Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam

Anda pasti sudah sering mendengar nama Negara Brunei Darussalam. Namun untuk tahu lebih jauh mengenai seperti apa keistimewaan negara Brunei, fakta menarik apa yang tidak semua orang tahu dari Brunei, hingga wisatanya apa saja yang menarik untuk dikunjungi saat berkunjung ke Brunei, tentunya tidak semua orang memerhatikannya. Nah, kali ini yuk kita bahas beberapa hal tentang Brunei, dari “Fakta menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam”. 

Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam
Sumber: arageek.com
Brunei Darussalam adalah salah satu negara berdaulat di kawasan Asia Tenggara. Negara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan ini termasuk negara maju, karena memiliki Indeks Pembangunan Manusia (pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup) tertinggi setelah Singapura. Prestasi lainnya menurut versi majalah Forbes, Brunei juga menempatkan posisi sebagai negara terkaya ke-5 dari 182 negara karena ladang minyak bumi dan gas alamnya yang luas.

Di samping prestasinya di atas, negara ini juga punya beberapa fakta menarik, loh. Simak beberapa fakta menarik negara Brunei berikut ini:
  1. Nama “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, yaitu penemu Negara Brunei;
  2. Nama “Darussalam” memiliki arti “Tempat yang Damai” atau “Rumah Keamanan”;
  3. Kesultanan Brunei berusia 600 tahun dan merupakan dinasti muslim tertua di kawasan tersebut;
  4. Sultan Bolkiah termasuk salah satu orang terkaya di dunia karena harta yang dimilikinya, antara lain istana dengan 1500 kamar dan mobil mewah yang jumlahnya sampai 500 unit;
  5. Sebanyak 90% dari penduduk Brunei fasih menggunakan bahasa Inggris;
  6. Di Brunei, buah durian dan rambutan dibudidayakan secara luas;
  7. Buah Durian di Brunei biasa dijadikan  permen, bahan nasi, sup dan makanan penutup;
  8. Istana The Nurul Palace merupakan salah satu dari istana terbesar di dunia;
  9. Bagian timur Brunei hanya berpenduduk sekitar 10.000 orang;
  10. The Belalong Tree Frog adalah jenis katak yang hanya ada di Brunei
Itu dia beberapa fakta menarik dari negara Brunei. Selanjutnya, bagi Anda yang berniat untuk traveling ke negara Brunei, dan mengharapkan rute one way tanpa harus transit di Kuala Lumpur (Malaysia), maka Anda bisa menggunakan maskapai milik Brunei Darussalam yaitu, Royal Brunei Airline. Jika Anda berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, tempat check in untuk maskapai penerbangan Royal Brunei ini berada di Terminal 2E, dekat dengan gate Imigrasi
Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam

Sumber: berkuliah.com
Maskapai penerbangan Royal Brunei termasuk salah satu maskapai yang menawarkan full service. Untuk rute perjalanannya pun sudah mencakup banyak destinasi, antara lain Kuala Lumpur, Bangkok, Manila, Kinabalu, Ho Chi Minh City, Melbourne, Dubai, dan London.

Lalu, jika sudah sampai di Brunei, maka apa saja yang bisa Anda lakukan agar waktu liburan menjadi efektif dan berkesan? Untuk itu, mari catat wisata apa saja yang ada di Brunei. Anda bisa ke beberapa tempat wisata menarik ini:

1.    Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien 

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam

Sumber: berkuliah.com
Nama masjid Sultan  Omar Ali Saifuddien diambil dari nama sultan ke-28, yaitu Sultan Omar Ali Saefudin. Letak masjid ini berada di Kampung Ayer, sebuah kampung yang terletak di atas air.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien ini terletak di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi ikon negara Brunei serta objek wisata karena keunikan dan keindahannya. Pada malam hari, lansekap di sini akan menjadi sangat indah karena cahaya lampu yang bersinar dari dan di sekitar masjid Sultan sendiri. Dengan berkubahkan emas dan menara marmer, masjid ini menjadi masjid termegah di negaranya. Menarik sekali, bukan?

2.    Pantai Tungku

Pantai Tungku Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam

Sumber:surf-forecast.com
 Selain objek wisata di atas, Brunei juga memiliki beberapa pantai dengan panorama yang menakjubkan, di antaranya ada Pantai Serasa, Pantai Jerudong, Pantai Muara, Pantai Seri kenanga dan Pantai Tungku.

Pantai Tungku bisa ditempuh sekitar 15 menit dari kota Bandar Seri Begawan. Pantai ini tidak terlalu ramai pengunjung karena nihilnya transportasi publik. Padahal, Pantai Tungku ini punya pemandangan yang sangat indah dan memiliki banyak keseruan. Di sini Anda bisa menyewa ATV untuk berkeliling dengan harga sewa Rp.45.000/ATV selama 15 menit. Selain bermain ATV, Anda juga bisa berenang, bermain pasir, atau menikmati lansekap pantai dengan tanjung bebatuannya yang besar.

3.    Jerudong Park

Fakta Menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam Jerudong Park
Sumber: cntravelre.com
Taman bermain Jerudong Park yang berdiri di area seluas 57 meter ini merupakan taman bermain termahal di Asia Tenggara. Pertama kalinya dibuka pada tahun 1994. Lokasi Jerudong Park juga tak jauh dari kota Bandar Seri Begawan dan pantai Jerudong. Ada banyak wahana yang bisa dinaiki seperti bianglala, carousel atau komedi putar, bumper cars dan masih banyak lagi.

Jika ingin berenang atau bermain air, Anda bisa menuju area water park. Objek di dalamnya pun keren-keren dan bisa dijadikan background atau tempat untuk berfoto yang instagramable, antara lain: air mancur yang mengikuti irama musik, mini pirate ship, boat cycle dan patung dinosaurus.

Itulah, “Fakta menarik dan Keelokan Wisata, Brunei Darussalam”. Setelah membahas banyak hal tentang negara Brunei Darussalam, dari fakta menarik hingga berbagai tempat wisatanya, sekarang Anda jadi semakin tahu banyak hal dan punya bayangan akan serunya liburan ke Brunei. Semoga saat travel  ke Brunei, Anda bisa mengunjungi spot-spot wisata di atas dan membawa pulang kesan dan pengalaman seru, ya.

Selamat berwisata!

Artikel ini memiliki 7 Komentar

  1. Mantab sekali Brunei, mungkin kapan kapan bisa jadi rekomendasi wisata suatu saat nanti

    BalasHapus
  2. wah ternyata di brunei ada theme park juga... #themeparkaddict

    Salam kenal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  3. wahh keren.. bisa dijadikan rekomendasi saat kesana,, sepertinya wisatanya berkelas semua.

    Salam Kenal | InfoKece.com

    BalasHapus
  4. Ternyata brunei menarik juga ya. Budget berapaan kesana?

    BalasHapus
  5. min berwisata ke sna dalam waktu 5 hari bisa kemana aja ya selain rekomendasi di artikel? sebelumnya makasih buat infonya

    BalasHapus