Investasi Emas Antam, Cek Dulu Yuk Untung dan Ruginya!

Investasi Emas Antam, Cek Dulu Yuk Untung dan Ruginya!


Tertarik melakukan investasi emas Antam? Well, kamu sudah membuat keputusan yang pintar. Bagaimana tidak, emas termasuk logam mulia yang nilai jualnya cenderung meningkat di setiap tahun. Jadi, berinvestasi pada emas akan membuat modal investasi kamu meningkat setiap tahunnya.

Nah, salah satu produk emas atau logam mulia yang beredar di pasaran Indonesia adalah produk dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Yang membedakan kedua produk emas tersebut harga dan sertifikat yang dimiliki.

Soal harga, emas Antam memiliki harga yang lebih tinggi dibanding emas UBS, meski harga buyback-nya relatif sama. Sementara terkait sertifikat, emas Antam memiliki sertifikat internasional dan telah diakui oleh London Bullion Market Association, yaitu asosiasi pedagang logam mulia internasional yang mensertifikasi mutu dan standar produksi produsen emas/perak di seluruh dunia. Sementara emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional dari PT UBS.

Selain faktor di atas, ada sejumlah alasan lain menjadikan emas Antam sebagai produk investasi. Namun, yang lebih penting saat ini adalah mengetahui tips melakukan investasi emas antam. Untuk mengetahui cara yang tepat dan melakukan investasi dengan aman, yuk simak tipsnya di bawah ini!


Tips Investasi Emas Batangan dengan Aman


1. Membeli emas batangan yang memiliki sertifikat

Membeli emas juga ada caranya. Untuk bisa berinvestasi emas dengan aman, pastikan kamu membeli emas yang sudah memiliki sertifikat. Emas Antam menjadi salah satu produk logam mulia yang menjamin produk sudah tersertifikasi. Kamu juga bisa melihat keaslian emas Antam yang kamu beli di aplikasi CertiEye. Kamu bisa membeli emas Antam di Bukalapak, lho!

2. Perhatikan harga

Prinsip jual beli emas adalah membeli saat harga sedang turun dan menjualnya kala harga jauh lebih tinggi dari harga beli di awal. Namun, kamu juga harus memerhatikan bahwa tren kenaikan harga emas berlangsung dalam periode yang panjang, antara lima dan sepuluh tahun. Karena itu, kamu bisa memerhatikan harga beli emas untuk mulai berinvestasi.

3. Perhatikan tempat penyimpanan

Ada banyak tempat penyimpanan emas yang bisa kamu pilih, dari yang tingkat keamanannya biasa-biasa saja hingga yang memiliki teknologi tingkat tinggi dan jaminan keamanan level tinggi, seperti di kotak deposit yang dimiliki bank misalnya. Opsi lain yang bisa kamu pilih adalah dengan menyimpan emas batangan kamu di PT Antam karena ada jasa brangkas atau penyimpanan yang ditawarkan salah satu Badan Usaha Milik Negara tersebut, tentunya dengan biaya tersendiri.

Nah, jika sudah tahu tips menyimpan emas dengan aman, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mulai melakukan investasi pada emas. Ada untung dan rugi yang bisa kamu pertimbangkan untuk mulai berinvestasi. 


Investasi Emas Antam, Cek Dulu Yuk Untung dan Ruginya!




Simak keuntungan investasi emas Antam di bawah ini, ya!


1. Emas bisa menjadi jaminan ekonomi dan lindung diri

Tahu, kan, kondisi perekonomian dunia sering menunjukkan grafik yang fluktuatif atau naik turun. Kondisi ini membuat semua orang ingin merasa terjamin dalam hal ekonomi.

Mengatasi kekhawatiran tersebut, emas bisa dijadikan pilihan aset untuk memberikan jaminan tersendiri terhadap ketidakpastian ekonomi. Emas sebagai aset lindung diri memiliki pergerakan harga yang stabil. Selain itu, emas juga minim risiko terhadap krisis karena nilainya yang stabil sehingga tidak terpengaruh oleh inflasi yang tinggi.

2. Harga yang cenderung meningkat

Sebagai produk investasi, emas menjamin adanya nilai peningkatan harga di setiap periode. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa emas termasuk logam mulia yang semakin terbatas pasokannya, sementara permintaan akan emas terus meningkat di setiap tahunnya. Karena kelangkaan ini, harga emas akan meningkat dalam periode tertentu.

3. Emas Antam mudah dicairkan

Punya kebutuhan mendesak dan membutuhkan uang tunai secara cepat, jual saja emas Antam yang kamu miliki. Ya, salah satu keuntungan memiliki emas Antam adalah mudahnya produk ini untuk dicairkan, baik dengan dijual langsung atau sekadar digadaikan. Apalagi Antam mengeluarkan produk dengan sejumlah varian ukuran, dari yang memiliki berat 0,5 gram hingga 1 kilogram. Kamu tinggal menyesuaikan dengan dana yang ada untuk mulai berinvestasi pada emas.

4. Jadi alternatif investasi yang menguntungkan

Biasanya, orang yang berinvestasi alias investor tidak menaruh investasi mereka di satu tempat. Emas bisa menjadi pilihan diversifikasi investasi yang menguntungkan meski didiamkan selama periode waktu tertentu. Risiko investasi yang rendah dan kecenderungan harga yang naik juga menjadikan emas sebagai produk investasi pasif yang bisa sangat menguntungkan untuk periode jangka panjang.

Investasi Emas Antam, Cek Dulu Yuk Untung dan Ruginya!



Lalu, apakah investasi emas Antam juga memiliki kerugian? 

Jawabnya adalah ya! Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tidak bisa diharapkan sebagai pemasukan sampingan

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari emas, dibutuhkan waktu yang relatif lama. Karena itu, emas tidak bisa menjadi andalan untuk mendapatkan pemasukan sampingan yang bisa diambil sewaktu-waktu.

2. Membutuhkan tempat penyimpanan fisik

Selain produk emas online, memiliki emas dalam bentuk logam mulia secara fisik membuat kamu harus menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Tentunya, untuk bisa menempatkannya di tempat yang aman, ada biaya tersendiri yang harus dibayarkan, seperti brankas di bank, pegadaian atau PT Antam itu sendiri. Bahkan untuk produk emas online sekalipun, ada biaya titip yang harus dibayarkan.

Nah, sudah tahu untung rugi melakukan investasi emas Antam, kan? Apakah kamu tertarik untuk mulai berinvestasi?



comments

No Spam, Please.

Lebih baru Lebih lama