Facebook dan daftar nomor telepon HP

Facebook telah mengembangkan fitur konektifitas pertemanan sedemikian canggih, sehingga tidak sulit bagi saya untuk mencari orang berdasarkan banyak kategori, melalui email, aplikasi online, social media dan yang membuat saya khawatir adalah semua nomor telepon yang ada di HP saya kini ada di facebook.

Kira-kira kalau ada orang atau perusahaan yang meminta SEMUA kontak nomor HP dan alamat e-mail yang tersimpan dalam telepon/hp/smartphone kita apa yang pertama akan Anda pikirkan?
Kata SEMUA sengaja saya tulis dengan huruf besar, karena memang dimaksudkan demikian. Semua nomor telepon yang ada di handphone kita akan di-copy dengan kata yang diperhalus "Sync" atau sinkronisasi.

Facebook telah mengembangkan fitur konektifitas pertemanan sedemikian canggih, sehingga tidak sulit bagi saya untuk mencari orang berdasarkan banyak kategori, melalui alamat e-mail, aplikasi online, sosial media, dan yang membuat saya khawatir adalah semua nomor telepon yang ada di HP saya kini ada di Facebook.

Mari kita lihat, klik "Akun" - "Sunting Teman". (Saya menggunakan Facebook dengan Bahasa Indonesia)

Facebook dan daftar nomor telepon HP
Dari halaman ini perhatikan kiri atas lalu klik "kontak".

Facebook dan daftar nomor telepon HP


Atau kalau mau cepat silahkan klik dalam keadaan login di Facebook link:

Semua daftar nomor telepon yang ada di HP kita yang pernah menginstal dan menggunakan aplikasi Facebook akan tercantum di halaman ini.

Facebook dan daftar nomor telepon HP

Saya mengkhawatirkan jika nomor-nomor HP ini disalahgunakan, setidaknya jika akun Facebook kita berhasil di-hack oleh orang lain, maka dapat dipastikan, semua daftar kontak ini akan berpindah ke tangan orang lain, yang artinya membuka risiko untuk disalahgunakan. Tetapi jika Anda merasa nyaman atau tidak mempermasalahkan hal ini, silakan biarkan saja demikian.

Keuntungan dari fasilitas sinkronisasi kontak ini adalah saat kita mengganti handphone, kita tidak perlu back up nomor HP dari handphone lama, cukup menggunakan aplikasi sync untuk mengambil kembali semua daftar kontak yang ada di Facebook.

Saya sendiri lebih memilih mem-back up kontak melalui e-mail dan aplikasi desktop yang saya yakin lebih aman daripada fitur keamanan di Facebook.

Selanjutnya jika Anda berfikiran sama dengan saya yang tidak nyaman dengan fasilitas ini, kita dapat menghapusnya melalui link:


lalu klik "hapus"

Facebook dan daftar nomor telepon HP

Facebook dan daftar nomor telepon HP
 Catatan: Sebelum Anda klik Hapus, Anda perlu memastikan penyinkronan dimatikan.

Facebook dan daftar nomor telepon HP

 
Facebook dan daftar nomor telepon HP

Facebook dan daftar nomor telepon HP

Selanjutnya untuk memastikan semua kontak terhapus, silahkan cek kembali di halaman:

Proses ini telah selesai jika pada halaman kontak yang terdaftar adalah kontak/teman Facebook yang memiliki nomor telepon. Jika masih ada nomor telepon yang tidak memiliki nama/foto itu berarti masih ada kontak dari HP kita yang tersimpan di Facebook.

Salam

15 komentar

  1. Kemarin juga coba-coba nyari teman berdasarkan nomor telpn, ternyata ada juga. Nyarinya pake nomor2 yg di hp lho.... parah!
  2. Yah itu, lebih mudah mencari teman berdasarkan nomor HP, gunanya memang itu, kalau mau ganti HP juga bisa dimanfaatkan sebagai back up kontak sementara dan tinggal sync dari fb, semua kontak akan kembali ke HP baru. saya cuma belum yakin fb aman untuk menyimpan data2 pribadi, email yahoo dan google juga melakukan hal yg sama dalam hal sync, tapi email jauh lebih aman dari fb.
  3. wah, ribet juga ya, tapi memang ini perlu, namun bagi ane pribadi, jika ada yang nelpon dan minta pinjam uang, maka kuarahkan saja ke salah satu Bank, :), heheh...SADAMDA BASEMEN, :)
  4. waduh, gue jadi was-was nih. apa mending hapus aja aplikasi FB di BB ya? atau sudah percuma?!
  5. @ Daeng Oprek: persiapan yang baik hehehe, Bank mana? Bank Oprek bukan? :p

    @ IndoBrad: bisa di hapus kok Bro, sering2 di hapus yg di fb aja, kalo yg di HP biarin aja biar lengkap :)

    ______
    thx dah pada mampir yah Om sekalian :D
  6. psti utk urusan gag bener tu kang... saiia sii sejak dekade lalu gag pernah buka pesbuk kang :( gpp kan kang iia??!?!
  7. @ Belajar Photosop: yah gpp sih bro, takutnya disalahgunakan aja :) thx dah mampir
  8. terus gimana kalo back up phonebook selain di FB? katanya bisa disimpan ke email? gimana caranya :-)
  9. Kalo sync phonebook ke email :) tanya mbah google aja kak
  10. keren nih..baru tau ada trik lacak no hp pakai fb
    1. :)
  11. baru tau :D :D thanks infonya bermanfaat :)
    1. Sama-sama, thanks sudah mampir :)
  12. Mau tanya ya. Kalo org itu gk save nomer kita apaka messenger kita muncul di pemberitahuan org itu ?
    1. Kalau kit aberteman dengan dia iya muncul walau gak tau nomor kita, kan berteman di facebook, kecuali orang tsb disetting untuk tidak tahu kita online
No Spam, Please.