aplikasi check-in location-based social media

Aplikasi check-in ini sebenarnya cukup bermanfaat, yaitu membantu kita atau penggunanya untuk mendapatkan berbagai informasi di lokasi kita berada
aplikasi check-in location-based social media

Sudah banyak sekali blog atau forum yang membahas tentang foursquare, koprol, gowalla dan sejenisnya, kalaupun saya harus menjelaskannya saya cuma bilang mereka itu adalah keluarga besar sebuah social media atau jejaring sosial berdasarkan lokasi (location-based). 

Sebenarnya masih banyak jejaring sosial sejenis, lebih dari 100, tapi yang cukup ternama hanya beberapa saja seperti Blockchalk, BrightKite, Whrrl, MyTown dst, namun kurang begitu akrab di Indonesia (setidaknya bagi saya).

Malah belakangan facebook juga menerapkan location-based atau supaya lebih mudah kita pakai saja istilah aplikasi check in hehehehe

ini link blog/web yg mencoba mengumpulkan aplikasi check-in: http://bdnooz.com/lbsn-location-based-social-networking-links/

Aplikasi check-in ini sebenarnya cukup bermanfaat, yaitu membantu kita atau penggunanya untuk mendapatkan berbagai informasi di lokasi kita berada. Tentu saja sebagai jejaring sosial, aplikasi check-in mendorong penggunanya untuk membangun hubungan dengan pengguna lainnya, bersosialisasi di dunia maya.

Bagi saya aplikasi check-in ini berguna untuk mengiklankan rumah kost mertua saya, toko baju kakak ipar, warung coto tante saya dst. 

Artinya aplikasi check-in cukup berguna untuk mengiklankan bisnis, so dari kaca mata bisnis, aplikasi ini ibaratnya seperti yellow pages yang berisi listing alamat/lokasi berbagai jenis bisnis dan lokasi lainnya. 

Yah kalau bosen lihat direktori yellow pages atau direktori telepon yang tebal-tebal kita cukup menggunakan aplikasi check-in untuk mencari lokasi, alamat dlsb dengan lebih gaya :D


Kalau kita membicarakan aplikasi check-in, gak komplit jika kita tidak membicarakan KOPROL. Sekarang sih namanya menjadi Yahoo Koprol karena sudah dibeli (akuisisi) oleh Yahoo pada 25 Mei 2010. asalnya, ini adalah aplikasi check-in yang lahir di Indonesia.

Misi Koprol adalah Koprol ingin membantu penggunanya untuk menemukan orang-orang dan tempat-tempat baru dan menarik di dunia. kalau mau tahu lebih lanjut tentang Koprol cekidot: http://id.wikipedia.org/wiki/Koprol


Saya sudah coba ber-koprol ria, pembuatan venue, spot atau tempat tidak semudah di foursquare atau gowalla. Di Koprol, sebuah tempat harus di setujui (approve) setidaknya oleh 3 orang pengguna koprol lainnya (katanya sih harus di approve/di setujui oleh kurator). 

Di sinilah yang mendorong pengguna terdorong untuk mencari teman-teman sebanyak-banyaknya agar tempat baru yang dibuat dapat disetujui dan direview banyak orang. Koprol melakukan rating tempat dengan banyaknya jumlah pengunjung (check-in) dan review, semakin banyak orang yang check-in dan mereview sebuah tempat, maka ratingnya akan semakin tinggi. (cmiiw)

perkembangan Koprol sangat tinggi nih cekidot:
http://chip.co.id/articles/news/2010/11/16/yahoo-koprol-raih-satu-juta-pengguna/


So, mari kita coba Koprol, mari bangga dengan aplikasi socmed lokal :)

itu saja dulu yah.

kapan-kapan kita sambung lagi :)


http://koprol.com/users/bisot
http://gowalla.com/bisot
http://foursquare.com/bisot
http://brightkite.com/people/bisot (cuma coba, gak pernah di pake hehehe)

Posting Komentar

No Spam, Please.