Muharram dan Pawai Obor

Besok kemungkinan tanggal 1 Muharram, yang merupakan tahun baru dalam sistem kalender Islam. Sejarah mencatat bahwa sistem kalender Islam menjadikan moment hijrah Nabi ke Madinah sebagai patokannya. Sistem kalender Islam sudah diusulkan sejak awal kekhalifaan Abubakar R.A, namun baru terealisasikan sekitar 17 tahun setelah masa hijrah, yaitu pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab R.A. atau kurang lebih sekitar 16 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, jadi wajar jika Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan doa khusus untuk akhir tahun atau awal tahun.

Dari sisi ibadah bulan Muharram termasuk bulan yang istimewa sebagaimana terekam dalam hadis beliau “Seutama-utama puasa setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Muharram.....”.

Dari sisi sosial, tahun baru secara umum menjadi momentum harapan-harapan untuk harapan yang lebih baik. Tidak ada perayaan khusus mengenai hal ini, hanya saja secara kebiasaan akan ada acara-acara bersifat sporadis seperti pengajian-pengajian dll yang intinya bersifat dakwah, menggali nilai-nilai dan hikmah pelajaran dari momentum hijrah, persaudaraan Muhajirin dan Anshar dlsb.

Muharram dan Pawai Obor Rumah Pelangi Bekasi

Dari sisi tradisi akan sangat beragam, anak-anak di Bekasi mengadakan pawai obor, pawai taaruf, bermain rebana dlsb. Di Sulawesi ada semacam kebiasaan saat awal muharram ini adalah waktu untuk belanja kebutuhan rumah tangga yang bersifat menampung, seperti ember, gayung, mangkok, gelas dlsb. Entahlah di tempat lain, tradisi akan sangat berhubungan dengan budaya setempat sehingga akan sangat beragam tergantung kultur budaya masing-masing.

Berangkat dari niat pembangunan karakter dan memperkenalkan tradisi, insya Allah adik-adik di Rumah Pelangi Bekasi akan mengadakan pawai obor keliling wilayah sekitar rumah pelangi saja, hanya sekitar RT maksimal RW.

Bukan hura-hura yang hendak dicapai dari kegiatan ini. Pawai obor menjadi pilihan karena sudah dikenal baik maksud dan tujuan serta pelaksanaannya sehingga warga dan para orang tua tidak memandang hal ini sebagai  sesuatu yang unik, hanya saja memang sudah jarang sekali dilakukan baik saat awal ramadhan ataupun muharram seperti saat ini.

Pawai Obor itu maksudnya apa? Api obor merupakan perlambang cahaya ilmu yang akan menerangi perjalanan hidup dunia dan akhirat, atau makna lain yang intinya terkait cahaya yang menerangi gelap. Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya kekeluargaan dan silaturahmi warga dan wadah komunikasi dlsb. Manfaatnya apa? banyak yang akan dipelajari dari kegiatan pawai obor ini, berjalan beriringan dengan tertib membaca shalawat sambil memegang obor yang memiliki risiko akan mengajarkan disiplin, tanggung jawab, saling menjaga, membantu menghidupkan kembali obor kawannya yang padam dlsb. Nantilah tentang itu dan bagaimana prosesinya akan saya share setelah acara (kalau saya mood). :D

Sudah siang, siap-siap beraktifitas. Selamat berakhir pekan :)

Salam

Klik untuk komentar