SYARAT-SYARAT DAN KETENTUAN di E-tiket Batavia Air

Sejak ada Btavia air di maumere jadi sering mondar mandir pake Batavia.

Nih tulisan di bagian bawah e-tiket, iseng-iseng baca lumayan jadi ngerti juga hehehe

contoh aslinya ada di sini cuma beda dikit dengan yang biasa gw terima, di bawah ini sesuai dengan yang di E-tiket yang sering gw terima dari travel

SYARAT-SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Perjanjian pengangkutan ini tunduk kepada ketentuan-ketentuan ordonansi pengangkutan udara Indonesia (stbl. 1939/100) Undang-Undang Republik Indonesia No.1 Tahun 2009 tentang penerbangan, juncto Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 40 Tahun 1995 serta kepada syarat-syarat dan ketentuan PT. Metro Batavia atau pengangkut.
  2. Batavia Air adalah penerbangan tanpa ticket. Yang diperlukan adalah print out Batavia Air E-ticket & Itinerary dimana terdapat kode booking serta nama anda di dalamnya. Anda diharuskan menunjukkan Kartu Identitas atau passport pada waktu melapor di bandara (pada saat check-in dan memasuki ruang tunggu di bandara)
  3. Batavia air berhak menolak penumpang untuk check-in dan membatalkan pembukuannya apabila Kartu Identitas atau Pasport tidak sesuai dengan nama penumpang di pembukuan kami.
  4. Ticket yang dibeli melalui B2C (Reservasi Online) dengan menggunakan kartu kredit, wajib menunjukkan kartu kredit yang dipakai waktu check-in kepada petugas check-I, dan refund akan dilakukan dengan mengembalikan nominal ke kartu kredit yang sama.
  5. Check-in counter Batavia Air dibuka 2 jam dan ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Penumpang diminta untuk melapor di check-in counter sekurang-kurangnya 2 (dua) jam sebelum jadwal keberangkatan dan berada diruang tunggu keberangkatan 30 (tiga puluh) menit sebelum jadwal keberangkatan atau kami akan meninggalkan anda untuk menghindari kemungkinan penundaan keberangkatan.
  6. Penumpang yang telah check-in dan tertinggal pesawat karena tidak berada diruang tunggu pada saat boarding, maka ticket dianggap hangus sehingga tidak dapat dipergunakan serta tidak dapat diuangkan kembali.
  7. Pengangkut tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun juga yang ditimbulkan oleh pembatalan dan/atau kelambatan pengangkutan ini, termasuk segala kelambatan penyerahan bagasi.
  8. Pengangkut tidak bertanggung jawab apabila terjadi ketidaksesuaian pada penerbangan lanjutan apabila menggunakan perusahaan penerbangan lain.
  9. Untuk kenyamanan dan keselamatan penerbangan, diperbolehkan membawa 1 (satu) bagasi kabin dengan ukuran yang bisa ditaruh dibawah tempat duduk atau dibagasi kabin (ukuran P 56cm x L 23cm x T 36cm) dengan berat maksimum 7 kilogram dan menjadi tanggung jawab penumpang yang bersangkutan.
  10. Setiap penumpang berhak mendapatkan bagasi Cuma-Cuma seberat maksimum 20 (dua puluh)kg untuk rute domestik maupun internasional. Setiap kelebihan bagasi dikenakan biaya sesuai dengan tariff bagasi lebih yang diberlakukan oleh Batavia Air.
  11. Semua tuntutan ganti kerugian harus dapat dibuktikan besarnya kerugian yang diderita. Tanggung jawab terbatas untuk kehilangan dan kerusakan bagasi ditetapkan sejumlah IDR. 20.000 (dua puluh ribu rupiah) per kilogram.
  12. Pengangkutan udara tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan barang-barang pecah belah/cepat busuk dan binatang hidup jika diangkut sebagai bagasi.
  13. Pengangkut udara tidak bertanggung jawab terhadap barang berharga seperti uang, perhiasan, barang elektronik, obat-obatan, dokumen serta surat berharga atau sejenisnya jika dimasukkan sedalam bagasi.
  14. Pembukuan yang sudah pasti apabila dibatalkan atau dirubah akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 75% dari harga dasar + ADM 100.000 untuk class Z,W,P,N,X,R semasa tiket masih berlaku.
  15. Pembukuan yang tidak dibatalkan 1x24 jam (NoShow) akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari harga dasar. Jika pembatalan dilakukan sebelum 1x24 jam untuk diuangkan / di refund hanya dikenakan biaya VOID sebesar IDR 100.000 / per tiket berlaku untuk class S s/d Y.
  16. Tiket yang sudah check-in tidak dapat diterbangkan utnuk perjalanan atau diuangkan kembali.
  17. Batavia Air berhak menolak permohonan refund apabila diajukan melebihi ketentuan diatas atau kondisi tiket tidak dapat diuangkan kembali.
  18. Batavia Air mengangkut penumpang dan bagasinya sesuai tanggal dan waktu penerbangan yang telah dipesan oleh penumpang tetapi tidak menjamin sepenuhnya. Batavia Air dapat melakukan perubahan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Artikel ini memiliki 11 Komentar

  1. saya sudah boking tiket,tapi karna saya ada halangan sakit tdak bisa berangkat.apaboleh tiket saya di alihkan kepada orang lain.dengan syarat di buat surat kuasa dari lembaga atau organisasi yang memberangkatkan kami.mohon arahannya.

    BalasHapus
  2. @ Ekmon: gak bisa deh kayaknya, musti booking ulang dan ,mengubah PNR (Pasengger Name Record) yg artinya musti ubah kode booking, akan kena charge dari maskapai ybs.

    gitu aja yg saya tahu

    BalasHapus
  3. Saya sudah booking tiket dan melakukan pembayaran via ATM Mandiri untuk 4 passenger. Tetapi yang jadi berangkat hanya 2 passenger. Bagaimana prosedur pembatalan untuk 2 tiket yang batal berangkat?

    BalasHapus
  4. dikembalikan saja ke agen batavia setempat dan minta refund, kalau beli dari travel coba hubungi travel tsb untuk minta bantuan refundnya. kalau mau di undur tanggalnya selama belum check in masih bisa di atur di agen maskapai ybs. cmiiw

    BalasHapus
  5. Apakah refundnya masih utuh bila penerbangannya msh seminggu lagi?? Apa bisa diwakili? Karena yg ambilkan tiket saudara saya. Tlg informasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  6. sepertinya itu mengganti jadwal terbang, bukan refund, setahu saya setiap perubahan jadwal akan dikenalan biaya, untuk hal-hal seperti itu sebaiknya langsung berhubungan dengan agen penerbangan maskapai bersangkutan.

    BalasHapus
  7. Saya mau minta saran bro, ternyata saya salah ambil tiket, tiket yg saya beli tgl 18 Nov pdhl seharusnya tgl 18 desember. Bgm saran terbaiknya agar saya tidak dirugikan sekali? Mohon pencerahannya. Trima ksh.

    BalasHapus
  8. itu tiket masih lama, sebaiknya segera reschedule di agen batavia tempat menerbitkan, jika tidak memungkinkan upayakan dengan agen batavia terdekat, saran saya sebaiknya secepatnya saja diurus reschedule, semakin dekat hari keberangkatan diurus akan semakin besar biaya yg akan dikenakan.

    BalasHapus
  9. oke bro. Trims.
    Kurre sumanga.

    BalasHapus
  10. Ok lanjut bro :)

    Kurru sumange

    BalasHapus
  11. tiket batavia di kelas N batal digunakan dan sudah terjadi cancel tiket 4 jam sebelum keberangkatan, apakah itu masih dapat di refund? agen travel saya bilang tidak bisa direfund krn itu tiket promo, saya mau menanyakan kebenarannya seperti apa? prosedur nya pengembalian uang tersebut seperti apa? thx

    BalasHapus