Agar Perjalanan Liburan Menyenangkan, Ini Tips Traveling dengan Kereta Api

Perjalanan Liburan Menyenangkan Traveling dengan Kereta Api

Sebentar lagi memasuki musim libur lebaran di mana banyak orang akan memanfaatkan jatah liburnya untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga atau pergi berlibur bersama orang-orang tercinta. Ketika musim liburan seperti ini banyak orang yang berlomba-lomba mencari moda transportasi yang aman dan menyenangkan bagi mereka untuk mengakomodasi perjalanan liburan mereka. Dan dapat dipastikan bahwa salah satu moda transportasi yang paling diminati oleh masyarakat adalah kereta api. Banyak masyarakat memilih kereta api karena aman, nyaman, cepat dan ekonomis dimana harga tiketnya relatif cukup terjangkau dibandingkan dengan harga tiket pesawat. 

Salah satu tujuan untuk berlibur yang sampai sekarang masih diminati oleh masyarakat adalah ke Bandung. Makanya banyak orang lebih memilih untuk pergi ke Bandung naik sepur bebas macet yang tentunya bisa membuat mereka lebih cepat sampai ke Bandung. Nah sekarang kemanapun tujuan liburan kalian, baik itu ke Bandung, Yogyakarta, ataupun Malang, berikut adalah beberapa tips traveling dengan kereta api agar perjalanan kalian aman, nyaman, dan tentu saja menyenangkan. 


Rencanakan Perjalan Liburan dari Jauh Hari 

Agar perjalanan dengan kereta api kalian lancar, aman,nyaman dan pastinya menyenangkan ada baiknya jika kalian merencanakan perjalanan kalian dari jauh-jauh hari. ditambah lagi sekarang tiket kereta bisa dibeli sekitar tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan. Jadi sebaiknya kalian membeli tiket kereta kalian selambat-lambatnya dua minggu sebelum jadwal keberangkatan atau satu bulan sebelumnya. Dengan begitu kalian masih punya kesempatan untuk memilih kursi yang kalian inginkan dan meminimalisir peluang kalian untuk kehabisan tiket terlebih lagi pada musim liburan seperti ini. 

Hindari Memesan Tiket Pada Peak Season

Selanjutnya untuk menunjang keamanan, kelancaran, dan kenyamanan kalian ketika traveling dengan kereta api, sebaiknya kalian tidak membeli tiket ketika peak season liburan. Di waktu-waktu ini biasanya harga tiket kereta api akan menjadi lebih mahal dan kemungkinan bagi kalian untuk tidak berhasil mendapatkan tiket kereta akan semakin besar karena tingginya animo masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan mode transportasi yang satu ini.
Perjalanan Liburan Menyenangkan Traveling dengan Kereta Api

Memesan Tiket Melalui OTA

Jika kalian takut kehabisan tiket kalian bisa memesan tiket melalui OTA yang sudah kalian percaya. Salah satu OTA yang sudah terpercaya dan tentunya dapat kalian andalkan adalah membeli tiket melalui Traveloka, sehingga kalian tidak perlu repot-repot antri dan berdesak-desakan dengan calon penumpang lain ketika membeli tiket menjelang peak season. Selain itu, dengan membeli tiket melalui Traveloka kalian bisa mengantisipasi kemungkinan dimana kalian tidak berhasil mendapatkan tiket. 

Keuntungan lain yang kalian bisa dapatkan adalah Traveloka sering mengadakan promo-promo tertentu pada saat-saat tertentu juga, salah satu contohnya adalah pada musim liburan seperti ini. Selain itu membeli tiket melalui Traveloka juga memberikan beberapa keuntungan bagi kalian misalnya harga tiket yang relatif lebih murah, adanya jaminan keamanan yang memadai, dan juga cara pemesanannya yang mudah yaitu melalui situs resmi ataupun Traveloka App. 

Jangan Lupa Siapkan Identitas Lengkap 

Meskipun terlihat sepele namun terkadang banyak traveler yang tidak menyediakan identitasnya secara teliti. Bisa saja mereka terburu-buru dan tidak sempat memastikan kembali kelengkapan identitas mereka sehingga kartu identitas mereka tertinggal atau terselip. Sebaiknya, kalian tidak melakukan hal ceroboh seperti itu sehingga kalian bisa menyiapkan identitas lengkap kalian.
Pasalnya, kecocokan identitas yang ada di tiket kalian dan kartu tanda pengenal kalian adalah wajib hukumnya. 
Jadi, sebelum berangkat ada baiknya kalian sudah memasukkan identitas lengkap kalian ke dompet atau tempat strategis yang dapat kalian jangkau dengan mudah dan cepat ya! 

Kenakan Pakaian yang Nyaman 

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih traveling dengan kereta api adalah kenyamanan. Ya, memang tidak diragukan lagi bahwa bepergian dengan kereta api itu aman, nyaman, efisien, dan juga cepat. Kalian juga bisa mendukung berbagai hal diatas dengan mengenakan pakain yang nyaman pula ketika sedang berada di dalam kereta api. Kalian tidak perlu mengenakan pakaian yang terlalu rapi ataupun mewah, tetapi kalian cukup memakai pakaian yang sekiranya nyaman dan cocok untuk dikenakan di kereta. 

Jangan Lupa Bawa Camilan, Buku, Film atau Musik Favorit

Meskipun menyenangkan tak jarang perjalan di kereta membutuhkan waktu yang lama. Tak jarang pula kalian akan merasa bosan dengan keadaan yang demikian. Tapi tenang saja, kalian bisa menghalau rasa bosan yang datang tiba-tiba dengan memakan cemilan kesukaan kalian, atau bisa juga membaca buku kesukaan kalian, mendengarkan musik, ataupun menonton film kesukaan kalian.

Makanya, sangat disarankan untuk menyiapkan berbagai kebutuhan di atas sebelum kalian naik kereta, agar perjalanan kalian tetap nyaman dan menyenangkan.

Jangan Lupa Periksa Barang Bawaan Kalian Secara Teliti 

Ketika naik kereta api ataupun moda transportasi umum lainnya keamanan barang-barang yang kalian bawa merupakan tanggung jawab pribadi. Jadi, untuk menghindari kehilangan barang bawaan, kalian harus memastikan kelengkapan barang-barang kalian sebelum turun dari kereta. Alangkah lebih baiknya jika kalian membawa barang secukupnya dan tidak berlebihan. Sehingga kalian bisa menghindari atau paling tidak meminimalisir kehilangan atau ketinggalan barang bawaan kalian di kereta. 

Nah, kemanapun tujuan liburan kalian, traveling dengan kereta api bisa menjadi salah satu
pengalaman yang menyenangkan dan susah untuk dilupakan. Terlebih lagi bagi kalian yang berlibur ke Bandung naik sepur bebas macet pastinya kalian akan merasa lebih nyaman dan liburan kalian pun akan lebih menyenangkan. Akan tetapi ke manapun liburannya, jika kalian traveling dengan kereta api kalian harus mencoba beberapa tips Tips Traveling dengan Kereta Api di atas agar perjalanan kalian menjadi lebih berwarna dan menyenangkan!


Baca Juga

1 Komentar:

  1. Sekarang Naik kereta api sudah semakin nyaman, pesen tiketnya pun mudah

    BalasHapus