Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller

Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller

Kamu seorang traveller? Senang jalan-jalan ke berbagai daerah, kota, bahkan negara? Setiap hendak memulai perjalanan baru pastilah kamu akan menyiapkan berbagai hal, mulai dari transportasi yang hendak digunakan, akomodasi, juga barang-barang yang mau dibawa. 

Perencanaan yang matang akan membuat perjalanan yang kamu lakukan jadi menyenangkan. Tapi bagaimana jika terjadi hal-hal tak terduga saat dalam perjalanan, sakit atau kecelakaan, misalnya? Nah di sinilah peran penting asuransi kesehatan untuk seorang traveller. 

Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller


Sebagai traveller, saya termasuk sering melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia maupun ke berbagai negara. Setiap hendak melakukan perjalanan, segala persiapan selalu saya lakukan dengan sedetail mungkin demi meminimalkan risiko terjadinya hal-hal yang tak saya ingin. Saya kira, semua traveller melakukan apa yang saya lakukan. 

Suatu ketika dalam perjalanan ke Malang naik kereta, saya bertemu pasangan suami istri yang sepertinya masih pengantin baru. Sang lelaki yang kebetulan duduk di kursi yang ada di sebelah saya mengajak saya berkenalan dan kami pun bertukar cerita. Singkatnya, pasangan ini hendak eksplorasi wilayah Malang dan Batu sekalian berbulan madu. 

Perjalanan lancar tanpa kendala. Selesai berbincang, saya tertidur karena memang sudah larut malam. Kira-kira kurang satu jam lagi tiba di Malang, tiba-tiba saja lelaki yang tadi berbincang dengan saya merintih-rintih kesakitan. Saya yang memang sudah terbangun langsung menanyakan keadaannya. Katanya perutnya sakit sekali. Saya menduga lelaki ini masuk angin, jadi saya pun bergegas mendatangi petugas kesehatan di kereta untuk meminta obat. 

Sudah diberi minyak, minum-minuman hangat, perutnya dikompres air hangat, juga minum obat untuk masuk angin. Sakit perut lelaki itu tak kunjung reda. Tepat saat kereta memasuki Stasiun Malang, saya pun menyarankan pasangan itu langsung ke rumah sakit saja dan ternyata mereka setuju. 

Saya mengantarkan mereka ke rumah sakit yang paling dekat dengan Stasiun Malang untuk berobat. 

Hal lain yang membuat saya terkejut, pasangan itu ternyata tidak melengkapi diri dengan perlindungan tambahan, yaitu travel insurance atau asuransi travel. Padahal penting sekali asuransi kesehatan untuk seorang traveller. Kenapa penting?

Sakit yang Bisa Datang Tiba-tiba


Seperti lelaki yang tiba-tiba sakit di kereta api tadi, sakit memang bisa datang tanpa diduga, padahal ketika berangkat dalam keadaan sehat dan segar bugar. Ada cukup banyak produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat biaya pengobatan darurat di berbagai kota maupun negara. Biaya pengobatan yang ditanggung oleh asuransi akan membuat dana liburan yang dibawa jadi tak berkurang. 
Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller

Penanganan Darurat Saat Kecelakaan


Meskipun telah sangat hati-hati dan merencanakan perjalanan dengan baik, tetap saja ada risiko kecelakaan. Dengan memiliki asuransi maka kerugian akibat kecelakaan bisa diminimalkan, bahkan untuk biaya rumah sakit yang mungkin dibutuhkan akibat dari kecelakaan. 

Untuk tahu berbagai benefit yang ada pada suatu produk asuransi, kita bisa terlebih dahulu mencari tahunya dengan bertanya kepada agen asuransi, membaca artikel mengenai asuransi, bertanya kepada traveller yang sudah berpengalaman, atau mencari info di website Lifepal

Kerusakan dan Kehilangan Barang Pribadi


Selain asuransi kesehatan maupun kecelakaan, ada juga produk travel inssurance yang disertai manfaat tambahan berupa perlindungan atas barang pribadi yang rusak atau hilang. Manfaat yang satu ini cukup memikat sehingga banyak pula traveller yang memanfaatkannya karena asuransi akan memberi penggantian kerugiaan atas keterlambatan bagasi yang lebih dari 12 jam, atau akibat kehilangan bagasi saat dalam perjalanan. 

Tidak hanya 3 hal yang ada di artikel ini saja yang jadi peran penting asuransi kesehatan untuk seorang traveller. Masih banyak lagi lainnya. 

Mungkin lain waktu akan kita bahas kembali agar makin banyak traveller yang sadar dan paham bahwa dalam setiap perjalanan, sematang apa pun perencanaan maupun persiapan, tetap diperlukan perlindungan tambahan untuk meminimalkan risiko dari kejadian-kejadian tak disangka. 


Klik untuk komentar