Nyobain Snap Camera + Editing Foto Dengan Pixlr Express di Android

Berawal dari pertanyaan singkat di salah satu foto Instagram saya dari @aldilatebeh yang saya tahu gandrung dengan fotografi. Gak GR sih, secara foto saya standar-standar ajah semeentara feed Instagram dia keren-keren :).

Foto saya di Instagram jelas random dan tidak memiliki tema khusus, ada yang aneh dan menarik pasti saya foto, soal edit itu gak terlalu penting, saya lebih suka menangkap momentnya :)

Dari pertanyaan di Instagram soal aplikasi yang saya pakai untuk foto dan seterusnya, saya share di blog aja deh sekalian menengok blog jablay (jarang dibelai) yang sudah berdebu ini :D
 
So, dari sekian banyak aplikasi kamera mau yang free dan paid di Android yang sudah saya coba, sampai saat ini Snap Camera yang masih terinstall dan belum tergantikan, kalau untuk urusan edit foto masih Pixlr Express.

Snap Camera


Snap Camera Android iphone

Trial: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.marginz.snaptrial
untuk versi trial ini kalau HP terhubung internet akan agak lama loadingnya, lebih baik dalam keadaan flight mode untuk mencoba atau saat ingin mengambil foto.

Atau silahkan ke forum http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2055140 atau ke halaman komunitas G+ Snap Camera di  https://plus.google.com/u/0/communities/118331767490819704996 di sana banyak di bahas trik dan pemecahan masalah yang seandainya saja terjadi.

Salah satu fungsi yang paling saya suka yaitu mode High Dynamic Range (HDR),  fitur ini yang membuat saya dapat mengambil foto dalam keadaan sangat gelap ataupun sangat terang. Fitur ini akan mengambil 2 foto dengan setingan otomatis yang berbeda kemudian mengkombinasikan kedua foto tersebut untuk menghasilkan 1 foto yang sesuai keinginan kita.

Snap Camera Android iphone
Tampilan saat akan mengambil foto dan menu yang tersedia jika layar disentuh

Saat fitur HDR aktif, ada jeda sekian detik antara foto pertama dan kedua, jadi jangan buru-buru mengubah posisi karena kamera akan mengambil foto sebanyak 2 kali untuk objek dan posisi yang sama, kemudian menu edit HDR muncul, tinggal seting dengan slider seperti apa foto yang akan kita simpan.

Snap Camera Android iphone
Tampilan setelah mengambil foto, edit sebelum simpan

Hmmm kalau mode HDR aktif, maka di memory akan tercipta setidaknya 2 - 3 foto dalam sekali proses, musti sering-sering bersihkan galery menghapus foto-foto yang tidak kita inginkan. :)

Snap Camera Android iphone
Isi galeri menjadi banyak foto yang serupa jika mengaktifkan fungsi HDR

Pixlr Express

Hasil foto yang menurut kita terbaik selanjutnya diedit dengan Pixlr Express dari Autodesk yang gratis tis tis
Pixlr Express Autodesk android

Sudah tahu dong siapa Autodesk ini? kalo gak yah googling sebentar lah, pokoknya banyak aplikasi/software keren buatan mereka :)

Pengguna Android bisa download langsung dari Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pixlr.express


Karena saya mencobanya di Android, selanjutnya saya bahas yang di android saja yah, kecuali kalau ada yang mau ngasih saya iphone nanti saya bahas juga tentang aplikasi di iPhone :D (ngarep.com)

So setelah Pixlr terinstal lalu download semua efek-efek yang sekiranya dibutuhkan, jika mau mencoba yah download saja semua efeknya biar bebas berkreasi :)

Pixlr Express Android
Tampilan awal aplikasi Pixlr Express

Pixlr Express Android
Tampilan Pixlr Express saat proses edit foto

Kalo editing di Pixlr ini sebenernya cuma ngepas-ngepasin efek mana yang pas sesuai selera, konsepnya mirip ngedit foto seperti di Instagram itu, cuma di Pilxr bisa diatur dengan menekan menu 100 fade itu, lalu gunakan slider untuk mengatur komposisi efeknya, setelah selesai tinggal klik Apply dan save.

Setelah yakin akan hasil terbaik dan menemukan efek yang keren sesuai selera tinggal klik Apply dan simpan, baru deh upload di instagram :)

Kalo sudah upload di instagram, kasih tau yah hasilnya :)

@bisot

2 Komentar

  1. Memang makin menyenangkan kegiatan shoot and share ini, apalagi pilihan aplikasi editing makin banyak. Tapi bener sih, yang penting momentnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kelas saya masih just for fun, soale masih ngandelin kamera hp doang om, masih kudu banyak berguru sama om ragil kalo soal ngeshoot :))

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama