Cara Menghasilkan Potret Terbaik Saat Gerhana Bulan Dengan Menggunakan Smartphone

Cara Menghasilkan Potret Terbaik Saat Gerhana Bulan Dengan Menggunakan Smartphone
Memotret bulan dengan smartphone | credit: infoastronomy.org
Gerhana bulan merupakan fenomena langka yang tidak setiap hari terjadi. Jenis dari gerhana bulan pun sangat berbeda-beda tergantung pada posisi bulan, bumi dan matahari. Keindahan dari gerhana bulan dapat dinikmati di tempat-tempat tertentu. Bahkan beberapa wisatawan rela berkunjung jauh agar dapat menikmati gerhana bulan tersebut. 

Jarak antara bumi dan bulan yang tidaklah dekat, membuat siapapun yang ingin mengabadikan momen tersebut memerlukan peralatan canggih. Bagi yang mempunyai kamera DSLR atau bantuan teleskop memotret bulan bukanlah hal yang dipermasalahkan. Mereka dapat mengambil gambar bulan lengkap dengan kawah yang ada di dalamnya. Namun, siapa sangka hanya dengan smartphone ternyata juga dapat menangkap kenangan dari fenomena gerhana bulan ini.

Berikut cara Memotret Gerhana Bulan Untuk Hasil Terbaik

Pilih Lokasi Tinggi dan Gelap

Memotret gerhana bulan dengan cara yang biasa-biasa tentunya akan menjadikan gambar menjadi tidak menarik. Bahkan terlihat gambar biasa, bukan seperti gerhana bulan.

Agar smartphone berfungsi secara optimal, maka diperlukan beberapa sentuhan. Carilah tempat terbaik untuk menyaksikannya. Pemandangan sekitar sangat mendukung hasil potretan agar tidak terlihat biasa. 

Tips lain adalah mencari lokasi yang tinggi jika memungkinkan. Lokasi yang tinggi mendukung untuk mendapatkan spot terbaik karena tidak terhalang oleh sesuatu. Selain itu juga aman dari asap polusi sehingga cahaya bulan terlihat secara maksimal.

Sedangkan mencari tempat yang gelap juga berfungsi agar fokus kamera hanya pada satu cahaya saja yaitu cahaya bulan. 

Atur Kamera Smartphone

Cara memotret gerhana bulan dengan smartphone memang dapat menghasilkan gambar terbaik jika fotografer tahu cara mengatur kamera. Kamera smartphone jaman sekarang yang sudah dilengkapi dengan mode manual (pro) sehingga dapat mengatur besaran ISO, EV, lama bukaan, AWB dan lain sebagainya. 

Gunakanlah mode manula dengan settingan utama ISO sekecil mungkin supaya gambar pada malam hari tidak banyak noise. perkecil juga EV dan kompensasikan dengan bukaan lensa yang lebih lama.

Pengaturan ini berfungsi untuk mengambil kontur alam sekitar yang cukup baik dan cahaya bulan yang tidak over bright. Cobalah mengambil foto dengan shutter speed yang bervariasi agar lama bukaan yang didapatkan juga pas. Jangan lupa untuk mematikan lampu flash terlebih dahulu. 

Atur komposisi dengan baik. untuk memudahkannya gunakanlah garis grid. Komposisi yang baik akan membuat hasil jepretan gerhana bulan layak dipamerkan di media sosial.

Beberapa kamera smartphone juga sudah disupport dengan mode RAW atau gambarnya tidak terkompres secara otomatis. Tentunya hasil foto yang dihasilkan akan lebih maksimal. 

Jangan Gunakan Zoom

Jika kamera smartphone tidak memiliki pembesaran optikal, maka jangan menggunakan mode zoom. Penggunaan mode tersebut akan terlihat sangat kasar. Sama hasilnya jika foto sudah jadi lalu di-crop.

Gunakanlah standar sesuai kemampuan pada kamera smartphone. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan filter apapun. Penggunaan filter akan membuat tidak terlihat detail.

Jika ingin mengeditnya, silahkan mengedit belakangan untuk perubahan warna dan lain-lain.


Cara Menghasilkan Potret Terbaik Saat Gerhana Bulan Dengan Menggunakan Smartphone
Tripod dan tambahan lensa khusus smartphone 

Pakai Tripod

Selain cara memotret gerhana bulan dengan settingan smartphone, tripod juga dapat menjadi pendukung lain. Memotret pada malam hari akan sering mendapatkan hasil yang pecah. Apalagi jika menggunakan shutter speed yang lebih lama. 

Memakai tripod menjadi solusi agar kamera tetap diam karena tertempel pada benda diam. Gunakanlah mode timer agar kamera benar-benar dalam keadaan diam tanpa guncangan saat menekan tombol.


Cara Menghasilkan Potret Terbaik Saat Gerhana Bulan Dengan Menggunakan Smartphone
Jenis lain smartphone holder / stabilizer

Perhatikan Waktu

Selain menguasai berbagai cara memotret gerhana bulan, perlu diperhatikan juga waktu pengambilan foto tersebut. Jadwal atau prediksi dari waktu gerhana yang sudah banyak dikeluarkan oleh BMKG dapat menjadi acuan. Pastikan mengambil foto pada puncak gerhana.

Demikian beberapa cara agar hasil jepretan gerhana bulan dengan menggunakan smartphone terlihat secara maksimal. Selamat mencoba!


Penulis, Fajrin


Klik untuk komentar