tips bertengkar dgn mesra

Tips ini saya sarikan dari Inspirasi-Indonesia.com




Tips ini sangat berguna buat saya dan sekarang saya share untuk blogger sekalian. Semoga bermanfaat.


Saat kita bertengkar, berdebat dengan orang yang kita cintai, berikut 5 tips yang perlu kita perhatikan:

Pertama, selalu ingat bahwa hubungan Anda berdua jauh lebih penting dari masalah yang ada! Tidak ada masalah yang bisa lebih penting dari hubungan Anda berdua! Prinsip ini tidak bisa ditawar, kecuali Anda memang tidak berniat melanjutkan hubungan Anda dengan pasangan Anda lagi.

Kedua, pahami bahwa peta pikiran setiap orang tidak sama. Apa yang tergambar dalam peta tersebut tergantung dari nilai-nilai yang dianut, misi hidup, pengalaman hidup, memory, apa yang dipelajari, strategi hidup, habit, dan lain-lain. Jadi Anda tidak akan pernah bisa memaksakan pendapat Anda. Tidak akan pernah bisa, kecuali pasangan Anda yang akhirnya sendiri merubah sudut pandangnya. INGAT: jika pasangan Anda akhirnya diam, bukan berarti bahwa dia mengakui Anda benar.

Ketiga, coba belajar dari pengalaman bahwa mencoba untuk selalu menjadi benar seringkali menambah keruh masalah. GANTI pendekatan Anda ke mencari apa yang lebih bermanfaat untuk hubungan Anda daripada fokus pada siapa yang benar dan salah. Gunakan pendekatan asertif, akui dan hargai pandangan pasangan Anda, dan utarakan pandangan Anda tanpa menyalahkan atau menyudutkan pasangan Anda! Kalau memang terjadi perbedaan pandangan, tetap tidak perlu mencari siapa yang paling benar. Peran Anda dalam hubungan adalah untuk saling melengkapi dengan perbedaan atau berkompetisi?

Keempat, selalu fokus pada hasil akhir yang berguna dari setiap argumentasi. Argumentasi itu sehat, tapi argumentasi yang tidak mempunyai hasil akhir yang jelas, adalah tidak sehat. Hanya akan jadi arena pelampiasan ego masing-masing. Jika sudah terjadi pelebaran masalah atau berlarut-larut, beranikan diri untuk menjadi yang me-review kembali hasil akhir yang diinginkan dari argumentasi ini. Tanyakan ke pasangan Anda: "Tunggu sebentar, kita sudah terlalu lama berargumentasi dan tidak ada hasil yang jelas, kita sebaiknya sepakat dahulu, apa yang ingin kita hasilkan dari sini!"

Kelima, selalu tutup dengan ekspresi perasaan yang berguna untuk Anda berdua. Ucapkan kalimat seperti "You know, kita memang berbeda pendapat, dan hari kita memang sempat emosional. I just want you to know one thing: I love you!" INGAT, kalimat ini akan dengan sekejap merubah mood Anda dan pasangan Anda. Di akhir argumentasi, yang kita ingin pasangan kita bawa adalah bukan bagaimana perlakuan kita yang tidak menghargai dia, tapi justru adalah kendati dalam keadaan emosional, kita masih bisa menunjukkan rasa sayang.

Simple khan Tip dari Hingdranata Nikolay ini, tapi manfaatnya cukup besar brur n ses.

Ok degh met weekend yah.... setelah baca tips ini, dagh siap bertengkar dengan tetap mesra khan? hihihihi.

Oh yah baca juga Tips Merubah MOOD dalam sekejap

Salam

Klik untuk komentar