya folback ah.. :D

    BalasHapus
  10. @ Nina: wow kaka wow keluar foto aslinya ehm ehm ehm :) ayo semangat ngeblog lagi hehehe

    BalasHapus
  11. Menurut terawangan saya, intinya adalah selalu saja ucapkan sebuah mantra, yakni SADAMDA BASEMEN, salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin, jika sering2 diucapkan, damai dan bahagia benar2 nyata, Gimana sodara?, :D

    BalasHapus
  12. @ Daeng Oprek: terserah ente aja daeng hehehe yang penting aman :D

    BalasHapus
  13. Tujuan jangan dipertegas om :p cukup disamarkan. Nanti kalo sudah 80% baru dipertegas *digampar*

    BalasHapus
  14. @ Tuteh: artinya tujuannya sudah ada cuma belom berani di proklamasikan... beughhh apaaan di proklamirkan hahaha :D

    BalasHapus
  15. Sabar... sabar... sabar *buat diri sendiri* --> efek ngantuk

    "perlukah tujuan di pertegas sebelum berusaha, atau mengalir saja dulu sambil jalan barulah menetapkan tujuan?" Mmm... kayaknya mesti pertegas tujuan deh sebelum berusaha, tapi kadangkala tujuan suka berubah di tengah jalan. Jiahhh Deesan plin plan :D

    BalasHapus
  16. Sabar itu subur, tidak sabar masuk kubur... #eaaaa

    OOT: Kenapa kalau baca postingan yang serius masih tetap saja ketawa membayangkan Om Bisot yg heboh bicara serius. #dikeplak

    BalasHapus
  17. @ Mike: hehehehe why so serious? easy bro...

    BalasHapus