Heboh BTS Meal, inovasi McD dan Bukti Lain Kekuatan BTS Army

Heboh BTS Meal, inovasi McD dan Bukti Lain Kekuatan BTS Army
 Keramaian antrian Ojol di McD BTS meal 


Apa sih isi BTS meal kemasan ungu seharga 51 ribu yang ramai itu? 
Isinya ya standar paketan McD; nugget, kentang goreng + saus sachet + saus Cajun khas Korsel + minuman bersoda. Iya gitu doang. Inovasi McD terletak pada pola marketing yang menggandeng artis musik Korea yang sedang populer.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengungkapkan, langkah inovasi dari restoran di masa pendemi Covid-19 saat ini memang diperlukan untuk penetrasi pasar di tengah pandemi Covid-19 yang membuat daya beli lesu.

“Ini kan bagian dari langkah inovasi yang, artinya di tengah penurunan daya beli dan persaingan yang ketat, harus ada langkat inovatif. Apalagi, dari sisi entertain, drama Korea atau music Korea digandrungi anak muda dan milenial, ini menjadi daya tarik,” ungkap Enny. 

Menurut dia, langkah inovatif ini tentunya menjadi daya tarik pembeli. Namun, tentunya perlu disesuaikan dengan target pasarnya. Misalkan McD yang memiliki target pasar lebih ke anak muda. (Kompas - 10/06/2021).

Maren siang pas liwat McD Salemba saya sempetin motret. Gak keliatan tuh antrian drive thru atau sekitarannya, yang saya liat wartawan TV lagi mondar mandir menunggu moment. FYI, McDonald’s Indonesia resmi merilis menu BTS Meal pada Rabu, 9 Juni 2021, dan hanya bisa dibeli lewat layanan pesan antar dan drive thru.


Heboh BTS Meal, inovasi McD dan Bukti Lain Kekuatan BTS Army
 suasana McD Salemba 9 Juni 2021 


BTS Meal Promosi di 50 Negara

Fyi BTS meal ini dijual bukan cuma di Indonesia saja loh, tapi masih ada 49 negara lainnya yang juga ramai diserbu pembeli. 

Ya tentu aja ada benarnya menghubungkan BTS Army untuk kesuksesan promosi BTS meal ini di Indonesia. Gak bisa dipungkiri kekuatan army yang suka bikin trending topic menyalip buzzer di Twitter dan media sosial lainnya, BTS Army memang punya solidaritas yang kuat di mana saja mereka berada. 

Sudah tahu kan bagaimana kelompok army di USA mensabotase kampanye akbarnya Trump tahun lalu?

Seperti juga gerai JackCloth yang sebulan lalu disegel gegara kerumunan, banyak gerai McD juga kena nasib yang sama, disegel aparat gegara mengundang kerumunan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Dari segi marketing fenomena ini menguntungkan walau ada beberapa gerai yang kena sial ditutup aparat, promosi memanfaatkan loyalitas para fans terbukti berhasil, McD juga sudah beberapa kali melakukannya. 

Heboh BTS Meal, inovasi McD dan Bukti Lain Kekuatan BTS Army
 isi paket BTS meal special edition McD 


BTS Army bukan "orang susah"

Btw para army ini sebagian jelas bukan "orang susah", banyak dari mereka yang tak segan memberikan tips berkali-kali lipat dari harga BTS meal itu sendiri kepada para ojol yang rela mengantri dan berjuang demi mendapatkan BTS meal. 

Sepertinya itu pula yg memotivasi para ojol tetap mau antri berlama-lama, meski sebagian mereka juga sadar risiko terpapar covid. Sepertinya mereka memilih untuk mengabaikan risiko itu. Mungkin mereka berpikir, Toh ojol setiap hari juga bertaruh nyawa di ganasnya lalu-lintas jalanan kota.

Toh ojol setiap hari juga bertaruh nyawa di ganasnya lalu-lintas jalanan kota

Sebagai respon terjadinya kerumunan ojol ini, para penggemar grup musik asal Korea Selatan, BTS, Army akhirnya menggalang dana untuk memberikan layanan tes swab gratis bagi pengemudi ojek online. Dengan memanfaatkan situs Kitabisa.com penggalangan dana yang diinisiasi Armyteamid atau kelompok resmi penggemar BTS dari Indonesia. 

“ARMY Yeorobun! 

Hai teman-teman ARMY, kenalin kami dari Armyteamid, salah satu komunitas ARMY yang seneng banget dengan peluncuran BTS Meal. Bahagia banget pas denger banyak ARMY yang bikin donasi buat Mas & Mbak Ojol yang udah ngantri BTS Meal demi kita. 

Kita semua pasti gak nyangka antusiasmenya sebesar itu sampai banyak Ojol yang harus antri berjam-jam di tengah kerumunan. Kita pasti gak pingin hal itu kejadian, beberapa ARMY juga udah protes ke pihak gerai makanan yang menyediakan BTS Meal. 

Sebagai ARMY, kita pastinya gak pingin cuma prihatin aja, tapi kita pingin bener-bener gerak bantuin Ojol yang udah antri di kerumunan berjam-jam. 

Makanya, kami inisiatif buat bikin tes SWAB Gratis untuk Ojol yang kemarin terpaksa harus ada di kerumunan karena sistem pengantaran yang belum rapi. Dst” 

demikian yang tulis Armyteamid dalam keterangannya di situs Kitabisa.com.

Heboh BTS Meal, inovasi McD dan Bukti Lain Kekuatan BTS Army
   Penggalangan dana ArmytemID di Kitabisa.com  


Pengumpulan donasi itu dibuka pada hari ini Kamis, 10 Juni 2021. Target donasi adalah sebesar Rp 20 juta dan akan berlangsung sampai sepekan ke depan. 

Army sebelumnya juga sudah menggalang dana untuk memberikan makanan spesial bagi pengemudi ojol pada 8 Juni lalu. Tiga hari setelah donasi dibuka, Army Indonesia berhasil mengumpulkan sumbangan sebanyak Rp 192,6 juta dan angka itu masih terus bertambah.

Antusias oleh penggemar BTS pun menyebabkan kondisi di hampir semua gerai McDonald’s ricuh akibat membludaknya pembeli. Akibatnya, Satpol PP menutup beberapa gerai karena dianggap melanggar protokol kesehatan.

-------------

Kalau fenomena ini membuat Anda bingung, coba tanya sama anak atau keponakan anda yang seumuran dengan para BTS army, sepertinya anda perlu lebih banyak ngobrol dengan generasi itu, dengan begitu anda akan terhindar dari serangan jantung kalau mereka melakukan hal-hal yang lebih "gila" di masa yang akan datang.


Siapa itu BTS?

BTS atau Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene pada bulan Juli 2017. BTS memulai karir mereka sebagai band hip-hop independen.

Awalnya BTS bukan ‘grup idol’ yang khusus dibentuk oleh agensi hiburan. 

BTS sangat terlibat dalam penulisan, produksi, dan koreografi musik, video, dan tariannya. Sistem kreatif itu memberi mereka kredibilitas di kalangan penggemar musik, terutama di Barat, yang merasa banyak aksi K-Pop lainnya adalah “produk buatan.”

Menanjaknya BTS sesuai dengan semakin populernya hip-hop di Korea Selatan, di mana banyak penggemar kini mengharapkan rapper yang lebih terampil. Di AS, sementara itu, rap sekarang mendominasi musik pop AS lebih dari sebelumnya, dengan bintang pop tradisional yang kurang akrab dalam gaya hip-hop menjadi tertinggal.

Konon dari beberapa media, untuk bekerjasama dengan BTS, untuk di Korea Selatan saja meurut Koreatimes.co.kr BTS memiliki tarif 3 hingga 5 miliar Won (setara 38,19 - 64,6 M rupiah), dari desas desus yang berkembang di media, McD diperkirakan mengeluarkan uang 10 miliar Won (Rp. 127,7 M)

BTS Army, Kapan Army dibentuk?

Sebulan sejak 7 member Bangtan Boys melakukan debut pada Juni 2013, Rap Monster, J-Hope, Suga, Jimin, Jin, V dan Jungkook sepakat menamai para fansnya dengan sebutan ARMY

Menarik mencermati strategi promosi McD, semoga ke depan akan banyak inovasi lain dari brand lain guna menggairahkan ekonomi yang sedang lesu ini.

Ten Deadly Marketing Sins

Philip Kotler telah menulis 10  dosa pemasaran yang mematikan atau “Ten Deadly Marketing Sins”. Mungkin kita bisa memeriksa, dari 10  dosa pemasaran yang mematikan ini mungkin salah satu atau lebih sudah McD lewati dan temukan solusinya sebelum mempromosikan BTS meal.

Berikut adalah kesepuluh dosa itu;
  1. Anda tidak berfokus pada pasar dan perusahaan Anda tidak digerakkan oleh konsumen pada tingkat yang memadai.
  2. Anda tidak sepenuhnya memahami konsumen target Anda.
  3. Anda perlu mendefinisikan dan memonitor pesaing-pesaing Anda dengan lebih baik.
  4. Anda tidak mengelola hubungan dengan para stakeholder secara benar.
  5. Anda kurang lihai mememukan peluang-peluang baru.
  6. Rencana pemasaran dan proses perencanaan pemasaran Anda buruk
  7. Kebijakan-kebijakan produk dan jasa Anda  memerlukan pengetatan
  8. Keahlian-keahlian brand-building dan komunikasi Anda lemah.
  9. Perusahaan Anda tidak terorganisir cukup baik untuk menjalankan pemasaran secara efisien dan efektif.
  10. Anda tidak memaksimalkan pemanfaatan teknologi.

#KopiSiang ☕

2 Komentar

  1. Daebak pokoknya bts meal kemaren! Enggak nyangka bakal se-Hits ituuu. Dan paling enggak nyangka ketika aku tau kalau cup kemasan di cuci terus dipajang di meja belajar army. Omooo ternyata tujuannya ya ituu. Nambah koleksi ke-Army an dikamar para penggemar BTS. Daebak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh baru tau saya kalau cup kemasannya bisa dipajang dan dikoleksi :), makasih infonya

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama