Samsung Galaxy Note 4 VS Note Edge pilih mana?

Samsung memperkenalkan Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge, dua phablet generasi Note berbasis Android pada pameran IFA di Berlin, Jerman, 5-10 September 2014. Rumornya? Tentu saja kehadiran 2 gadget andalan ini merupakan jagoan dari Samsung yang akan bersaing dengan iPhone 6. (sotoy dimulai :D)

Sambil menikmati beritanya sekadar ingin sotoy-sotoyan membandingkan face to face 2 phablet ini berdasarkan berbagai sumber yang saya baca. Ini catatan kecil saya:


Galaxy Note 4 VS Note Edge pilih mana
Pic: techpinas.com

Soal CPU Prosesor, Galaxy Note 4 dan Note Edge sama-sama memakai quad-core Qualcomm Snapdragon 805 Exynos 5433 Krait 450 dengan kecepatan 2,7 GHz (Note 4) dan 2.5 GHz (Note Edge). Menurut berbagai sumber keduanya juga memiliki varian bermotorkan prosesor 1.9 GHz Octa-Core (1.9 GHz Quad + 1.3 GHz Quad-Core) yang "katanya" akan direlease untuk wilayah/negara dan provider tertentu.

Soal perbadingan layar, Galaxy Edge sedikit lebih kecil dengan resolusi 5,6" (~524 ppi pixel density) sedangkan Galaxy Note 4 masih sama dengan Galaxy Note 3 yang berukuran  5.7" (~515 ppi pixel density) namun ketajaman Note Edge dan Note 4 setara, ketajamannya mencapai 2.560 x 1.600 pixel quad-HD dibandingkan Note 3 yang masih 1.920 x 1.080 pixels .

Soal urusan sumber daya Note Edge menggunakan baterai Li-Ion 3,000 mAh sedangkan Note 4 baterai Li-Ion 3,220 mAh dengan lubang charger/data kembali menggunakan Micro USB 2.0. Soal perbedaan kapasitas baterai mungkin akan terjawab dengan powerbank yang sudah demikian lazim dan bukan hanya perlengkapan wajib para gadgeters

Sebentar dulu, kenapa Samsung kembali beralih ke Micro USB 2.0 pada 2 phablet andalan mereka setelah mengaplikasikan Micro USB 3.0 pada Note 3? Bukankah sudah jelas bahwa kecepatan data dan charging jauh lebih cepat menggunakan USB 3.0?. Tapi "katanya" kecepatan charging sudah setara, bagaimana dengan kecepatan transfer data? semoga tidak "dibuang" oleh Samsung demi keindahan desain atau karena belum meratanya penggunaan USB 3.0. Sotoy dah ah :D


Galaxy Note 4 VS Note Edge pilih mana
Pic: phonearena.com
Perbedaan paling mencolok tentu di bagian tampilan layar, Note Edge memiliki sisi layar yang melengkung pada sisi kanan yang utamanya berfungsi untuk menampilkan notifikasi pesan atau notifikasi aplikasi. Futuristik, seandainya kedua sisinya melengkung mungkin akan lebih sempurna, ini bukan soal desain artistik saja loh, layar melengkung itu punya fungsi menggantikan tombol-tombol fisik. Iya, bagus atau tidak itu subyektif, bagi yang mengutamakan fungsi akan mengesampingkan bentuk layar yang melengkung, bagi yang suka desain futuristik dapat menikmati keindahan desainnya tanpa kehilangan fungsinya kan? :)

Galaxy Note 4 VS Note Edge pilih mana
Pic: Yahoo
Dengan melengkung di sebelah kanan tentu akan memudahkan bagi kebanyakan orang termasuk saya, karena ibu jari (jempol) akan lebih mudah mencapai menu-menu di lengkung layar, tapi bagaimana dengan orang yang kidal?  

Harga?  Note 4 diramalkan akan masuk dengan harga kisaran kurang lebih 10 juta rupiah, sedangkan Note Edge akan "sedikit" lebih mahal. Mahal dan murah, apalagi kata "sedikit" itu juga subyektif, tapi bukankah "kalau ada yang mahal, ngapain beli yang murah?" sudah demikian tertanam diemosi umum? soal spesifikasi teknis urusan kesekian karena faktor "gaya" "glamour" lebih diutamakan kan?.

Baiklah, sebelum bertambah nyinyir plus OOT sebaiknya saya selesaikan disini saja, tapi ini ada pertanyaan sedikit yang lebih technical, seberapa jauh perbedaan 2,7 GHz (Note 4) dan 2.5GHz (Note Edge), Apakah itu penting? Silahkan jawab sendiri yah :)

Spesifikasi lainnya saya perhatikan sama saja alias identik, cek aja nih perbandingan side by side spesifikasi Galaxy Note 4 VS Note Edge di GSM Arena atau Techno Bufallo.

Samsung Galaxy Note 4 VS Note Edge

Seandainya harga10 juta atau lebih "sedikit" tidak terlalu mahal untuk saya, saya memilih Galaxy Note 4 dibandingkan Note Edge :)

Salam.

Baca juga tulisan lainnya tentang Android:

4 komentar

avatar

Keren euy Note Edge. Cuman kasian aja sama yang bikin cover case-nya, bingung. Wekekekeke..

avatar

kasian saya teh, mupeng doang ngeliat harganya hahaha

avatar

nice share bro, sangat bermanfaat. baca juga artikel saya tentang apple iphone 6 vs samsung galaxy note edge disini http://www.surgagadget.com/2014/11/apple-iphone-6-plus-vs-samsung-galaxy-note-edge.html

avatar

lanjut bro, bagi asaya semua gadget itu over budget jadi gak mimpi punya gadget di atas, paling menunggu 2-4 tahun lagi sampai harganya "masuk akal" bagi saya hehehe

Klik untuk komentar