pendatang baru terbaik dan terfavorit Indonesian Movie Awards(IMA) 2010

SIAPA bilang perempuan berjilbab kurang dapat bersaing di dunia entertainment.Hal itu dibuktikan Oki Setiana Dewi.Sebagai pendatang baru di dunia seni peran,Oki menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam film Ketika Cinta Bertasbih (KCB) 1dan 2.


Hasilnya, dia menyabet dua penghargaan sekaligus dalam Indonesian Movie Awards(IMA) 2010, yakni sebagai pendatang baru wanita terbaik dan pendatang baru wanita terfavorit. Bukan saja para juri yang puas melihat penampilan Oki memerankan karakter Anna, masyarakat pun melihat perempuan kelahiran Batam, 13 Januari 1989 ini sangat menjiwai perannya itu. Kebetulan dalam IMA ini kategori pendatang baru wanita terbaik ini oleh juri IMA, sedangkan kategori pendatang baru wanita terfavorit dipilih masyarakat melalui SMS.

Perjalanan Oki menembus dunia akting ini memang tidak mudah.
Dimulai saat mahasiswi Sastra Belanda, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia ini mendaftarkan diri untuk memerankan karakter Husna dalam film KCB.

Artinya, ada ribuan orang yang berpartisipasi dan Oki mengalahkan ribuan orang tersebut. Kebetulan film yang diangkat dari novel Habiburrahman El-Shirazy ini memang mencari lima orang untuk menjadi pemeran utama dengan cara audisi ke berbagai kota besar di Indonesia. Meski suka dengan karakter Husna,pada masa karantina,sutradara Chaerul Umam serta juri lainnya, seperti Didi Petet, lebih melihat mahasiswa baru terbaik Orientasi Kehidupan Kampus UI 2007 ini menempatkannya pada karakter Anna. Penilaian sang sutradara dan juri lain ini pun tidak meleset,kendati pada awalnya Oki merasa kaget dan tidak punya banyak persiapan untuk menyelami karakter perempuan muslimah ini.

Seperti apa perjalanan Oki selanjutnya, berikut petikan wawancaranya: Bagaimana perasaan Anda ketika disebut dua kali dalam IMA 2010? Saya senang sekali. Saya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan. Kagetnya, saya dapat dua penghargaan. Sebetulnya, saya datang itu lebih memikirkan saya membacakan nominasi. Tapi ternyata, saya menjadi pemenangnya juga. Ketika saya berakting, saya tidak pernah memikirkan atau terlintas untuk mendapatkan penghargaan. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik dan ikhlas. Dengan begitu, saya tampil apa adanya dan main lepas. Apa yang Anda pikirkan ketika naik ke panggung untuk pertama kalinya? Saya hanya bersyukur dengan apa yang dipercayakan pada saya.

Selanjutnya baca di SINI

Foto dari: Kapanlagi.com, nyulik dari SINI

Klik untuk komentar