Memanfaatkan Website, Solusi Usaha Saat Pandemi Covid-19

Memanfaatkan Website, Solusi Usaha Saat Pandemi Covid-19

Saat ini, hampir semua daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyebabkan siapa saja sedikit sulit untuk bepergian seperti biasanya. Namun di samping keterbatasan ini, kemampuan teknologi mengakses informasi semakin mudah dan merata di Indonesia, bahkan dunia. Mengingat pembatasan-pembatasan sosial yang ada, internet menjadi salah satu media yang paling sering digunakan masyarakat, baik untuk mengetahui kabar-kabar terkini, silaturahmi virtual, berbelanja online dan lain-lain. 

Kemudahan yang tercipta oleh kemajuan teknologi ini, membuat orang-orang tergiur untuk mencoba dan menjadikan ini sebagai sarana alternatif pemenuhan kebutuhan paling utama di saat pembatasan sosial memaksa orang untuk mengurangi aktivitas ekonomi. Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan teknologi internet ini dengan baik agar bisa memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya.


Internet telah memberikan kita berkah teknologi yang amat banyak. Media ini menyimpan banyak keunggulan dan banyak peluang yang sangat luas untuk kita gali lagi. Dan beruntung sekali untuk orang-orang yang bisa memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin, memaksimalkan teknologi informasi di tengah pandemi seperti sekarang ini.
beruntung sekali untuk orang yang memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin di tengah pandemi seperti sekarang ini

Di tengah pelemahan ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang mendunia, kita perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan, keunggulan lokal, serta kompetensi alih teknologi agar mampu menghadapi persaingan di tengah krisis ekonomi. Salah satu cara yang bisa menjadi solusi dalam memaksimalkan teknologi informasi di tengah pandemi adalah dengan mengonlinekan usaha offline kita dengan memanfaatkan website

Jika kita sudah memiliki usaha secara offline, sekaranglah kesempatan yang tepat untuk mengubah strategi pemasaran usaha dan beradaptasi dengan kenormalan baru atau new normal. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mulai mengonlinekan usaha kita melalui website

Memiliki sebuah website bisnis idealnya bukan untuk tujuan sekadar gaya-gayaan atau sekadar ikut-ikutan, tapi perlu ditanamkan pemahaman (mindset) bahwa ini adalah sebuah langkah strategis yang sangat perlu untuk diambil agar dapat mempertahankan usaha yang saat ini sedang mengalami ancaman. Hal itu juga karena dibutuhkan oleh para konsumen ataupun calon konsumen baru. 
Memanfaatkan Website, Solusi Usaha Saat Pandemi Covid-19
Memiliki sebuah website bisnis memang bisa menambah kredibilitas sebuah bisnis, tapi yang lebih penting itu adalah memahami bahwa memiliki website adalah sebuah langkah win-win solution yang juga menguntungkan konsumen.

Jika Anda masih ragu, setidaknya ada 3 keuntungan yang kita dapatkan saat kita memanfaatkan website untuk usaha kita.

3 keuntungan pemilik website bisnis

1. Mengatasi keterbatasan geografis

Saat PSBB menyebabkan keterbatasan gerak, maka website memberikan akses untuk melampaui batasan-batasan geografis. Dengan internet, usaha kita dapat ditemukan oleh banyak orang dari mana saja.

2. Menghemat waktu dan biaya promosi

Dengan memiliki website, maka promosi usaha kita dapat diakses selama 24 jam non stop. Kita dapat membandingkan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi secara manual dengan biaya membuat website dan pengelolaannya.

3. Memberikan informasi yang lebih akurat dan up to date

Dengan website kita dapat selalu mengupdate informasi ketersediaan barang atau jasa,  varian produk, informasi produk baru, perubahan harga jika ada kenaikan atau promosi berkala dan informasi penting lain yang dibutuhkan calon konsumen.

Membahas poin nomor 2 mengenai penghematan biaya promosi, saat ini telah banyak  pilihan layanan jasa web hosting yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Promosi hosting murah dapat kita temui hampir di mana saja. 

Kita tinggal membandingkan penawaran itu sesuai dengan kebutuhan dan tentunya dengan kemampuan anggaran biaya yang tersedia. Harga paket ekonomis relatif murah yang ditawarkan penyedia jasa hosting misalnya seharga 300 ribu, ditambah biaya domain sebesar 100-200 ribu per tahun. Dengan kata lain dengan budget sekitar 500 ribu per tahun, kita sudah bisa memiliki website untuk meng-online-kan bisnis kita. 

Tentunya hitung-hitungan dan kisaran harga ini berpulang pada pilihan kita, karena beda paket hosting tentu akan berbeda pula layanan yang kita dapatkan.

Setelah mengetahui kisaran harga hosting dan domain, selanjutnya kita perlu mencari alamat domain yang sesuai dengan usaha kita. Sebelumnya pastikan kita sudah memiliki beberapa alternatif nama unik untuk alamat website kita. Kita bisa memeriksa ketersedian nama atau alamat website kita dengan fasilitas cek domain di menu layanan situs web penyedia jasa hosting.
tips memilih nama domain atau alamat website

Ada 3 tips memilih nama domain atau alamat website, antara lain:

  1. Gunakan kata yang memperjelas usaha, seperti lokasi usaha dan hal unik usaha
  2. Gunakan nama yang pendek dan mudah diingat
  3. Gunakan kombinasi kata-kata yang berhubungan dengan usaha kita

Tentu saja tips ini hanya yang paling penting, kita bisa mempertimbangkan hal lain dalam memutuskan pemilihan nama ini. Kalau perlu diskusikan dengan partner usaha agar nama yang ada adalah nama yang disepakati oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan usaha kita.

Setelah memiliki nama domain dan hosting, maka syarat teknis untuk memiliki sebuah website untuk mendukung usaha sudah terpenuhi. Selanjutnya adalah menentukan strategi hendak seperti apa dan bagaimana website yang cocok untuk mendukung usaha kita.

Semoga beberapa langkah praktis ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman pelaku usaha agar dapat bertahan melewati situasi yang serba sulit seperti sekarang.



Artikel Lainnya:

18 komentar

  1. Setuju, kak. Supaya usaha dapat maju bisa ngebranding melalui website

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di saat pandemi covid begini kita harus bisa memanfaatkan peluang yg diberikan teknologi informasi, ya internet ini sebaik-baiknya untuk kepentingan bisnis dan usaha kita :)

      Hapus
  2. Saat ini pemanfaatan media internet sepertinya sudah menjadi wajib, jika menginginkan usaha berkembang dan bahkan maju lebih pesat. Ya, salah satunya dengan pemanfaatan website.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas, usaha tanpa memiliki website bisnis zaman sekarang ini seperti kurang lengkap, seperti punya HP tapi gak punya kuota internet hehehe

      Hapus
  3. Jaman sudah semakin maju dan semuanya bisa diakses melalui internet. Memanfaatkan website adalah cara terbaik dalam menghadapi kemajuan jaman ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas ada, pilihan banyak, tinggal menyesuaikan strategi usaha aja, kalau mengabaikan website untuk usaha yah bisa dibilang kalah strategi mas :)

      Hapus
  4. Sudah ada banyak sekali fasilitas, tergantung kitanya aja yang mau berusaha atau tidak. Bahkan ada yang gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak, memanfaatkan website bisnis, memanfaatkan social media sebagai strategi usaha online sudah saatnya dipertimbangkan selain memanfaatkan promosi offline

      Hapus
  5. Setuju dengan kita memanfaatkan teknologi informasi masa kini, kita dapat menggunakan salah satunya dengan menggunakan website dalam mencari pundi - pundi rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu yang namanya memaksimalkan manfaat teknologi informasi di tengah pandemi, selain agar usaha kita dapat survive juga untuk dapat bersaing saat PSBB covid-19 seperti sekarang

      Hapus
  6. Iya nih setuju banget. Kita emang harus bisa branding lewat website juga biar hatcheppp!! Mantap mas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, branding usaha lewat website ini yang saya maksud :) biar lebih kredibel dan efektif dalam promosi

      Hapus
  7. Yg poin 3 harus memberikan sesuatu up to date ,berarti kita mencari informasi nya gmna ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya sebagai pemilik bisnis yang memiliki website kita bisa menginformasikan hal-hal baru yang up to date kepada konsumen dan calon konsumen atau mitra kerja. Jadi saat mitra bisnis atau konsumen membuka website yang didapatkan adalah informasi yang aktual dan terbaru, seperti jam buka tutup layanan selama covid, apakah ada diskon, promosi terbaru dan seterusnya kak :)

      Hapus
  8. Di era industri 4.0 ini, Website menjadi salah satu cara wajib untuk memperkenalkan usaha kita ke konsumen. Konsumen tinggal klik saja, sudah dapat mengetahui profil usaha kita. Dan bisa juga langsung transaksi di website kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bang, teman-teman UKM, pemilik bisnis harus sudah bisa beradaptasi dan mengubah strategi bisnis mereka dengan memperhitungkan manfaat memiliki website dan memaksimalkan teknologi informasi seefektif mungkin

      Hapus
  9. Mkasih untuk tips memilih domainnya, skarang website memang udah wajib kalo mau usaha kita berkembang, tapi tak kalah penting juga untuk memilih domain yang pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting banget milih domain yang pas, tema dan desain website bisa diubah-ubah tapi domain hehehe sayang kalau gonta ganti, idelanya nama domain itu sekali pilih bisa dipake selamanya :)

      Hapus

Posting Komentar

Berlangganan Via Email