masalah itu adalah ...

Neo, pemeran utama trilogi film matrix hanya cukup mengucapkan kata "Up-grade" setiap kali menghadapi persoalan baru atau masalah dalam dunia matrix, maka operator akan segera mengup-grade atau menginstal sebuah keahlian baru kepadanya. Einstein berkata "kita tidak dapat menyelesaikan masalah dgn tingkat berfikir yg sama saat kita menemukan masalah tersebut". Yang ingin saya sampaikan adalah diperlukan tingkatan baru dalam berfikir setiap kali kita menghadapi sebuah masalah.

semua orang memiliki masalah, yg membedakan milyaran org diatas bumi ini adalah cara mereka memandang dan menyelesaikan masalah itu. tersedia ribuan cara baik yg konvensional maupun yg shopisticated dlm menghadapi masalah, persamaan kedua cara itu adalah memahami masalah dalam sebuah tingkat baru dalam berfikir. dan mungkin saja tingkatan baru dalam berfikir ini tidak kita kenali sebelumnya.

Tahap awal adalah mengenali masalah itu, mudah? tidak juga, ada sebagian org yg justru hidup dan tumbuh dalam sebuah lingkaran permasalahan, sebagian lagi ada juga yang hanya merasakan adanya masalah tanpa dapat melihat dan mengenali masalah itu. Saat seseorang merasakan hidupnya sudah tak lagi menggairahkan, pekerjaan sudah membosankan, sudah mulai enggan bangun pagi dan berangkat kerja lebih awal, saat seseorang tidak merasakan kerasan tinggal dirumah, tidak menemukan kedamaian dalam rumah, sudah enggan belajar dan bersekolah atau kuliah, malas pergi kekampus dgn berbagai alasan yg dapat ia sebutkan atau ia karang maka mudah bagi kita mengatakan orang itu dalam masalah, namun apa masalah yg sebenarnya mereka hadapi, bukanlah perkara yg mudah untuk diungkap bahkan oleh mereka yg mengalaminya.

saya katakan, masalahnya ada didalam sini, dalam diri kita, dan bukan diluar sana. saya katakan cara kita memandang sebuah masalah, itulah masalah yg pertama2 harus kita perbaiki. Bagaimana? sampai disini ada komentar atau lainnya?

Klik untuk komentar