Sukamekar Sukawangi Desa Kelahiranku

Sukamekar Sukawangi Desa Kelahiranku


Pagi gini cerita apa yahhh???
Kampungku aja deh....

Kampung Pangkalan Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, di sanalah saya dilahirkan, apa kabar desaku???. 

Agak sulit menemukan orang yang mengetahui persis di mana kampungku berada, salah satu kecamatan yang lebih dikenal adalah kecamatan "Babelan" entah dikenal sebagai daerah yang cukup akrab di telinga mereka yang hobby memancing baik ikan air tawar maupun ikan laut karena lokasinya yang dekat dengan laut atau karena kasus pecahnya pipa minyak pertamina sekitar tahun 2004 yang membuat desa di sekelilingnya digenangi minyak mentah.

Jika dahulu sewaktu masih anak-anak aku dan teman-teman (keluarga dekat maupun jauh) hampir tiap hari mandi di sungai namun sekarang jangankan untuk mandi, melintasi sungainya saja kadang harus menutup hidung karena aroma limbah pabrik yang sangat mengganggu.

Sungai sudah menjadi tempat pembuangan dan kami sebagai warga desa yang cukup bergantung hidup dari sungai baik itu sebagai sumber pengairan sawah ladang maupun mencuci dan mandi. saya pribadi cukup mendokumentasikan dengan foto-foto sekadar koleksi pribadi, mungkin suatu saat ada yang membutuhkan. Entahlah sampai kapan sungai itu akan dapat kembali seperti semula.

Salah satu foto favorit saya adalah ketika Kepala Desa (Lurah) meninjau lokasi yang kebanjiran akibat hujan lebat dan bobolnya tanggul penahan air di Kota Bekasi Maret 2005 (Hampir tiap tahun tanggul bekasi bobol).

Foto itu tadinya tidak saya perhatikan, sampai seorang (entah siapa) membuat bahan lelucon dengan menulisi hasil cetakan foto tersebut dengan kata-kata "pak numpang nanya, yang banjir disebelah mana yahh???". ha..ha..ha.

Mohon maaf pak lurah dan pak kadus.

**************************************

Klik untuk komentar