Install Windows Movie Maker di Windows Semua Versi

Install Windows Movie Maker di Windows Semua Versi
Microsoft Windows user pasti kenal dengan Windows Movie Maker, Windows Movie Maker merupakan tools pembuat film yang paling sederhana dan mudah digunakan. Tapi saat kita berkenalan dengan Windows Seven, Windows 7, Windows 8 , Windows 8.1 dan Windows 10 dan seterusnya, program Windows Movie Maker diganti dengan DVD Maker, memang banyak pengembangan, antara lain menu DVD yang interaktif tampilan menu yang baru dan lain-lain, tapi bagaimana kalau saya hanya ingin membuat film berdurasi pendek dari sekumpulan foto?, saya tidak punya DVD blank dan saya hanya ingin menyimpan hasil video saya di harddisk untuk koleksi pribadi.

Windows DVD Maker tidak memberikan pilihan untuk menyimpan hasil kreasi ke harddisc sebagaimana yang disediakan oleh Windows Movie Maker. Penyimpanan dalam harddisk lokal berguna untuk konversi atau tujuan lainnya, misalnya kita hanya ingin hasil video kreasi kita sebagai koleksi pribadi di komputer ataupun di handphone setelah di konversi. Saya sering menggunakan Windows Movie Maker untuk membuat film bergaya presentasi/slide show, hanya foto-foto ditambah suara musik, sekadar koleksi pribadi dan untuk kenang-kenangan. Tetapi Windows DVD Maker tidak memberikan pilihan itu. Jalan keluarnya adalah menginstal manual Windows Movie Maker pada Windows Seven. Saat ini namanya Windows Live Movie Maker.

Untuk menginstal manual Windows Live Movie Maker pada Windows Teman-teman pengguna Windows 7, Windows 8 , Windows 8.1 dan Windows 10 perlu mendownload dan menginstall offline installernya (wlsetup-all.exe) yang secara khusus disediakan oleh Microsoft bagi para pengguna windows (tidak dapat dijalankan di versi windows sebelumnya seperti XP dan Vista). Besar file saat saya Download 131 MB.

Sebagai versi movie maker yang mutakhir, menurut situs Windows Live terdapat banyak kelebihan, yaitu: Membuat film menjadi lebih mudah dan cepat, tersedianya alat edit yang praktis untuk menampilkan bagian tertentu yang diinginkan (cropping), membuat slide show (presentasi) lebih menarik, dan mempublikasikan film yang dibuat langsung ke situs YouTube atau burn dan nonton langsung dari DVD. Yah pokoknya iklan manis.

Dalam keluarga Windows Live sendiri sebenarnya terdapat beberapa aplikasi lainnya, diantaranya : Windows Live Writer, Windows Live Movie Maker, Windows Live Messenger, Windows Live Photo Gallery, dan seterusnya. Tapi saya sendiri belum pernah mencobanya, dan tidak berminat mencobanya :), lain kali kalau ada informasi menarik tentang keluarga besar aplikasi windows live mungkin akan saya coba.

Sebagai catatan, Untuk dapat menggunakan Windows Movie Maker versi terbaru ini  di pc/laptop kita juga harus terinstall Windows Live Photo Gallery. Jadi langkah sederhananya, download dahulu Windows Live Photo Gallery dan Windows Live Movie Maker. Kemudian install Windows Live Photo Gallery. Selanjutnya install Windows Live Movie Maker atau sebaliknya, yang pasti, kedua program ini wajib terinstall.

Windows Live Movie Maker yang baru ini mempunyai tampilan menggunakan ribbon, seperti aplikasi-aplikasi di Microsoft Office. *Ribbon ini maksudnya tampilan gambar-gambar navigasi menu di atas halaman kerja (GUI-Graphic User Interface), pokoknya itulah, saya agak susah menjelaskannya :)


berikut link file-file yang kita perlukan untuk menginstall manual Windows Movie Maker di Windows 7, Windows 8 , Windows 8.1 dan Windows 10:

Windows Live Movie Maker Online Installer*
https://explore.live.com/windows-live-movie-maker?os=other

Windows Live Movie Maker Offline Installer*
https://ia801605.us.archive.org/7/items/wlsetup-all_201703/wlsetup-all.exe

(*copy paste link-nya ke browser, :) )

Cara saya: setelah download MovieMaker.msi, saya install terlebih dahulu file MovieMaker.msi (jangan dijalankan, krn tidak akan bisa), baru kemudian saya install wlsetup-all.exe, installer online, yang saat install harus terhubung ke internet. Ini saya lakukan karena saya gagal mendownload offline installer yang besarnya mencapai 156 MB. Kalau koneksi internet teman-teman lebih baik dan bisa mendownload offline installernya, silahkan di download, pilih cara yang sesuai dengan kemampuan koneksi internet kita. :)

Berikut kronologis kejadian perkara jika kita menggunakan online installer: :D

Pertama install MovieMaker.msi, setelah selesai jalankan  file wlsetup-all.exe

Cara Install Windows Movie Maker Di Semua Windows



Pada saat instal pilihlah menu "choose the programs you want install"
Cara Install Windows Movie Maker Di Semua Windows

Kemudian muncul menu pilihan program yang akan di install, hilangkan semua tanda centang, kemudian klik install:

Cara Install Windows Movie Maker Di Semua Windows


proses install akan segera berjalan, kecepatannya sangat tergantung kecepatan koneksi internet kita :)


Biarkan sampai proses install selesai, kalau koneksi internet putus, ulangi proses install sampai selesai.
Sampai muncul gambar seperti ini:
Cara Install Windows Movie Maker Di Semua Windows


Nah selesai sudah proses instalasi Windows Movie Maker di Windows, selamat berkreasi.

____________________________
Untuk yang masih ngotot untuk menggunakan Windows Movie Maker versi XP juga ada kok di sediakan oleh Micro-soft (sudah kecil halus lagi hehehe) Windows Movie Maker 2.6 yang katanya* dapat berjalan di OS Vista dan Se7en.

Penampakan Windows Movie Maker Klasik:
Install Windows Movie Maker di Windows Semua Versi

Tapi sebelum install versi 2.6 ini ada baiknya baca dulu dari sumbernya, dari komentar yang muncul ada masalah di pendeteksian webcam dan apakah program ini dapat berjalan dengan Windows Movie Maker yang sudah terinstall di Vista, so, kembali lagi, untuk versi ini saya belum install, jadi gak ada komentar :)
Silahkan ke SINI untuk membaca lebih lengkap soal Windows Movie Maker versi 2.6.
__________________________________________________

Silahkan mampir di https://www.youtube.com/user/bisot182 ada beberapa hasil iseng yang semua saya buat dengan Windows Movie Maker :)

*Masalah yang terjadi atas instalasi pada komputer anda mohon baca halaman DISCLAIMER
*Gambar dari www.lalalinds.com

Artikel ini memiliki 2 Komentar

  1. permisi .... tips nya bagus nih .. kebetulan lagi butuh ma software yg kaya ginian .. tapi yg link :

    https://rs2tg.rapidshare.com/#!download|2l33|269339147|MovieMaker.msi|6761|R~A1EC9FC92BC9FC20E2B7042DF5E9AA92|0|0


    cara downloadnya gimana ??? kok ndak isa ya?

    BalasHapus
  2. kayaknya linknya sudah mati tuh bro, search aja di google: "Windows Live Movie Maker Offline Installer" mudah2an dapat, saat saya posting ini linknya masih OK, saya download dari sana :)

    thx sudah memberitahu :)

    BalasHapus