Bermimpi demi masa depan yuk




Gambaran yang jelas akan cita-cita menjadikan kita semangat dan tidak mengenal lelah utk bekerja merealisasikannya.

Maka diluar waktu kerja adalah saatnya kembali memberikan gambaran jelas pada otak bawah sadar akan cita-cita kita. Sehingga terbitnya matahari pagi adalah pertanda, bahwa kita masih diberi kesempatan utk merealisasikan cita-cita itu.
Itu salah satu potongan motivasi di: SINI

Kalimat motivasi di atas menyinggung kekuatan visualisasi. Visualisasi cita-cita itu penting, sepenting cetak biru (blue print) bagi seorang arsitek saat sedang membangun sebuah rumah. Bukankah tanpa cetak biru itu seorang arsitek yang mahir sekalipun hanya akan membangun sebuah gedung tanpa arah, tak bisa diperhitungkan biayanya, tak bisa diperhitungkan berapa lama pekerjaan membangun ini akan selesai?.

Banyak perusahaan memvisualisasilan tujuan mereka dalam bentuk visi, misi dan strategi. Kadang hanya disingkat visi dan misi. Visualisasi lebih dekat kepada visi, melihat hendak seperti apa perusahaan tersebut nantinya.

Dalam skop yang lebih kecil, cita-cita sangat perlu divisualisasikan. Jika bercita-cita menjadi dokter, visualisaikan dan perjelaslah langkah mencapainya. Dengan memvisualisasikan seaktual mungkin cita-cita, maka segala halangan dapat diselesaikan dengan efektif karena pandangan mata kita terus berfokus pada cita-cita yang sudah jelas.

Bermimpi demi masa depan

Dalam bahasa Steven R Covey ia mengistilahkan sebagai ”Start From The End of Mind” atau "Memulai dari akhir dalam pikiran", membuat cetak biru masa depan, menjadi sutradara dan menulis ulang skenario hidup kita sendiri. Yah tidak ada yang mengatakan ini adalah hal yang mudah semudah saya menulisnya, tidak, oleh karenanya butuh perjuangan dan pengorbanan :)

Visualisasikan dengan jelas lalu penuhi unsur dari rumus SMART, apa itu SMART. Apa itu SMART? adalah kependekan dari Spesific, Measurable, Achievable (atau bagi sebahagian yang lain adalah Anthusiasable), Realistic atau Result oriented dan yang terakhir ialah Timing.


Spesifik. Artinya jelas. Jika Anda membuat impian buatlah impian yang spesifik.
Measurable. Artinya terukur. Ukuran ini penting sebagai parameter kesuksesan kita. Bagaimana kita akan tahu bahwa kita sudah sukses atau belum bila kita tidak punya ukuran kesuksesan kita sendiri.
Achievable atau Anthusiasable. Terjangkau atau menimbulkan antusias
Realistic. Artinya masuk akal. Jangan membuat impian yang tidak masuk akal.
Timing. Maksudnya disini adalah tentukan waktunya. Kapan impian Anda harus tercapai? Tahun berapa? Saat Anda umur berapa?

Soal SMART baca selengkapnya di: martabayu.wordpress.com


Maka diluar waktu kerja adalah saatnya kembali memberikan gambaran jelas pada otak bawah sadar akan cita-cita kita. Sehingga terbitnya matahari pagi adalah pertanda, bahwa kita masih diberi kesempatan utk merealisasikan cita-cita itu.
Potongan kalimat terakhir ini berisi doa, yah setelah berusaha mewujudkan gambaran visualisasi atas cita-cita, tidak ada harapan lain kecuali merealisasikannya. Semoga berhasil.

PS: jangan remehkan gambar ka'bah di ruang tamu atau rumah seorang petani/buruh dll, gambar itu adalah visi yang setiap hari memberi motivasi untuknya bekerja, oleh karenanya jangan heran jika banyak dari calon jemaah haji dari Indonesia berlatar belakang petani atau profesi yang berpendapatan kecil. Gambar ka'bah telah mengispirasi, gambar itu memberi semangat dan mengingatkan kembali cita-cita sehingga yang bersangkutan mampu menabung bertahun-tahun dalam kesabaran untuk visinya. :)


Salam

10 komentar

avatar

artikelnya bagus, oh ya jangan lupa kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/pekerjaan-yang-cocok-untuk-orang-cerdas.html

avatar

Wogh, nggak pernah buat apapun, mengalir aja kayak air. Apa ini penyebab gak sukses? Etapi sukses itu relatp, yaks?

Besok2 kudu bikin kayaknya

avatar

:) sukses itu relatif dan masing-masing orang memiliki sistemnya sendiri yg ia kembangkan dari pengalaman hidupnya, seandainya bisa diteorikan pasti gak kalah menarik kak hehehe

avatar

saya suka kerangka pikiran yang ini....
Ter-akuntabilitas.....siap diamalkan kanda,.. thanks sharingnya

avatar

trims dah mampir, gak ada diskusi nih? :)

avatar

Kalau dilihat dari orang-orang yang sukses secara mutlak, semua waktunya memang didedikasikan untuk mewujudkan cita-citanya. Jadi semua sudah direncanakan dengan baik.

avatar

setuju, semakin jelas visi / cita-cita maka akan semakin bersemangat mengejarnya :)

avatar

Tobok likenua sebelah mana yak

Klik untuk komentar