sedikit tentang Xiaomi #Mi4i


Xiaomi Mi4i
Xiaomi Mi 4i Innovation made compact

Xiaomi Mi 4i ini katanya merupakan salah satu ponsel flagship dari Xiaomi. Istilah flagship itu kurang lebih adalah produk andalan. Kenapa andalan? dengan budget tidak terlalu menyiksa dompet kita bisa membandingkan sendiri spesifikasi teknisnya yang sejajar dengan hp andalan merek lain yang berbandrol dua kali lipatnya. Ukuran yang saya pakai: kalau bisa dengan harga terjangkau bisa mendapatkan gadget dengan spesifikasi mutakhir yang bisa menjamin performa lalu kenapa pilih yang lebih mahal? tapi buat kawan-kawan yang memilih: "kalau bisa mahal kenapa pilih yang murah?" itu sih kembali pada kepribadian dompet masing-masing :D

Langsung aja intip jeroan hp seharga Rp.2.799.000 ini. Inti dari mi4i ini berprosesor Quad-core 1.7  + quad-core 1.1 GHz Cortex-A53 dengan Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 generasi 2. Soal GPU (Graphics Processing Unit) diproses dengan Adreno 405, memory untuk mengolah semua itu disediakan wadah 2 GB RAM. Soal spesifikasi lengkap dan harga baca sendiri di SINI

Kalau soal perbandingan dengan HP flagship merek lain cek di bawah ini:
Xiaomi #Mi4i
Kamis 6 Agustus saya terima paket COD dari Lazada yang telah saya pesan 2 hari yang lalu. Satu unit Hp Xiaomi Mi4i dan sejak itulah saya berinteraksi dengan hp ini. Alhamdulillah unit yang saya terima ini sama sekali tidak ada cacat produksi, setelah yakin semua aman, saya lengkapi mi4i baru ini dengan pelindung layar anti gores "Tempered Glass" dan Hard Case Motomoto yang saya titip untuk dibelikan oleh OB kantor di Roxy. Insya Allah dengan pengamanan seperti itu hp ini akan lebih awet di tangan saya :D

Spesifikasi Xiaomi Mi4i

Dual SIM
Sebelumnya saya mengunakan 2 hp, Samsung Galaxy Note 1 GT N7000 dan BB 9900 (ceileh pake disebutin), rencananya kedua hp tersebut akan pensiun dengan hadirnya mi4i. Dengan dibantu teman yang sudah ahli potong memotong kartu walau dengan gunting, akhirnya kedua kartu sim card hp tersebut masuk dan aktif di mi4i.

Awalnya saya hanya menggunakan 1 kartu, setelah yakin berjalan dengan baik, kartu kedua saya coba. Tidak langsung berhasil mengaktifkan 2 sim card tersebut, walau sudah masuk dua kartu namun hanya slot sim card 1 yang aktif, coba tukar posisi tetap saja slot 1 yang terdeteksi dan koneksi. Setelah dipotong sedikit demi sedikit dan diperbaiki kedudukannya barulah kedua kartu itu aktif. Masalahnya ada pada potongan kartu Simpati saya yang memang kartu lama dan setelah dipotong hanya tersisa lapisan ic kuningannya saja :) sayang aja sudah sejak 2008 saya menggunakan kartu sim ini.

Dual sim card berjalan mulus, Sim 1 saya gunakan untuk internet dan sim 2 hanya untuk panggilan dan sms. Masalah yang saya dapati, pernah setingan sim card berubah, internet menjadi Sim 2, padahal saya tidak berlangganan paket internet di sim 2, saya tersadar setelah menerima SMS operator yang menawarkan paket internet dari provider sim 2. Saya sudah cari bagaimana caranya mengunci setingan internet  agar hal itu tidak terulang, namun tidak menemukan caranya. Dan menu setingan untuk sim 2 tidak selengkap sim 1 khususnya saat mau seting sim 2 hanya di jaringan 2G agar lebih hemat batre, sayang menu itu hanya ada untuk sim 1.

Pada MIUI 7 saya dipaksa merubah sim default sebelum me-nonaktifkan sim, hal yang tidak akan ditemui saat saya menggunakan MIUI6.

Oh iya ada yang sedikit kurang asik nih, saat pergantian koneksi antara wifi dan selular terjadi, layar akan slide out, blank sebentar lalu muncul lagi, setidaknya hal ini mengganggu aktivitas user saat sedang mengetik atau menikmati streaming. Gimana yah caranya agar layar tetap terbuka walau terjadi pergantian mode sambungan data dari wifi ke selular?
Sepertinya ini juga bisa terjadi kalau dua sim tadi masing-masing berlangganan paket data, perubahan koneksi dari sim 1 ke sim 2 kemungkinan akan membuat layar slide out sebentar dan permainan game kamu akan terganggu sejenak.

Back Cover
Mi4i saya sudah 2 kali jatuh dan jatuh yang terakhir cukup parah membuat back cover bagian bawah dekat lubang charger sedikit terbuka, ketika saya coba perbaiki celahnya tertutup tapi bagian sudut atas malah terbuka. Back cover mi4i ini katanya terbuat dari polikarbonat, sejenis plastik yang tidak mudah pecah, salah satu produk polikarbonat yang saya tahu adalah lempengan DVD dan botol susu bayi.

BTW, kenapa yah back cover mi4i ini belum tersedia dipasaran? padahal kalau mau, pihak ketiga sudah bisa memproduksi sendiri back cover berwarna-warni, back cover berwarna putih ini sebenarnya gak jelek juga sih, faktor selera warna aja, kalo bisa hitam semua kenapa harus ada putih-putihnya? hehehe

Kamera
Kamera belakang 13mp 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan kamera depan 5mp. Belum ada keluhan soal kamera :)

Sudah beberapa kali upgrade OTA, root dan unroot dlsb. Sekarang menggunakan MIUI7 developer global version sekadar mencoba dan iseng aja ingin membuktikan apa yang saya baca dan saya dengar :)

Kelemahan mi4i sudah banyak diulas kok, terutama soal tidak adanya slot micro sd, tapi saya tidak terlalu bermasalah dengan ini, saya menggunakan google drive dll utk menyimpan file2, foto, musik dll. Belum lagi ditambah Mi Cloud sebesar 5GB yang bisa menyimpan back up kontak dll. Lagi pula Mi4i ini sudah dibekali kemampuan USB On-The-Go, tinggal pasang kabel OTG dan tancap Flashdisk.

Masalah yang cukup mengganggu bagi saya selain chasing berwarna putih yg mudah lepas dari genggaman adalah body hp yang cepat panas. Selebihnya masih ok lah. Gitu aja share saya tentang mi4i, soal review unboxing dlsb sudah banyak kok. )

Oh iya, apa untuk mi5 akan ada mi5i juga? mudah-mudahan sih tetap dengan harga yang ramah :D

---------
Baca juga postingan saya tentang Xiaomi lainnya:
Bertemu Xiaomi Redmi 2 Prime jenis lain dan 10 Produk Unik Xiaomi Yang Bukan Alat Komunikasi

13 komentar

avatar

Xioami ini batrei nya juara yaaa di bandingkan yg lain

avatar

Lumayan awet lah daripada kemana-mana nyari colokan atau bawa powerbank :D

avatar

Isu overheatnya masuk kategori mengganggu atau biasa aja mas?

avatar

masih dalam batas toleransi karena saya pernah pakai hp yang lebih panas dengan penggunaan dibawah standar :D

avatar

Terus sim dua jaringannya bisa d rubah jadi 2g ngga..?

avatar

Bisa, satu paket dengan sim 1, kalau sim 1 2G otomatis sim2 ikut 2G.

avatar

Dual Sim nya sptnya bermasalah.
Saya sering mengalami sim1 tiba2 drop dan setting internet auto ke sim2.
Berkali2 saya coba atasi dengan masuk ke mode khusus (klik bbrp kali di setelan>tentangponsel>memory internal ; tetap tidak bisa juga
Satu teman lain mengalami hal yg sama juga.
Mungkin ada teman yg sudah pernah solve problemnya ini mhn info.
bambang.kusdi@gmail.com

avatar

Sudah update ROM? saya pake developer ROM selama ini baik-baik saja

avatar

Sim 2 saya gabisa kebaca kenapa ya mas ? Padahal gapernah jatoh atau apa

avatar

pertama uji dengan cara dial *#*#4636#*#* kalau semua oke berarti hanya masalah di kartu simnya, bisa jadi posisinya atau kartu simnya, boleh dicoba dengan sim lain.

avatar

Saya punya problem di sim card gan, salah satu sim aktif, dan lainnya gk bisa. Saya tukar tempat sama aja. Intinya kalo simcard axis saya masukkan, itu akan berpengaruh pd simcard lainnya, alias mati total dua dua nya, tapi klo sim card axis nya saya matikan, telkomselnya jadi balik lagi, lancar seperti biasa. Apa ini berhubungan dengan merk simcardnya? Atau lain hal?

avatar

Saya punya problem di sim card gan, salah satu sim aktif, dan lainnya gk bisa. Saya tukar tempat sama aja. Intinya kalo simcard axis saya masukkan, itu akan berpengaruh pd simcard lainnya, alias mati total dua dua nya, tapi klo sim card axis nya saya matikan, telkomselnya jadi balik lagi, lancar seperti biasa. Apa ini berhubungan dengan merk simcardnya? Atau lain hal?

avatar

Dicoba ganti sim lain yang aktif bang, saya kok curiga simcardnya yang bermasalah tuh.

Klik untuk komentar