Copy musik dari iPod

Temen gw bilang, kita gak bisa copy file musik yang ada di iPod.
hihihihi kenapa gak bisa bro?
Gw kalo mau up date firmware/software di iPod gw, pasti gw back up dulu dunk lagu2nya.
Caranya????

Ok tips ini hanya berlaku buat Mikocok Windols User yah.

1. Buka Windows Explorer, pilih menu di menu bar Tools > Folder Options > View. Nah list dimenu "Advanced Settings:", dibawah folder "Hidden files and folders", klik atau pilih “Show hidden files and folders”. Kalo udah terpilih klik "OK". Cuekin ajah "Windows security warning" kalo lo gak biasa dengan setingan kayak gitu yah nanti lo balikin ajah settingannya.

2. Sambungin iPod ke laptop atau PC lo. sampe muncul drive yang pake nama iPod elo. Mungkin direktorynya E, F atau G tergantung masing2 PC degh.



Klik Drive iPod lo. cari sub-folders “iPod_Control” terus “music”. Nah di situ akan banyak folder yg namanya acak, tapi ID3 tags nya masih bisa dibaca kok, nah tugas kita sekarang mengatur file2 itu agar lebih teratur.

3. Untuk alasan keamanan, yah namanya juga jaga-jaga, Copy aja dulu semuanya, buat back up di sebuah folder baru di hard disk PC kita. Setelah ada back upnya, nah bikin 1 folder baru, nah copy semua file itu dalam satu folder itu, hapus ajah folder2 acak buatan iPod. Kalo proses ini di ikuti dengan benar, maka kita sudah punya 2 folder, satu folder back up dan satu folder berisi semua file lagu dengan nama acak yang sudah kita keluarkan dari folder2 acak buatan iPod.

4. Kalo punya iPod berarti ada iTunes terinstall dunk di PC/Laptop kita, nah buka degh. Perhatikan task/menu di atas iTunes, klik Edit > Preferences. Pilih bilah/tab "Advanced", nah di dalemnya ada tab/bilah "General" ada kolom alamat file itunes, klik "change" pilih degh folder baru yang kita buat tadi (bukan yang back up lho!).

Centang box di depan “Keep iTunes Music folder organized” selesaikan dengan klik tombol "OK" di bagian bawah. Oh yah, jangan lupa, sebelum melakukan ini, kita harus menghapus semua playlist di iTunes kita lho, dan biarkan blank. Gampang, sorot semua file di iTunes Playlist, klik kanan mouse, pilih "delete".

5. Dagh sekarang balik ke iTunes “File” pilih “add folder to library”. Pilih ajah folder yang tadi kita bikin (sekali lagi, bukan folder back up lho!). iTunes akan melakukan re-import semua file lagu tadi ke dalam playlist. Oh yah, karena tadi kita klik “Keep iTunes Music Folder organised”, nah iTunes akan memperoses file kita agar sesuai dengan nama dan mengelompokkannya sesuai album dan data pada ID3 tags, nah ini akan memakan waktu nih, tergantung banyaknya lagu yg tadi kita copy

Selesai degh. Oh iyah kalo mau balikin settingan windows seperti semula buka Windows Explorer, pilih Tools > Folder Options > View. dah kembalikan seperti awal ajah, supaya file yang hiden teap hiden, dan mungkin anda juga mau menghapus centang pada “Keep iTunes Music Folder organised” jika biasanya anda tidak menggunakan opsi itu.

Oh yah, karena semua file kita di iPod sudah ada di komputer, ada kesempatan nih kalo mau nge reset iPod kita kembali ke awal (factory settings). Hehehe ada juga yang menyarankan di defrag (menurut gw sih gak perlu, karena bakalan lama bro). Kalo udah semua, yah tinggal ngisi balik semua lagu tadi dari PC/Laptop ke iPod.

Sekedar info ajah, me reset ke awal (factory settings) sangat berguna buat menyegarkan kembali iPod kita, iPod kita jadi sedikit lebih cepat memproses lagu, lagian iPod pada dasarnya khan hard-drive, sama aja kayak hard disk PC/Laptop, kalo mau extrim, format ajah sekalian (resiko di tanggung penumpang yeh hihihihi)


Salam



Referensi utama: Mark O’Neill

1 komentar:

Klik untuk komentar