catatan ttg Mozila FireFox 3

Setelah gw install Firefox 3 ada beberapa pengalaman menarik yang ingin gw share.

Up grade dari firefox 2 ketiga prosesnya cukup cepat, beberapa konfigurasi awal tetap berfungi dengan baik. Bookmark dan lifebookmark secara mulus diimpor secara otomatis. Proses pageload home page lebih cepat.

Sayang, beberapa add-on yang sudah terinstall menjadi tidak berfungsi. Add-on kesayangan gw "CSS-mate", fasterFox, dll gak bisa lg berfungsi di firefox 3.

Sukurnya beberapa add-on masih berfungsi dengan baik walaupun dgn proses up-date. ini adalah beberapa add-on yang kompatibel dengan firefox 3.



Video Download Helper yang saya gunakan untuk mengunduh film dari youtube masih dapat berjalan baik di firefox 3.

Download status bar juga masih tetap terinstal.

Kalo extensions kayaknya gak terganggu degh.
DNA (Delivery Network Acceleration) dari BitTorrent juga masih tetap terinstall di Extensions firefox egitu juga plug in lainnya.

CustomizeGoogle juga masih berfungsi

Adblock Plus
(https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865)
add-on ini berfungsi untuk menghadang pop up iklan dlsb

Faviconize Tab
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3780
Add-on yang berfungsi merubah favorite link kita menjadi icon pada panel firefox

FlashBlock
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/433
Ini aplikasi untuk tidak menampilkan flash pada web yang kita buka. Applikasi ini sangat berguna saat saya mendapatkan koneksi internet yang pas-pasan.

(sebenarnya saya juga menginstall add-on untuk mem-blocking embeded file musik/media, tapi sayang tidak kompatibel dengan firefox 3)

NoScript
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/722
Ini juga aplikasi penghadang, cuma yang di block aplikasi ini adalah aplikasi Java, javascript, dan executable script lainnya. gw juga gak terlalu paham apa gunanya tapi kalo lg browsing mencari torrent dan warez aplikasi ini katanya akan sangat banyak membantu keamanan komputer kita.

Web developer toolbar
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/60
sebagai pengganti CSS-mate yang gak kompatibel dengan firefox 3, saya akhirnya menginstal add-on ini.
Fungsinya sih banyak, cuma yang saya cari adalah CSS viewer. Dengan menggunakan aplikasi ini saya bisa mengintip konfigurasi CSS semua web yang saya buka. Ini berfungsi untuk melihat CSS pada web-web yang menggunakan encryp pada source page nya.

Itu aja dulu kali yah.
Hmm bagaimana dengan Theme, atau Tema.
Warna hitam adalah Favorit saya dengan berbagai alasan. Untuk saat ini saya menggunakan Theme Nasa Night Launch yang didominasi warna hitam.

So buat rekan yang menggunakan firefox dengan banyak add-on dan extensions yang terinstal didalamnya, saya kira tidak ada salahnya untuk memeriksa apakah add-on kesayangan anda sudah kompatibel dengan firefox 3 sebelum memutuskan untuk mengupgrade firefox.

Klik untuk komentar