Perlu gak sih install VPN di HP?

Virtual Private Network (Jaringan Privat Virtual)
Berlatar belakang kebijakan pemerintah untuk membatasi akses media sosial besar seperti Facebook, Instagram sampai WhatsApp terkait aksi demonstrasi penolakan hasil pemilu 2019, banyak beredar tips untuk menerobos pembatasan itu dengan menginstal VPN di Mobile phone / smartphone.

Pertanyaan umum tentang perlu atau tidaknya kita menginstall VPN di Mobile phone sebenarnya tergantung kebutuhan kita. Apa sebenarnya yang kita butuhkan?.

Secara sederhana, VPN atau Virtual Private Network (Jaringan Privat Virtual) adalah alat yang memungkinkan kita menjelajahi web sebagai anonim dengan aman dari mana saja. VPN melindungi kita dengan cara membuat terowongan (tunneling) terenkripsi yang menyambungkan komputer kita ke internet, hotspot Wi-Fi, dan jaringan lainnya.

Bagaimana bisa kita menjelajahi web secara anonim? 

Intinya VPN akan mengubah alamat IP Address kita dan menggantinya dengan IP Address dari penyedia VPN. Misalkan saya menggunakan Alamat IP internet di Bekasi maka saya dapat menggunakan VPN untuk menyembunyikan data saya dengan mengubah informasi menggunakan alamat IP sesuai yang disediakan oleh Provider VPN semisal di Singapura, Amerika dan seterusnya tergantung yang disediakan oleh Provider VPN. 

Dengan begitu saya tidak akan terpengaruh dengan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia karena alamat IP saya bukan lagi beralamat di Indonesia.

Fungsi VPN:

Menyembunyikan Alamat IP
Dengan menggunakan VPN maka alamat IP kita yang sebenarnya tidak akan diketahui oleh publik.
Mengubah alamat IP
Menggunakan VPN tentunya akan menghasilkan alamat IP yang berbeda sesuai server yang kita gunakan.
Enkripsikan Transfer Data
Sebuah Virtual Private Network akan melindungi data yang kita transfer melalui WiFi publik.
Sembunyikan lokasi Anda
Dengan Virtual Private Network, kita dapat memilih  alamat IP negara lain untuk informasi koneksi internet. Sehingga orang lain tidak mengetahui lokasi kita yang sebenarnya.
Akses situs web yang diblokir
Mengakses situs web yang diblokir oleh pemerintah dengan VPN dapat dilakukan karena kita dapat menggunakan alamat IP dari negara lain.

Soal risiko menggunakan VPN silakan cari sendiri di internet, sudah banyak yang membahas risiko penggunaan VPN gratis. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistem Aplikasi Gratis dan berbagai model bisnis sebuah aplikasi silakan baca: Apa Beda Pro Apps, Freemium, in-app purchase dst?

Akhirnya, Gak masalah kalau kamu mau install aplikasi VPN di Mobile phone kamu, saya lihat anak saya meng-install VPN untuk bermain game online, khususnya game online yang membatasi penggunaan IP Address yang sama, padahal mereka ingin mabar "Werewolf" di rumah dengan berbagi IP Address yang sama agar biaya internet dapat terkontrol. Aplikasi yang mereka gunakan adalah "Turbo VPN" dan menurut pengamatan saya aplikasi itu aman-aman saja selama tidak selalu dinyalakan. 

Tampilan aplikasi Turbo VPN Gratis Android
Saran saya, non aktifkan VPN jika kita tidak membutuhkannya. Lagi pula tidak ada aplikasi VPN gratis yang tidak mengandung iklan, iklan-iklan inilah yang agresif mengumpulkan data HP kita agar dapat menampilkan iklan yang cocok untuk kita.

Oh iya, kalau hanya untuk mengakses sosmed, sebenarnya kita gak perlu install VPN yang kalau salah pilih justru bisa membahayakan data pribadi. Apa perlunya juga kita mengubah IP Address kalau hanya mau akses beberapa situs umum seperti Facebook atau instagram misalnya. Kenapa nggak install "DNS resolver" dari Cloudflare yang lebih aman?

Tampilan aplikasi DNS Resolver VPN 1.1.1.1
Ok, 1.1.1.1 bukan aplikasi VPN dan gak bisa mengubah IP Address, tapi buat apa mengubah IP Address kalau cuma mau akses sosmed dan web-web "baik-baik" macam forum Reddit dan semacamnya yang sejak lama diblokir pemerintah.

Saya tidak meng-install VPN karena saya tidak perlu mengubah IP Address saya dan juga tidak mau membahayakan data HP saya. Saya cukup menginstal 1.1.1.1, aplikasi kecil tanpa iklan (Aplikasi Android sebesar 5,4 MB) dan sepertinya tanpa batasan bandwidth.

Saya sejak lama bergonta ganti VPN, tapi setelah install 1.1.1.1 sepertinya ini aplikasi yang terbaik dan yang penting PALING AMAN untuk saat ini

Jika ingin tahu lebih banyak, 1.1.1.1 adalah hasil kemitraan antara Cloudflare dan APNIC.
Cloudflare adalah salah satu jaringan terbesar dan tercepat di dunia. APNIC adalah organisasi nirlaba yang mengelola alokasi alamat IP untuk wilayah Asia Pasifik dan Oseania.

Link download aplikasi 1.1.1.1 

  1. HP Android (klik di sini)
  2. Apple iOS (klik di sini)

Setting pada PC/Laptop Windows

Meskipun Anda pemula di bidang komputer, pilih perangkat Anda di bawah ini untuk panduan penyetelan yang mudah diikuti.
  1. Klik di menu Start (Mulai), lalu klik Control Panel (Panel Kontrol).
  2. Klik Network and Internet (Jaringan dan Internet).
  3. Klik Change Adapter Settings (Ubah Pengaturan Adapter).
  4. Klik kanan pada jaringan Wi-Fi yang Anda sambungkan, lalu klik Properties (Properti).
  5. Pilih Internet Protocol Versi 4 (atau Versi 6 jika diinginkan).
  6. Klik Properties (Properti).
  7. Tuliskan setiap entri server DNS yang ada sebagai referensi mendatang.
  8. Klik Use The Following DNS Server Addresses (Gunakan Alamat Server DNS Berikut).
  9. Ganti alamat tersebut dengan alamat DNS 1.1.1.1:
  10. Untuk IPv4: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  11. Untuk IPv6: 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  12. Klik Oke, lalu Close (Tutup).
  13. Mulai ulang browser Anda.
  14. Anda pun siap! Perangkat Anda kini memiliki server DNS yang lebih cepat, lebih privat 
Cloudflare memiliki jaringannya, APNIC memiliki alamat IP-nya (1.1.1.1). Keduanya termotivasi oleh misi untuk membantu membangun Internet yang lebih baik. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang 1.1.1.1 webnya di https://1.1.1.1/id-ID/dns/ dan mencari tahu bagaimana mengaplikasikan settingan DNS 1.1.1.1 untuk PC/Laptop Windows atau MacBook Anda dengan mudah agar dapat mengakses media sosial melalui PC atau laptop :)

Salam


Klik untuk komentar