Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya

Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya
Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya

Close adalah film aksi thriller yang disutradarai oleh Vicky Jewishon. Close bercerita tentang sosok Sam, seorang perempuan tangguh berprofesi sebagai bodyguard, diperankan dengan baik oleh Noomi Rapace. 

Dalam film ini Sam mendapat tugas dari agensinya untuk melindungi seorang gadis kaya raya bernama Zoe yang diperankan oleh Sophie Nélisse. Setelah kematian ayahnya Eric Tanner, Zoe mewarisi semua saham perusahaan pertambangan fosfat Hassine Mining. 

Sam ditugaskan untuk mengawal Zoe dalam perjalanannya ke Maroko, di mana dia ditempatkan di bawah pengawasan ibu tirinya Rima (Indira Varma) dan pengawal yang dikontrak melalui Hassine Mining. Sesampai di sana, Zoe dan Sam berhadapan dengan situasi ancaman penculikan. Segera Sam dan Zoe musti berusaha mati-matian untuk bertahan hidup dan menghindari kejaran dari para penculiknya.

Close mendramatisir dua perempuan yang harus karena keadaan membuat mereka saling menginspirasi dan menguatkan satu sama lain, fokus film ini lebih kepada hubungan pribadi Sam dan Zoe yang meskipun pengembangan karakter pemerannya terlalu cepat, setidaknya pesan hubungan personal yang saling menginspirasi tetap tersampaikan. 

Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya

“MEREKA INGIN PEREMPUAN”

Film Close adalah tentang tersentuhnya rasa keibuan atau cinta seorang perempuan dingin dan seorang anak yang butuh kasih sayang keluarga dibalut dengan kisah aksi. Mereka berdua bertemu dalam satu tujuan, untuk mempertahankan hidup mereka, menemukan kekuatan dan peran mereka, keduanya memiliki perang batin masing-masing. 

Sam tiba di perkebunan Tanner dengan wajah penuh bekas luka dan sikap acuh, seorang pengawal profesional yang bisa mengunci emosi, tidak terlalu suka dengan misinya untuk menjaga seorang gadis manja seperti Zoe, tujuannya hanya menyelesaikan misi dan kembali ke tugas yang lebih ia sukai di bidang militer.

Zoe digambarkan sebagai gadis broken home yang kaya raya karena warisan ayahnya, menyukai minuman keras, narkoba, dan telah menjalin asmara dengan pengawal sebelumnya. Rima, ibu tiri Zoe, kerepotan untuk mempertahankan bisnis Pertambangan Hassine, meskipun masih berduka atas kematian suaminya ia masih terus mencoba menjalankan bisnis keluarganya. Ia memainkan peran sebagai ibu tiri yang bermasalah dengan Zoe, anak tirinya.

Hubungan antara Sam dan Zoe adalah topik utama dalam film ini. Sam selalu memotivasi Zoe, meminta Zoe melakukan hal-hal yang penting untuk dirinya sendiri agar mandiri dan bisa selamat dari para pemburu mereka. 

Zoe yang manja dipaksa dewasa oleh keadaan, dalam tahap ini Sam hadir untuk membantunya secara psikologis sebagai mentor kepribadian sekaligus membangun ikatan emosional dengannya. Zoe seakan baru mengenal kemampuannya untuk mandiri, Sam mengajarkannya dengan cara yang keras.

Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya


“KAMU LAKUKAN APA YANG AKU KATAKAN”

Sinematografi film Close sangat baik, secara keseluruhan indah dan mampu membangun suasana yang mendukung cerita secara visual; Adegan perjuangan Sam dan Zoe ditampilkan dengan latar alam Maroko yang indah (Lokasi shooting di Marrakesh dan Casablanca) selain indah, juga berhasil membangun kesan keterasingan kedua perempuan tokoh utama ini. Aksi dan sensasi berdatangan dengan cepat, semua adegan divisualisasikan dengan cukup baik.

Adegan pertarungan di bawah air juga tidak kalah baiknya, begitu juga adegan-adegan konflik dalam kegelapan, berkejaran di alun-alun kota dan di hotel dirangkum dengan latar yang bervariasi dan koreografi pertarungan yang rapi. 

Cedera dalam film terlihat nyata, suasana panas tropis serta keringat Maroko bisa sampaikan dalam adegan-adegan film ini. Namun semua masih terasa kurang dalam membangun karakter tokoh utama.

Detail tentang kondisi perusahaan Pertambangan Hassine Mining yang hampir kolaps tidak terasa urgensinya; detail tentang pembelian tanah Rima, persaingannya dengan perusahaan saingan bernama Sikong, keadaan saham Hassine Mining, semua terasa hanya mengalihkan perhatian dan tidak semenarik dibandingkan hubungan psikologis antara Sam dan Zoe, serta keadaan emosi Rima. 

Terlalu banyak karakter dengan berbagai motif terlibat tanpa pengenalan yang cukup mengenai siapa dan peran mereka.

Close (2019), Kisah Bodyguard Perempuan yang Melindungi Klien Seperti Menjaga Anaknya

KESIMPULAN

Secara keseluruhan film Close tidak terlalu mengesankan, alur cerita yang cepat tidak diimbangin dengan pengembangan karakter tokoh-tokohnya sehingga beberapa adegan seperti tidak ada hubungannya dengan keadaan kritis tokoh utama. Jika tidak memperhatikan alur kisahnya dengan cermat kemungkinan penonton tidak bisa mengenali tokoh-tokoh yang terlibat dan apa hubungannya dengan tokoh utama. 

Zoe akhirnya mengetahui mengapa Sam melindunginya seperti anaknya sendiri, Sam juga mendapat banyak pelajaran dalam berhubungan dengan anak muda seperti Zoe sebagai bekalnya untuk menghadapi anaknya sendiri.

Buat saya film ini biasa saja, mungkin saya kasih nilai 5/10 saja, di IMDB juga ratingnya 5,7/10 :)
Butuh menyimak betul adegan film ini sepenuhnya untuk memahami jalan ceritanya, saya tidak menontonnya dengan serius sehingga kehilangan banyak detail dan tidak mengenal beberapa tokoh dalam film yang tayang di Netflix Indonesia sejak 26 Januari 2019 lalu.

Salam :)

Posting Komentar

No Spam, Please.