Selamat untuk pemenang lomba blog bea dan cukai

Memenuhi permintaan ketua Flobamora Comunity yang cantik, manis dan baik hati, saya akan coba memberikan sedikit komentar yang mudah-mudahan bersifat membangun bagi para peserta lomba, menjadi penyemangat bagi Komunitas Flobamora dan semangat untuk terus menulis blog dan menjadi bloger yang selalu berkarya menuangkan ide-idenya melalui tulisan di blog.

Sebagaimana kesepakatan awal, saya sebagai salah satu juri lomba Bea dan Cukai Blog akan lebih menilai dari segi pendalaman materi. Namun dalam tulisan ini saya hanya akan berkomentar sebagaimana yang umum dikalangan blogger, saling berkomentar dalam keakraban demi proses belajar bersama.

Tercatat dari 24 peserta yang terdaftar, terdapat 16 (2/3) peserta yang secara sah berdasarkan persyaratan lomba maju ketahap penilaian hasil postingannya. Saya ingin sekali mengomentari ke-16 tulisan tersebut, namun saat ini dibatasi hanya untuk artikel blog yang menang dalam lomba ini. So untuk yang tulisannya belum menang, semoga dapat mengambil manfaat.

Bea-Cukai dan Keadilan Sosial

Tulisan ini mencoba mengurai tugas dan fungsi bea cukai dan di kaitkan dgn sila ke 5 Pancasila. Topik yang cukup berat, namun disampaikan dengan gaya bahasa yang santai. Tulisan ini cukup lengkap dari segi karya tulis, ada pembukaan atau intro atau apalah namanya yg berisi pengantar, kemudian ada isi/pembahasan dan ada kesimpulan. menurut saya semua tulisan apapun itu, perlu menjaga keutuhan 3 unsur ini. Mengenai sususannya seperti apa selama unsur ini terpenuhi, saya yakin ide yang kita sampaikan akan dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca.
Hal yang saya catat, tulisan ini banyak menggunakan istilah-istilah serapan yang akan membuat pembaca dari kalangan awam akan kesulitan mengikutinya. kata-kata seperti defisit, proporsional, parameter, integritas merupakan bahasa yang umum dikalangan mahasiswa, namun tidak mudah dipahami oleh masyarakat awam. Penggunaan kata-kata serapan seperti ini jika dapat diganti dgn kata sepadan yg lebih akrab, akan lebih memudahkan untuk dipahami oleh kalangan yang lebih luas.


Saat Awam Memahami Peranan Bea & Cukai

Tulisannya mengalir, mulai dari pengertian, tugas fungsi Bea dan Cukai dan seterusnya.
Di sini tampak sekali pencarian dan sedikit riset literatur di internet dengan banyaknya referensi link terkait. Internet begitu banyak menyediakan sumber dan bahan, baik berupa berita, artikel, opini dlsb. Penulis artikel telah memanfaatkan hal itu dengan baik, istilah dalam dunia kretif adalah "conecting the doth", sumber dan bahan dikumpulkan kemudian disusun ulang untuk mendukung ide yang ingin kita sampaikan dalam sebuah tulisan. Semoga lomba ini mengajak kita untuk dapat menggunakan internet dengan lebih baik untuk pengetahuan dan kebaikan kita.  

Bea Cukai Salah Satu Pilar Pembangunan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat

Tulisannya bergaya bebas, mengalir deras dan melompat dari ide yang satu ke ide yang lain tertuang dalam paragraf-paragraf tulisannya. Padat ide seperti artikel-artikel editorial di koran.

Penjaga Cinta Ibu Pertiwi

Tulisan ini dibuka dengan cerita sederhana tentang sebuah kota tua dengan segala masalahnya. Pengandaian kota itu mungkin sebuah miniatur Indonesia. Penulis berhasil menuangkan ide dan imajinasinya dalam sebuah tulisan yang tampaknya sederhana namun memerlukan kepekaan seorang penulis cerita kayaknya penulis cerpen atau novel. Tulisan ini merupakan topik pembahasan yang hangat di sela-sela tugas penjurian yang ketat. Ada warna lain yang disuguhkan. Tetap berkarya, semoga penulis akan menemukan gaya penulisannya sendiri yang akan memperkaya warna blogger Indonesia.

________________________________________________________________________
Secara umum, semua peserta sudah memanfaatkan sumber dan bahan yang banyak di internet, lomba posting blog ini cukup memberi keleluasaan bagi para blogger menyampaikan idenya masing-masing, tidak ada batas maksimal kata, paragraf dlsb seperti lomba karya tulis formal.

Sebagai penutup, bagi saya lomba ini adalah ajakan untuk berkarya, kadang untuk berkarya kita memerlukan motifasi, semoga akan semakin banyak kegiatan serupa yang akan terus memotifasi kita untuk karya-karya bermanfaat lainnya.
Untuk lomba blog kali ini, hadiah yang dapat panitia lomba sediakan mungkin tidak berarti, namun intinya adalah ajakan, mari kita manfaatkan sarana blog untuk memperkaya konten positif di internet. blog bukan sebuah trend sesaat, apa yang kita tulis akan abadi dan suatu saat akan dibaca oleh siapapun yang mungkin membutuhkan.


Lebih dan kurangnya saya minta maaf atas kata yg kurang berkenan.
Salam blogger

bisot
masih merasa blogger, juri lomba, admin simpatisan flobamora.org
petugas pada kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Maumere, Flores-NTT.
http://bisot182.blogspot.com
http://facebook.com/bisot
http://twitter.com/bisot

Klik untuk komentar